Ilustrasi Menulis Jurnal (Sumber Gambar: Unsplash/lilartsy)

Bermanfaat untuk Ingatan & Perasaan, Cek Kiat-kiat Menulis Jurnal Harian

27 October 2023   |   11:30 WIB

Menulis jurnal harian (journaling) merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menuangkan ide, pikiran, atau emosi dalam bentuk tulisan, juga gambar. Journaling biasanya berisi tulisan mengenai kehidupan sehari-hari. Ini bisa membantu untuk mengingat hal-hal yang telah dilalui dan dirasakan, serta punya banyak manfaat lain. 

Sama seperti menulis diary pada masa kecil, menulis jurnal atau buku harian saat dewasa juga bermanfaat. Mencatat pengalaman, pikiran, atau perasaan dapat membantu dalam mengekspresikan emosi. Sejumlah penelitian menyebut aktivitas ini bahkan baik untuk daya daya ingat. 

Meski terkesan ribet, menulis jurnal bukan hal yang sulit. Hanya memang dibutuhkan konsistensi, yang banyak jadi hambatan orang untuk memulai journaling. Lantas gimana sih cara untuk mulai menulis jurnal harian? Dirangkum dari Better Humans, berikut ini adalah sejumlah kita yang bisa kalian terapkan untuk memulai journaling

Baca juga: Simak 6 Manfaat Kegiatan Journaling yang Bisa Redakan Stres
 

Kiat Memulai Menulis Jurnal Harian 


1. Tentukan apa yang bakal ditulis

Buat daftar tentang topik apa saja yang ingin ditulis dalam jurnal harian. Genhype bisa menulis tentang banyak hal mulai dari kehidupan sehari-hari, perasaan, emosi, tujuan, impian, cita-cita hingga hal penting lainnya.

Selain itu, kalian juga dapat menlis mengenai topik-topik yang kalian sukai, seperti hobi atau karier. Banyak hal yang dapat dituangkan dalam jurnal. Catatan pentingnya, mulailah dengan hal yang dirasa mudah dan membuat nyaman.


2. Membuat jadwal rutin

Memiliki jadwal rutin untuk menulis jurnal harian merupakan langkah penting agar tetap konsisten. Untuk itu pilih waktu yang sesuai dengan waktu luang kalian, bisa pada pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari. Pastikan waktu yang dipilih juga bisa membuat nyaman. Usahakan untuk menulis jurnal setiap harinya agar menjadi sebuah kebiasaan yang baik. 


3. Curahkan isi pikiranmu

Kalian dapat menulis apa saja yang tersimpan dan terlintas di benak kalian. Jangan takut untuk menulis karena aktivitas ini sejatinya sama dengan mengekspresikan diri dengan bicara. Bahkan, dengan melakoni kegiatan ini kalian tidak perlu khawatir akan dikritik oleh orang lain karena biasanya jurnal bersifat sangat pribadi. 


4. Tulis dengan gaya bahasamu

Dalam menulis jurnal, tidak ada aturan dalam menggunakan bahasa. Kalian bebas menulis dengan gaya bahasa yang  diinginkan, karena yang terpenting adalah bisa mengungkapkan pikiran dan perasaan di dalam jurnal.


5. Tulis semua emosi yang dirasakan

Mencurahkan semua isi pikiran ke dalam tulisan dapat membantu dalam mengenali emosi dan mengelolanya dengan lebih baik. Baik itu perasaan senang, sedih, takut, marah dan lainnya. Tulislah satu per satu hingga perasaan kalian sedikit lebih lega. 
 

Manfaat Menulis Jurnal Harian 

Untuk lebih menambah semangat kegiatan menulis jurnal harian alias journaling, berikut Hypeabis.id rangkum beberapa manfaat aktivitas tersebut, sebagaimana dilansir dari laman Intermountain Healthcare


1. Mengekspresikan perasaan

Manfaat utama dalam menulis jurnal harian adalah dapat mengekspresikan perasaan yang sedang dirasakan dengan cara yang sehat dan aman. Genhype hanya perlu mengungkapkannya dalam bentuk tulisan atau gambar. Journaling akan membantu mengerti jenis perasaan yang timbul sehingga kalian tidak perlu menutupi apa yang sedang dirasakan. 
 

2. Pengendalian emosi

Ketika merasakan emosi tertentu, menulis jurnal akan membantu kalian dalam mengendalikannya. Sebab, journaling juga bisa menyalurkan emosi yang terpendam. Proses ini juga bisa membantu mengidentifikasi keadaan dan membuat kalian lebih mudah mencari jalan keluar. 
 

3. Mengobati rasa trauma

Menulis peristiwa yang membuat stres bisa membantu seseorang memahami tragei dan mengurangi rasa sakit yang dialami. Gangguan seperti stres jangka panjang bisa meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh, yang pada akhirnya melemahkan sistem kekebalan. Jadi, penyaluran lewat jurnal bisa menekan hal tersebut, dan memungkinkan trauma untuk sembuh lebih cepat. 
 

4. Memperkuat ingatan

Menulis dapat membantu dalam mengingat sesuatu. Oleh karena itu, aktivitas journaling dapat menjaga otak agar tetap dalam kondisi prima. Selain itu, menulis juga meningkatkan kapasitas daya ingat.

Baca juga: Comic Journaling, Ini Dia Cara Unik untuk Kelola Kesehatan Mental

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Spesifikasi dan Harga Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition di Indonesia 

BERIKUTNYA

Yuk Cek Promo Tiket Murah Online Tiket Week (OTW) di tiket.com

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: