Ilustrasi menu oatmeal (sumber gambar : Quaker Oats)

Jaga Asupan Nutrisi Saat Puasa, Yuk Buat Kreasi Menu dengan Oatmeal

07 April 2023   |   10:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang seimbang untuk menjaga kesehatan serta membantu mempertahankan energi tubuh agar terhindar dari rasa lapar dan lemas. Karbohidrat kompleks dan protein adalah contoh sumber energi butuh waktu cerna lebih lama sehingga energi yang didapat maksimal.

Karena itu pilihan makanan yang tepat sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa, terutama saat sahur dan berbuka puasa. Selain karbohidrat kompleks dan protein, serat juga merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga aktivitas tubuh.

Baca juga: 5 Makanan Super Agar Kenyang Lebih Lama Saat Puasa

Karena lebih lama dicerna di dalam perut, sistem pencernaan bisa lebih lebih aktif dan terjaga kesehatannya selama berpuasa. Manfaat ini juga membantu menjaga rasa kenyang hingga 4 jam lebih lama, jadi kamu tidak akan merasa kelaparan hingga waktu berbuka puasa nanti.

Lalu, makanan apa yang efektif untuk sahur dan sesuai dengan kriteria-kriteria tersebut?

Oatmeal atau oat bisa menjadi pilihan. Dengan kandungan nutrisinya yang kaya akan serat dan nutrisi mikro lainnya, mengonsumsi semangkuk oats (setara 100 gram) setiap sahur bisa membantu menjaga aktivitas puasa di siang hari hingga menjelang waktu berbuka.

Commercial Director Quaker Indonesia Andina Mutya mengatakan oatmeal merupakan jenis serealia yang kaya akan serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat kesehatan dari oat sebagai pilihan makanan sahur dan berbuka puasa diantaranya menjaga kesehatan jantung dan bantu turunkan kadar kolesterol, menjaga kadar gula darah, melancarkan pencernaan serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Kandungan tinggi serat dan sumber protein dari oat dapat dikonsumsi saat sahur dan berbuka, sehingga kenyang lebih lama untuk kebaikan di bulan Ramadhan," ujarnya

Andina membagikan beberapa ide kreasi oatmeal savory (asin) dan sweet (manis) yang dapat dibuat agar puasa lebih maksimal.

Untuk membuat oatmeal savory, kalian bisa menggunakan oatmeal tipe quick cooking yang hanya butuh waktu masak selama dua menit di atas kompor. Kalian bisa membuat ragam menu sahur seperti Quaker Creamy Corn Soup, Bubur Oat Ayam Kampung, Hainan Chicken Oatmeal, atau Veggie Oats Omelette.

Sementara itu, untuk berbuka puasa kalian dapat membuat sejumlah menu oatmeal sweet dengan oatmeal tipe instan yang cukup diseduh dengan air panas. Variasi manis ini dapat kalian lengkapi dengan sumber makanan sehat lainnya dengan kreasi menu Bubur Kacang Hijau Oatmeal, Quaker Kurma & Almond Delight, Berry Nut Oatmeal atau Strawberry Mousse Oats.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

10 Tools Gratis Bantu Pengguna Pahami Google Search

BERIKUTNYA

Mengenal Salah Satu Tokoh Kaligrafi Indonesia Didin Sirojuddin AR

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: