Tanaman hias untuk mempercantik ruangan atau tempat kerja (Sumber gambar: Noyo Creatif/ Unsplash)

5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Konsep Rumah Minimalis

18 September 2023   |   21:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Selain menggunakan aksesori seperti pigura atau pajangan lainnya, tanaman hias bisa dijadikan salah satu ide desain interior untuk mempercantik ruangan dalam rumah. Dengan menaruh tanaman, rumah bisa tampil estetik dengan sentuhan alam yang bisa bikin perasaan lebih adem. 

Tidak hanya itu, dikutip dari Healthline, memiliki tanaman hias dalam ruangan mampu memengaruhi kesehatan seperti membantu mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, menjadi alat terapi, mempercepat pemulihan dari penyakit,  meningkatkan produktivitas, hingga meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. 

Lantas bunga seperti apa yang cocok dipakai untuk ukuran rumah minimalis, yang bisa menciptakan suasana adem dan tampilan estetik? Umar Riska, pemilik rumah penjualan tanaman hias Riska Flora memberikan sejumlah rekomendasi yang bisa kalian pertimbangkan. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Menyerap Racun di Udara


1. Peace Lily

Bunga Peace Lily ( Sumber gambar: Lan gao/Unsplash)

Bunga Peace Lily (Sumber gambar: Lan Gao/Unsplash)

Bunga Peace Lily merupakan salah satu tanaman hias yang sering dikaitkan dengan lambang kemurnian dan kedamaian. Dikutip dari The Heathsite, bunga ini memiliki banyak manfaat, misalnya menjadi tanaman pembersih udara kotor dan menjadi salah satu terapi untuk membuat tidur lebih nyenyak. 

Selain punya banyak manfaat, perawatan bunga ini juga terbilang mudah, membuatnya banyak diincar untuk dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah. Tanaman ini dapat diletakan pada suhu sedang, yang pas berada di bagian dalam ruangan. 

Selain itu, bunga Peace Lily dapat bertahan selama kurang lebih 1 bulan, jadi sangat cocok untuk menjadi salah satu koleksi bunga di rumah. Bunga ini juga memiliki beberapa warna yang bisa dipilih misalnya, warna putih, kuning, merah, merah muda, oranye, dan ungu. 
 

2. Sansevieria

Tanaman hias yang memiliki bentuk daun panjang dan tegak ini sering dikenal dengan sebutan Lidah Mertua. Sansevieria merupakan salah satu tanaman hias yang paling banyak dicari oleh masyarakat, karena penampilannya yang sederhana tapi terkesan elegan, serta tidak membutuhkan ruang yang besar untuk membudidayakannya. 

Beberapa jenis Sansevieria yang dapat ditemukan dengan mudah, misalnya Sansevieria Trifasciata, Kirkii, Cylindria, Hahnel, Moonshine, dan Future Robusta. Selain keindahannya, tanaman ini memiliki beberapa manfaat seperti membersihkan udara dari partikel beracun sampai meningkatkan kelembaban oksigen dalam ruangan. 
 

3. Aglaonema

Bunga Aglonema Merah ( Sumber gambar: redicul pict/unsplash)

Bunga Aglaonema Merah (Sumber gambar: Redicul Pict/Unsplash)

Aglaonema merupakan tanaman hias yang berasal dari suku talas atau araceae. Bunga ini merupakan salah satu bunga yang banyak diburu oleh para pencinta tanaman. Salah satu keunikan dari tanaman ini adalah kombinasi warna yang terletak pada daunnya. 

Beberapa jenis Aglaonema seperti Silver Queen memiliki ciri daun yang tebal dan menonjol. Selain itu, biasanya bagian belakang daun memiliki warna hijau, sedangkan pada bagian tulang memiliki warna tulang hijau dengan corak perak keputihan. Tak cuma memiliki warna yang indah untuk dijadikan sebagai tanaman hias, Aglaonema juga dapat berfungsi sebagai membersihkan partikel racun yang menyebar melalui udara.
 

4. Philo Lemon

Philo Lemon merupakan tanaman yang berasal dari suku Araceae. Tanaman ini merupakan salah satu yang cocok dijadikan sebagai hiasan dan ditempatkan pada ruangan dengan intensitas cahaya tinggi, tapi tidak langsung terpapar dengan sinar matahari. 

Jadi, tanaman hias ini cocok ditempatkan di tempat yang bersuhu hangat. Umumnya, tanaman Philo Lemon memiliki perpaduan warna daun yang cantik dan menyegarkan, yakin warna hijau dan kuning terang. 
 

5. Bunga Monstera

Bunga Monstera (Sumber gambar: Huy Phan/ Unsplash)

Bunga Monstera (Sumber gambar: Huy Phan/ Unsplash)

Bagi kalian yang ingin mempercantik bagian teras dalam atau ruangan lainnya, bisa melirik bunga Monstera. Hal ini dikarenakan bunga ini memiliki daun yang unik memberikan kesan tersendiri bagi pemiliknya.

Jenis tanaman ini cocok disimpan pada tempat yang memiliki intensitas cahaya tinggi, tapi terkena sinar matahari secara langsung. Beberapa rekomendasi tempat misalnya kamar, dapur, ruang tamu, dan teras yang terlindungi dari paparan sinar matahari. 
 
Itulah beberapa tanaman hias yang dapat menjadikan rumah kalian terlihat lebih estetik dan juga segar. Kalian juga dapat menggunakan jenis tanaman ini untuk diletakan di ruangan kantor atau ruang kelas.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh di Air, Cocok untuk Akuarium dan Kolam Ikan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cerita Ragam Pusaka Pangeran Diponegoro di Museum Nasional Indonesia

BERIKUTNYA

Menikmati Perpaduan Hutan Pinus & Anggrek di Orchid Forest Cikole

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: