Kegiatan journaling bisa membantumu meredakan stres. (Sumber: Unsplash/lilartsy)

Simak 6 Manfaat Kegiatan Journaling yang Bisa Redakan Stres

23 August 2023   |   18:30 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Kalau punya waktu luang, coba deh journaling.  Kegiatan tersebut melibatkan kemampuanmu untuk berkreasi sebebas mungkin di atas kertas dengan cara menulis. Melalui kegiatan journaling, kalian pun bisa menuangkan isi pikiran dan perasaanmu menjadi tulisan.

Selain itu juga kalian dapat menghiasinya dengan berbagai dekorasi sesuai preferensi masing-masing. Namun, lebih dari itu, nyatanya kegiatan journaling juga bisa menjadi suatu hal yang memberikan banyak manfaat.

Baca juga: Comic Journaling, Ini Dia Cara Unik untuk Kelola Kesehatan Mental

Meskipun memiliki konsep yang sederhana, tetapi journaling merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Apa saja manfaat dari journaling? Simak daftarnya berikut ini yang dihimpun dari Healthline.


1. Membantu Mengurangi Stres

Beberapa studi menunjukkan terjadinya penurunan stres terhadap partisipan yang melakukan journaling. Berikut adalah beberapa hal yang ditulis selama melakukan journaling:
  • Menulis 3 hal yang disyukuri.
  • Menulis cerita hidup dalam 6 kata.
  • Menulis 3 permintaan.
Ketiga pertanyaan itu mungkin bisa kalian jadikan sebagai panduan dalam memulai journaling. Para partisipan dalam studi menyatakan bahwa prompt tersebut telah membantu mereka untuk melakukan latihan journaling.


2. Meningkatkan Kualitas Kesehatan Diri

Sebuah studi pada 2018 menunjukkan bahwa menulis tentang pikiran dan perasaan terdalam kita telah menurunkan tingkat kunjungan ke dokter yang berkaitan dengan stres, menurunkan tekanan darah, meningkatkan mood, dan juga kesejahteraan seseorang. 


3. Mengendalikan Pikiran Negatif

Mudah untuk tenggelam dalam pikiran negatif yang dapat merusak mood serta meningkatkan kecemasan. Menuangkan pikiran melalui kegiatan journaling dapat membantu kita untuk melihat pikiran sebagai hal yang terpisah dengan diri kita sendiri. Dengan begitu, kita akan mampu mempertimbangkan pikiran negatif itu dengan cara yang lebih objektif. 


4. Menjadi Cara untuk Memproses Berbagai Bentuk Emosi

Sebagian dari kita mungkin sering mengabaikan emosi atau mencoba menguburnya dalam-dalam. Cara tersebut tidaklah sehat karena emosi yang terkubur bisa saja muncul lagi ke permukaan dan mempengaruhi tindakanmu. 

Dengan journaling, kamu memberikan ruang yang aman untuk bisa memproses emosi. Maka dari itu, emosi yang awalnya susah untuk dikelola, menjadi lebih mudah diterima. 


5. Membantu untuk Menentukan Tindakan

Menulis pikiran dan perasaanmu tentang situasi tertentu adalah langkah pertama untuk mengerti bagaimana cara menghadapi situasi tersebut. Ketika sudah lebih tenang, kalian mungkin akan mulai menyadari alasan kamu merasakan emosi tertentu. 

Journaling akan membantumu untuk melihat lebih jelas apa yang sebenarnya kamu butuhkan dari berbagai kekhawatiran, pertanyaan, serta emosi yang kalian rasakan. 


6. Memperdalam Proses untuk Menemukan Jati Diri

Ketika sedang menulis dalam kegiatan journaling, kita mungkin akan belajar lebih jauh tentang preferensi, pengalaman buruk, rasa takut, hal-hal yang membuat kita senangi, mimpi-mimpi, dan sebagainya. Penggambaran tersebut adalah cara journaling untuk membuatmu terhubung kembali dengan diri sendiri, sehingga bisa membantumu untuk lebih mengenali diri sendiri.

Baca juga: 5 Tip Menjaga Mental dan Tumbuh Kembang Anak yang Wajib Dipahami Orang Tua

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Siap-siap Ravens, Gim Undawn Bakal Rilis Map Baru Gurun Pasir

BERIKUTNYA

Kanker Paru di Indonesia Mulai Sentuh Usia Produktif, Rokok & Kualitas Udara Buruk Jadi Biang Keladinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: