Produk makeup lokal terus jadi incaran (Sumber gambar: Element5 Digital/Unsplash)

Merek Kosmetik Lokal Terus Digandrungi, Produk Hybrid Makeup Jadi Incaran

20 July 2023   |   11:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Minat dan perhatian masyarakat terhadap perawatan kulit wajah saat ini boleh dibilang sangat besar. Tak sedikit orang kini menjadikan perawatan kulit sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari. Mulai dari alasan kesehatan hingga menunjang penampilan, berbagai cara perawatan kulit ditempuh salah satunya menggunakan produk skincare.

Menariknya, masyarakat Indonesia justru menaruh minat yang besar terhadap produk-produk skincare juga makeup lokal. Laporan ZAP Beauty Index 2023 menyebutkan bahwa 96,8 persen dari 9.000 responden yang disurvei mengaku telah menggunakan produk skincare lokal. Sementara hanya 3,2 persen yang menggunakan produk perawatan kulit dari luar negeri.

Baca juga: Animo Belanja Online Produk Perawatan dan Kecantikan Makin Tinggi

Di sisi lain, laporan dari Populix bertajuk Unveiling Indonesian Beauty & Dietary Lifestyle menyebutkan bahwa sebanyak 54 persen responden lebih memilih produk makeup lokal dibandingkan dengan dari luar negeri. Dua alasan terbesar responden lebih memilih produk makeup lokal yakni karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang serupa dengan produk-produk merek kenamaan.

Alif Kartika selaku Head of Marketing Operation Excellence PT Paragon Technology & Innovation mengatakan masyarakat Indonesia saat ini lebih memilih produk makeup buatan dalam negeri karena dinilai lebih cocok untuk kondisi kulit mereka namun dengan kualitas yang setara atau bersaing dengan produk luar negeri.

"Performa Wardah masih terus tumbuh positif pada 2022. Setelah pandemi, Wardah masih dapat tumbuh dua digit," katanya saat dihubungi Hypeabis.id.

Dia juga menjelaskan bahwa produk makeup yang disukai konsumen saat ini makin beragam. Meski begitu, ada beberapa produk yang selalu menjadi primadona di antaranya lip cream, lip tint, cushion, dan powder foundation. Selain karena telah menjadi produk makeup wajib sehari-hari, ketiga hal itu juga dinilai akan terus relevan dan mengikuti tren kecantikan.

Lip cream dan lip tint masih banyak diminati lantaran menawarkan riasan pada bibir yang tahan lama dan melembabkan dengan pilihan warna yang beragam. Sementara cushion dan powder foundation merupakan dua produk complexion--dikenal sebagai dasar makeup--diminati karena mampu menutupi kekurangan pada wajah seperti bekas jerawat, rona kulit tidak merata dan membuat kulit lebih halus.

"Cushion sendiri terbilang format [makeup] baru yang sedang populer karena praktis. Memberikan hasil coverage seperti foundation, namun mudah dipakai seperti bedak padat," kata Alif.
 

Hybrid makeup makin digandrungi (Sumber gambar: Johan Mouchet/Unsplash)

Hybrid makeup makin digandrungi (Sumber gambar: Johan Mouchet/Unsplash)

Tren Hybrid Makeup
Untuk  2023, tren hybrid makeup diprediksi akan semakin diminati oleh konsumen. Hybrid makeup adalah jenis kosmetik yang memadukan antara fungsi makeup sebagai alat mempercantik kulit sekaligus skincare yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit.

Dengan kata lain, hybrid makeup adalah perpaduan antara kosmetik dan skincare yang menghasilkan bahan aktif dengan berbagai khasiat. Seperti dilansir Vogue, bahan aktif dalam makeup jarang mencapai tingkat yang bisa mengobati kondisi kulit yang serius, namun hybrid makeup menjanjikan beberapa manfaat lainnya alih-alih hanya sebagai riasan wajah.

Dengan menggunakan produk-produk hybrid makeup, seseorang bisa lebih menghemat dalam membeli produk serta bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus yakni cantik dengan makeup dan menutrisi kulit. Adapun, beberapa contoh produk hybrid makeup yakni tinted moisturizer, serum foundation, tinted lipbalm, dan serum mascara.

Menurut Alif, konsumen saat ini semakin teredukasi mengenai pentingnya menjaga kondisi kulit, sehingga mereka mulai mengincar produk makeup yang tidak hanya memberikan penampilan yang flawless atau halus, tetapi juga mampu membantu merawat kulit mereka agar tetap sehat.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, dia menuturkan bahwa Wardah akan selalu menciptakan produk makeup yang relevan dengan minat konsumen di waktu dan kondisi apapun dengan bahan baku yang berkualitas standar internasional dan teruji secara klinis.

Di tengah persaingan merek makeup lokal yang kian menjamur di Tanah Air, Wardah terus memperkuat posisinya untuk dapat meraih pasar dengan tiga hal utama yakni memperkuat brand value and positioning sebagai halal beauty brand atau produk kecantikan halal, menghadirkan produk riasan wajah yang lengkap dan berkualitas, serta selalu mengikuti perkembangan sekaligus mengadopsi teknologi untuk meningkatkan pengalaman belanja konsumen (consumer experience).

Untuk pelayanan di toko-toko fisik, Wardah menghadirkan layanan maksimal dari para  beauty advisors yang berpengalaman untuk membantu konsumen menemukan produk yang tepat. Sementara di toko daring, Wardah menghadirkan fitur teknologi berbasis AI bernama virtual try on (VTO), untuk membantu konsumen mencoba berbagai warna dari produk makeup.

SEBELUMNYA

10 Contoh Surat Kesan & Pesan untuk Kakak OSIS MPLS yang Kreatif

BERIKUTNYA

WhatsApp Sempat Down, Pengguna Keluhkan Pesan Terus Centang Satu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: