Ilustrasi rumah (Sumber foto: Unsplash/harmen-jelle-van-mourik)

5 Desain Hunian Cocok untuk Rumah Tipe 36/72

29 October 2023   |   18:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Keterbatasan bukanlah hambatan. Begitu pula dalam merancang hunian. Termasuk mendesain rumah tipe 36/72. Salah satu rumah mungil yang tampaknya banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Rumah dengan luas terbatas itu ternyata bisa didesain dengan konsep-konsep rumah yang menarik.

Untuk kalian ketahui bahwa rumah tipe 36/72 adalah hunian dengan luas bangunan 36 meter persegi (m2), adapun luas tanahnya 72 m2. Rumah ini lazimnya dibangun dengan dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan ruang tamu. Selain itu, biasanya terdapat carport dan halaman depan serta belakang rumah. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Konsep Rumah Minimalis

Dengan luasnya yang minimalis, rumah tipe ini cocok untuk keluarga kecil, dengan satu atau dua anak. Di samping itu, rumah ini juga merupakan pilihan yang terjangkau untuk pasangan muda yang baru menikah.

Mengenai desainnya, biasanya dari pengembang menawarkan beberapa konsep, dengan paling umum minimalis. Namun, jika kalian hendak merancangnya sendiri, Hypeabis.id telah menghimpun beberapa pilihan desain untuk rumah mungil kalian.  
 

1. Konsep Modern Minimalis

 

Ilustrasi desain minimalis (Sumber foto: Unsplash/adam-winger)

Ilustrasi desain minimalis (Sumber foto: Unsplash/adam-winger)

Walau saat ini terdapat beragam konsep desain rumah, tetapi minimalis masih menjadi pilihan. Konsep modern minimalis adalah pilihan yang populer untuk keluarga muda yang menginginkan desain sederhana, tetapi tetap elegan. Tanpa penggunaan ornamen, gaya minimalis cocok untuk diterapkan pada rumah-rumah mungil, termasuk tipe 36/72. Untuk mengaplikasikannya, kalian bisa memanfaatkan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, atau cokelat muda. Warna-warna tersebut dapat menciptakan kesan yang bersih dan teratur. Pilih furnitur yang simpel namun fungsional, sehingga rumah terasa nyaman dan tidak berantakan.


2. Gaya Skandinavia

 

Ilustrasi skandinavia (Sumber foto: Unsplash/michael-proctor)

Ilustrasi skandinavia (Sumber foto: Unsplash/michael-proctor)

Dominan dengan warna cerah, gaya Skandinavia menawarkan nuansa yang hangat dan nyaman untuk keluarga muda. Dengan tipe rumah yang terbatas, gaya ini ideal untuk menciptakan kesan ruang terbuka dan terang. Kalian bisa mengombinasikan furnitur khas skandinavia, dengan warna-warna lembut seperti biru muda, krem, atau abu-abu pastel. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan tekstil berbahan alami seperti linen atau katun untuk menambahkan sentuhan alami yang menyegarkan.


3. Konsep Open Plan

 

Ilustrasi open plan (Sumber foto: Unsplash/ steven-ungermann)

Ilustrasi open plan (Sumber foto: Unsplash/ steven-ungermann)

Rumah tipe 36/72 cenderung memiliki ruang terbatas, sehingga kalian perlu mencermati penataannya. Untuk menciptakan kesan luas, salah satunya kalian bisa menggunakan konsep open plan. Dalam hal ini, kalian perlu menghilangkan dinding-dinding yang dianggap menghalangi, ruang tamu, dapur, dan ruang makan. Dengan cara begitu, ruang rumah kalian dapat terasa luas dan terhubung dengan baik. Untuk warnanya, kalian dapat menggunakan warna cerah dan aksesoris minimalis. Hal ini pentung untuk memberikan kesan energik dan modern. 


4. Gaya Industrial

 

Ilustrasi industrial (Sumber foto: Unsplash/ bench-accounting)

Ilustrasi industrial (Sumber foto: Unsplash/ bench-accounting)

Tak ada salahnya juga kalian menerapkan konsep industrial di rumah, bertipe 36/72. Desain yang menonjolkan elemen-elemen pabrik, seperti dinding bata ekspos, pipa-pipa terbuka, dan material seperti logam dan beton, bisa membuat rumah kalian unik. Untuk semakin menambah kesan industrial, kalian perlu menambahkan fitur dengan desain minimalis. Selain itu, pencahayaan yang tepat dengan lampu-lampu bergaya industri juga akan memperkuat kesan yang diinginkan.


5. Desain Tropis

 

Ilustrasi rumah tropis (Sumber foto: Unsplash/chastity-cortijo)

Ilustrasi rumah tropis (Sumber foto: Unsplash/chastity-cortijo)

Tinggal di negara beriklim tropis, maka konsep ini bisa menjadi pilihan tepat. Desain tropis mengedepankan bukaan-bukaan yang besar pada beberapa sisi rumah, serta pemanfaatan unsur-unsur alam. Terkait konsep tropis, kalian boleh memilih material seperti kayu alami dan tekstil berwarna terang seperti hijau daun, kuning cerah, atau biru laut.

Kalian perlu menggunakan ventilasi yang baik dan bukaan jendela besar untuk memaksimalkan sirkulasi udara alami. Tambahkan tanaman hias dalam pot atau taman kecil di dalam atau di luar rumah untuk menciptakan suasana tropis yang menyegarkan.

Terakhir, jangan lupa untuk menyesuaikan kondisi bujet dan lingkungan rumah kalian. Desain yang baik adalah ketika rumah kalian terasa nyaman untuk ditempati. Selain itu, fungsi rumah sebagai hunian dapat teroptimalisasi dengan baik. 

Baca juga: Retro Tetapi Modern, Interior Mid-century Bisa Jadi Pilihan Mendesain Rumah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Balikpapan Fashion Week 2023: Perpaduan Korea & Nusantara dalam Koleksi Dae-bak karya Desainer Tyas Dwi Hardani

BERIKUTNYA

Hypereport: Legenda Kuliner Blok M, Ada Ada Ayam Taliwang Bersaudara hingga Sate Padang Ajo Ramon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: