Oatmeal (Sumber gambar: unsplash/Margaritazueva)

Secukupnya Saja, Berlebihan Mengonsumsi Oatmeal Punya Sederet Efek Samping

27 October 2023   |   12:30 WIB

Siapa yang tidak tahu bahwa oatmeal merupakan makanan bergizi dan kaya serat. Oleh karenanya ini sering dipilih sebagai asupan sehari-hari oleh sebagian orang. Selain karena gizinya, oatmeal juga bisa diolah sedemikian rupa dan disandingkan dengan banyak jenis makanan lain sehingga lebih bervariasi. 

Banyak orang yang mengira bahwa oatmeal terbuat dari gandum. Padahal, makanan itu berasal dari oat (avena sativa), yang disebut sebagai biji-bijian tersehat di dunia karena merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang tinggi. Selain itu, oat juga mengandung kalsium dan kalium. 

Baca juga: 6 Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil, Sumber Energi Salah Satunya

Setelah Genhype mengetahui sejumlah nutrisi baik yang ada di oatmeal, kalian tetap perlu waspada. Pasalnya sesuatu yang berlebihan tetap saja tidak baik. Begitu juga dengan mengonsumsi oatmeal terlalu banyak yang bisa menimbulkan risiko kesehatan. 

Dilansir dari Drugs, oat dapat meningkatkan jumlah tinja dan frekuensi buang air besar, mengakibatkan kembung, gas, dan kemungkinan iritasi perineum. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah masalah kesehatan yang bisa timbul jika kalian mengonsumsi oatmeal secara berlebihan. Apa saja? Yuk simak.
 

1. Gangguan pencernaan

Yap, gangguan pencernaan bisa muncul jika kalian terlalu banyak memakan oatmeal. Hal ini terjadi karena kandungan serat yang tinggi pada oatmeal bisa meningkatkan produksi gas di dalam pencernaan, yang akan menyebabkan kembung, sembelit, hingga diare.
 

2. Peningkatan gula darah

Perlu Genhype ketahui jika ada beberapa varian oatmeal, khususnya produk instan, justru banyak yang mengandung gula tambahan yang tinggi. Mengonsumsi gula berlebihan bisa memunculkan berbagai masalah kesehatan, seperti resistensi insulin, diabetes, sampai obesitas.


3. Intoleransi gluten

Tidak semua orang mampu atau bisa mengonsumsi gluten yang ada pada oatmeal. Memang tidak semua produk ini mengandung gluten, tapi beberapa di antaranya mengandung bahan tersebut. Jika eksis, ada protein dalam gluten yang berisiko menyebabkan masalah pencernaan pada orang dengan intoleransi, karena struktur asam amino yang unik bisa menghambat enzim pencernaan dalam usus.


4. Kehilangan massa otot

Mengonsumsi terlalu banyak oatmeal juga bisa menyebabkan hilangnya massa otot. Bagaimana bisa? Ternyata, meski memakan oatmeal terbukti bisa membuat kenyang lebih lama, tapi jika dilakukan secara terus menerus juga bisa membuat otot kehilangan massa karena nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi. Hal ini disebabkan oleh hilangnya nafsu makan akibat konsumsi tinggi oatmeal

Baca juga: Resep Pancake Oatmeal, Menu Sarapan Kilat Anti Ribet Penuh Gizi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Nilai Tukar Rupiah Melemah, Fesyen Streetwear New Era Konsisten dengan Harga Jual

BERIKUTNYA

Daftar Pemain Film Saranjana Kota Ghaib, Rilis di Bioskop 26 Oktober 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: