Perempuan Nyeri Perut (Alo Dokter)

Aktivitas terganggu karena nyeri haid? Simak tips ini!

18 February 2022   |   01:09 WIB
Image
Nabila Yuanita seorang perempuan yang suka berbicara melalui tulisan

Hai GenHypes, tentu tidak nyaman jika harimu terganggu karena kram perut yang terkadang hadir di setiap menstruasi datang. Sebelum mengetahui ragam solusi mengatasi kram perut saat haid, kamu perlu mengenali bagaimana kram perut bisa terjadi saat haid.

Kram perut biasanya muncul karena kondisi tertentu yang disebabkan oleh kontraksi dinding rahim lebih kuat dari biasanya sehingga hormon tubuh mengalami perubahan. Kontraksi tersebut terjadi untuk membiarkan lapisan pada dinding rahim mengalirkan darah menstruasi.

Saat lapisan dinding pada rahim mengalami kontraksi, rahim akan menekan pembuluh darah yang menyelimuti dinding rahim sehingga aliran darah pembawa oksigen menuju rahim terpotong.  Putusnya aliran darah tersebut menghasilkan kadar oksigen pada rahim mengalami pengurangan drastis yang kemudian membuat jaringan pada dinding rahim memproduksi zat kimia yaitu prostaglandin. Zat tersebut merupakan pemicu timbulnya gejala-gejala yang tidak nyaman bagi wanita saat menstruasi.

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri perut tiba-tiba di saat banyak melakukan aktivitas memang tidak menyenangkan. Namun kamu tidak perlu khawatir, berikut tips yang bisa dilakukan jika kamu mengalami kram perut saat haid:

1. Banyak Minum Air Putih
 
Ilustrasi minum air putih/freepik
Manfaat air putih yang berlimpah ruah dapat mengurangi kram perut saat haid. Terutama air hangat sangat baik untuk meredakan rasa nyeri karena kandungan di dalamnya dapat melancarkan peredaran darah dan membuat otot di tubuh lebih rileks. Kamu juga bisa menambahkan perasan lemon untuk melengkapi rasa agar lebih nikmat di lidah.

2. Konsumsi makanan karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks justru sangat dianjurkan untuk kamu konsumsi. Banyak jenis makanan karbohidrat kompleks yang bisa kamu pilih, seperti gandum, nasi merah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain mencegah kram perut saat haid, serat dalam karbohidrat kompleks juga membuatmu tidak mudah lapar sehingga bisa meredakan perubahan emosi yang cepat saat haid.

3. Makanan yang mengandung Omega 3

Mengonsumsi lemak sehat dapat meringankan rasa nyeri akibat peradangan yang meperparah rasa sakit perut saat haid. Makanan yang mengandung lemak sehat tersebut meliputi ikan salmon, kacang mente, ikan makarel, telur, biji rami, biji chia, tiram, ikan teri, kedelai, dan kacang kenari.

4. Makanan yang mengandung tinggi antioksidan.

Menurut studi, makanan dengan kandungan tinggi antioksidan dipercaya dapat membantumu meredakan hormon pemicu depresi pada wanita yang sedang haid.  Coklat hitam kaya antioksidan akan mengurangi rasa perih akibat kram perut, serta dapat memproduksi hormon endorfin pada otak sehingga mampu memperbaiki suasana hati kamu untuk tetap ceria.

Selain memerhatikan tips-tips di atas, Genhype juga perlu mengatur pola hidup yang sehat dan seimbang untuk menjaga kestabilan hormon dan kesehatan siklus menstruasi seperti merutinkan olahraga. Melakukan aktivitas fisik akan membantu tubuh dan otot kamu lebih rileks untuk meminimalisir nyeri kram perut saat haid.
 
SEBELUMNYA

Pengiriman Smartphone Lipat Diprediksi Tembus 30 Juta Unit Pada 2024 

BERIKUTNYA

Pengabdi Setan 2 Hadirkan Sekelompok Pocong dalam Poster Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: