Aitana Bonmati (kiri) & Lionel Messi. (Sumber gambar: Ballon d'Or Official Instagram)

Daftar Lengkap Pemenang & Ranking Ballon d'Or 2023, Messi Bawa Pulang Bola Emas ke-8

31 October 2023   |   13:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ballon d'Or rampung digelar. Ajang penghargaan tertinggi untuk pesepak bola profesional itu dihelat pada 31 Oktober 2023 di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis. Lionel Messi resmi dinobatkan sebagai pemenang Ballon d'Or 2023. Bintang Argentina itu mengalahkan dua pesepak bola muda unggulan, Erling Haaland dan Kylian Mbappé.

Kemenangan Messi ini menjadikannya sebagai pesepak bola dengan gelar Ballon d'Or terbanyak. Dia mengantongi 8 Piala Bola Emas. Sejak awal, Messi memang digadang-gadang bakal memenangi Ballon d'Or tahun ini. Keberhasilannya membawa tim Argentina sebagai juara Piala Dunia 2022 Qatar menjadi modal utama. 

Di Piala Dunia 2022 Qatar, pemain yang kini berusia 36 tahun tersebut sukses mencetak tujuh gol dan memberi tiga assist. Sedangkan di tim PSG, pemain yang dijuluki La Pulga itu mencetak 21 gol dan 20 assist dari 41 pertandingan, termasuk membantu klub merengkuh gelar Ligue 1. 

Baca juga: Mengenal Super Ballon d'Or, Trofi Langka yang Dikaitkan dengan Messi

Sementara itu, Erling Haaland pulang tidak dengan tangan kosong. Striker Manchester City itu menyabet penghargaan striker terbaik atau Gerd Muller Trophy. Selain itu, dia juga menempati posisi kedua dalam daftar ranking pesepak bola dunia setelah Messi.

Haaland sebelumnya disebut-sebut sebagai pesaing berat Messi dalam ajang Ballon d'Or 2023 lantaran mencetak sejumlah prestasi mentereng sepanjang musim 2022/2023.

Striker asal Norwegia itu tampil luar biasa pada musim pertamanya membela Manchester City. Haaland mencetak banyak gol dan meraih banyak trofi. Pesepak bola berusia 23 tahun itu tercatat mencetak 52 gol dari 53 pertandingan untuk Manchester City.

Ketajamannya saat berlaga membantu The Citizens meraih treble Winners yang bersejarah. Selain tiga trofi utama itu, Haaland juga memenangkan sejumlah penghargaan individu. Dia meraih Sepatu Emas Premier League untuk mencetak gol terbanyak (35 gol) dan Pemain Terbaik Premier League.

Sementara posisi ketiga ranking Ballon d'Or diisi oleh Kylian Mbappé. Mbappé dikenal sebagai penyerang untuk Paris Saint-Germain (PSG) dan timnas Prancis. Pria berusia 24 tahun itu dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia lantaran kemampuannya menggiring bola, kecepatan yang luar biasa, dan finishing yang bagus. 

Pemain dengan nama asli Kylian Mbappé Lottin itu turut berkontribusi membawa Prancis tampil di final Piala Dunia 2022 meski gagal menjadi juara. Dia pun mengakhiri turnamen di Qatar tersebut sebagai pencetak gol terbanyak yakni 8 kali.

Mbappé juga tampil sangat mengesankan saat membela klubnya PSG pada musim lalu, termasuk mendapatkan gelar juara Liga Prancis. Tak hanya itu, pria kelahiran 20 Desember 1998 itu  juga menjadi pemain tertajam di kasta sepak bola Prancis dengan mengoleksi 29 gol. 
 

Sementara itu, pemenang Ballon d'Or 2023 kategori pesepakbola putri berhasil diraih bintang Barca Femeni, Aitana Bonmati. Tahun lalu, penghargaan ini dimenangkan rekan setimnya, Alexia Putellas. Kemudian penghargaan kategori pemain muda terbaik atau Kopa Trophy jatuh kepada rekrutan anyar Real Madrid, Jude Bellingham.

Adapun, Yachin Trophy atau penghargaan kiper terbaik diberikan kepada Emiliano Martinez. Tahun lalu, Martinez ikut berkontribusi mengantar timnas Argentina juara Piala Dunia 2022. Martinez berhasil mengalahkan dua kiper top lainnya yakni Ederson yang gemilang bersama Manchester City dan kiper nomor satu Real Madrid, Thibaut Courtois.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar lengkap pemenang dan rangking Ballon d'Or 2023.

Daftar Lengkap Pemenang Ballon d'Or 2023
  • Ballon d'Or 2023: Lionel Messi
  • Ballon d'Or 2023 Putri: Aitana Bonmati (Barcelona Femeni/Spanyol)
  • Kopa Trophy: Jude Bellingham
  • Socrates Prize: Vinicius Junior (Real Madrid/Brasil)
  • Gerd Muller Trophy: Erling Haaland (Manchester City/Norwegia)
  • Yachine Trophy: Emiliano Martinez (Aston Villa/Argentina)
  • Klub Terbaik Putra: Manchester City
  • Klub Terbaik Putri: Barcelona Femeni.

Daftar Lengkap Ranking Ballon d'Or 2023
  1. Lionel Messi 
  2. Erling Haaland
  3. Kylian Mbappé
  4. Kevin De Bruyne
  5. Rodri
  6. Vinicius Junior
  7. Julian Alvarez
  8. Victor Osimhen
  9. Bernardo Silva
  10. Luka Modric
  11. Mohamed Salah
  12. Robert Lewandowski
  13. Yassine Bounou
  14. Ilkay Gundogan
  15. Emi Martinez
  16. Karim Benzema
  17. Khvicha Kvaratskhelia
  18. Jude Bellingham
  19. Harry Kane
  20. Lautaro Martinez
  21. Antoine Griezmann
  22. Kim Min Jae
  23. Andre Onana
  24. Bukayo Saka
  25. Josko Gvardiol
  26. Jamal Musala
  27. Nicolo Barella
  28. Randal Kolo Muani
  29. Martin Odegaard
  30. Ruben Dias
Baca juga: Daftar Pemenang Ballon d’Or 2022, Karim Benzema Berhasil Geser Lionel Messi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Potret Perebutan Kekuasaan Penuh Satire Politik dalam Lakon Calon Lawan

BERIKUTNYA

Jepang & Bali Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Nusantara Saat Liburan Nataru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: