Ilustrasi jamu kunyit asam (Sumber: Freepik)

Jamu Kunyit Asam, Alternatif Alami untuk Redakan Nyeri Haid

17 September 2023   |   09:00 WIB
Image
Siti Sarah Jauhari Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Siklus menstruasi yang tidak menentu acap kali dialami wanita. Salah satu penyebabnya adalah tidak seimbangnya kadar hormon dalam tubuh, terutama pada wanita yang tengah mengalami masa pubertas. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kondisi stres berat dapat memengaruhi terganggunya siklus menstruasi.

Rasa nyeri juga kerap dirasakan wanita pada masa sebelum maupun saat menstruasi. Hal ini disebabkan kontraksi rahim saat proses peluruhan lapisan rahim. Kram pada perut bagian bawah ini dapat sangat mengganggu aktivitas wanita sehari-harinya.

Baca juga: Unik, Kakak Beradik ini Bangun Bisnis Workshop Meracik Jamu

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar siklus menstruasi bagi wanita, mulai dari olahraga rutin, menjaga pola tidur, hingga mengelola stres. Terdapat pula opsi alternatif dengan mengonsumsi obat herbal tradisional yang bahan-bahannya alami, yaitu dengan meminum jamu. 

Jamu kunyit asam telah lama dikenal sebagai minuman tradisional yang bermanfaat baik pada kesehatan reproduksi wanita, tak terkecuali pada siklus menstruasi. Jamu kunyit asam pada dasarnya terbuat dari bahan-bahan utama yaitu kunyit, gula, dan asam jawa. 

Melansir dari Alo Dokter, kurkumin yang ada pada kunyit memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu meredakan rasa nyeri, baik nyeri sendi maupun nyeri haid. Kurkumin dapat menghambat produksi hormon prostaglandin yang menyebabkan peradangan. Kurkumin juga memiliki sifat analgesik yang dapat mengurangi rasa nyeri atau sakit.

Selain itu, mengutip dari Halodoc, kunyit asam juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi infeksi vagina, seperti infeksi ragi atau bakteri.


JogJamu, jamu botolan siap minum (Sumber: instagram.com/jogjamu.id/)

JogJamu, jamu botolan siap minum (Sumber: instagram.com/jogjamu.id/)


Meskipun memiliki segudang manfaat, sebagian orang mungkin menolak untuk mengonsumsi jamu karena identik dengan rasanya yang pahit. Selain itu, proses pembuatannya juga kerap dianggap sulit. 

Membeli jamu botolan yang siap minum dapat menjadi opsi mudah untuk mengonsumsi jamu. Salah satunya adalah jamu dalam kemasan botol kaca yang diproduksi Anindwitya Monica dan Tania Nugraheni dengan nama brand JogJamu.

Monica dan Tania merintis bisnis ini di Yogyakarta sejak 2019. Industri pariwisata Yogyakarta yang menjadi salah satu daya tarik daerah istimewa ini memotivasi keduanya untuk memperkenalkan jamu kepada para wisatawan. Resep jamunya pun menggunakan resep turun temurun dari nenek Monica yang berjualan jamu sejak 1950.

Salah satu produk best seller milik JogJamu adalah kunir asam legit. Minuman rempah ini menggunakan bagian biang kunyit yang memiliki kandungan lebih tinggi. Pemanis yang digunakan merupakan gula jawa murni yang mermiliki khasiat mencegah anemia dan memperlancar haid. 

Sebagai bentuk kepedulian Monica dan Tania kepada sesama wanita, mereka membuat sebuah program women support women melalui JogJamu. Melalui program ini, para wanita yang sedang menstruasi dan mengalami nyeri haid dapat mendapatkan 1 botol kunir asam legit secara gratis dari JogJamu.

Meskipun ini adalah produk jamu siap minum, masa simpan produk JogJamu cukup panjang. Terlebih, semua jamu botolannya diproduksi segar setiap hari dan hanya menggunakan bahan-bahan alami. Produk jamu botolan JogJamu dapat awet disimpan di kulkas selama 16 hari setelah kemasan dibuka. Akan tetapi, jika kemasan sudah dibuka produk ini hanya bertahan 1 hari di ruangan terbuka.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

3 Ide Resep Olahan Tuna Kaleng yang Praktis dan Lezat

BERIKUTNYA

Dilalap Api, Ini Koleksi Bersejarah yang Tersimpan di Museum Nasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: