olahraga di rumah ( Carl Barcelo on Unsplash)

Bukan Cuma Sehat, Olahraga Meningkatkan Daya Ingat

09 September 2021   |   14:46 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, tahun 2021 ini menjadi tahun kedua Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional atau Haornas di tengah pandemi. Kondisi yang ada mendorong makin banyaknya masyarakat yang menyadari olahraga menjadi aktivitas yang kian penting.

Marcellina Leonora, Founder dari Fitnest.id sekaligus Women Fitness Specialist mengatakan, meski pada saat ini masyarakat lebih banyak berada dan beraktivitas di rumah, ada baiknya untuk tetap berolahraga. Menurut wanita yang akrab dipanggil Leony ini, olahraga dapat membentuk tubuh dan imun yang kuat untuk menghadapi kondisi yang tidak menentu seperti sekarang.

 

ilustrasi (Dok Helio Dilolwa/Unsplash)

ilustrasi (Dok Helio Dilolwa/Unsplash)


Selain itu, dia juga menjelaskan, manfaat lain dari berolahraga dan kapan waktu yang baik untuk berolahraga. Yuk kita simak apa saja manfaat berolahraga baik di rumah atau di lingkungan sekitar rumah saja.

1. Membantu terhindar dari gaya hidup Sedentary
Selain membentuk tubuh dan imun yang kuat, olahraga juga membantu kita untuk terhindar dari gaya hidup kurang gerak (sedentary lifestyle). Terlebih lagi, pada masa pandemi ini, menjadi kuat tentu merupakan pilihan terbaik.

“Adanya pandemi juga membuat kita sangat rentan mengalami obesitas dan terserang penyakit, karena kita jarang keluar rumah dan aktivitas kita sangat terbatas. Apabila kita bisa meningkatkan aktivitas kita selama di rumah, maka hal itu akan sangat membantu,” ujar Leony.

2. Meningkatkan hormon bahagia dan semangat
Olahraga juga sangat bermanfaat untuk otak, karena ada beberapa hormon yang sangat berperan untuk kesehatan otak selama kita berolahraga. Salah satunya adalah dopamin, yang bisa membantu kita untuk meningkatkan motivasi dan fokus.

Selain itu, ada juga endorfin yang membantu kita untuk menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan rasa bahagia. Hormon inilah yang membuat orang tidak merasa lelah dan justru merasa lebih segara selepas berolahraga.

Terakhir, ada hormon serotonin yang membuat kita lebih semangat dan membuat suasana hati menjadi lebih baik setelah berolahraga. Hormon serotonin ini dapat membantu teman-teman yang saat ini bekerja dari rumah menjadi lebih positif, bersemangat, dan produktif.

3. Olahraga meningkatkan daya ingat
“Ada juga manfaat lain dari olahraga yang jarang terlihat, yaitu melancarkan peredaran darah dan membantu distribusi oksigen serta nutrisi dalam tubuh menjadi lebih baik. Olahraga juga memiliki pengaruh yang signifikan bagi hippocampus, karena dapat meningkatkan daya ingat yang lebih baik,” tambahnya.

Nah, untuk mendukung Genhype yang berolahraga di rumah dan memulai hidup sehat, Lemonilo memiliki komunitas bernama Lemonilo Fit Club sebagai wadah bagi para anggota komunitas untuk berolahraga bersama dan berbagi informasi seputar gaya hidup sehat.

Beberapa kegiatan olahraga bersama yang diselenggarakan Lemonilo Fit Club adalah virtual run dan power zumba gratis bersama instruktur profesional. 



Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Hari Olahraga Nasional, Ini 5 Sport yang Paling Populer

BERIKUTNYA

MONSTA X Tampil Penuh Sendu di Teaser Klip 'One Day'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: