Ilustrasi gaya industrial (Anna Sullivan-Unsplash)

Ingin Rumah Tampak Cool & Gahar? Coba Desain Gaya Industrial

18 May 2021   |   15:02 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Jika Genhype tipe orang yang berani tampil beda dalam mendesain rumah, gaya industrial boleh dicoba. Serius, dengan menerapkan gaya ini, rumah kalian akan tampak lebih cool dan sedikit lebih gahar. Agar kalian tahu, gaya industrial diperkirakan lahir di Eropa, setelah banyaknya bangunan bekas pabrik yang tak digunakan, kemudian dialihfungsikan menjadi hunian atau area komersial.

Meski mengalami perubahan fungsi, elemen-elemen pada bangunan lama tidak dihilangkan sehingga karakter aslinya masih bisa dirasakan.

Beberapa elemen yang khas pada industrial adalah material unfinished, penggunaan logam atau baja, dan warna yang monokrom. Untuk lebih jauh mengenal style ini, Hypeabis telah merangkumnya untuk kalian:

EFISIEN
Gaya industrial diminati banyak pemilik bangunan atau hunian karena desainnya yang timeless. Bukan Cuma itu, gaya industrial dilirik karena ramah di kantong. Dalam hal ini, desain bangunan banyak memanfaatkan material-material unfinished, yang tidak perlu terlalu detail tingkat kerapihannya.

Sebagai contoh, kita tidak perlu mengecat dinding dengan warna tertentu, melainkan dibiarkan tampil dengan kesan unfinished. Selain itu, pemilik hunian juga masih bisa memanfaatkan perabotan atau furnitur lawas yang masih layak pakai.

WARNA
Terkait warna, gaya industrial cenderung tampil dengan warna-warna monokrom, gelap, atau maskulin. Layaknya bangunan pabrik, kita akan disuguhkan tampilan dinding kusam atau besi-besi yang dicat hitam. Namun tak salah juga bila kita menampilkan warna-warna cerah sebagai aksen pada bagian langit-langit atau lantai.

AKSESORIS
Untuk memperkuat kesan industrial, kalian bisa meletakkan figura-figura tipografi di sudut-sudut ruangan. Kalian juga bisa memajang figura tipografi yang berisi kata-kata mutiara atau motivasi. Selain itu, perlu juga kalian memacak hiasan dinding vintage agar hunian kalian semakin berkarakter.

LANTAI
Pada bagian ini, ciri industrial terletak pada penggunaan parket kayu atau acian. Bukan keramik atau granit. Oleh karena itu, wajib bagi kalian untuk mengganti lantai dengan parket kayu atau acian. Apalagi sekarang di marketplace banyak dijual, lantai vinyil bermotif kayu.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Waspadai Kanker Nasofaring, Tak Terdeteksi Tetapi Berbahaya

BERIKUTNYA

Untuk Pertama Kalinya, Konser Coldplay Akan Disiarkan Via TikTok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: