(Sumber gambar: pexels/Andreapiacquadio)

Negara dengan Piramida Terbanyak Bukan Mesir, Masa sih? Cek Deretan Fakta Unik di Dunia

23 October 2023   |   16:00 WIB

Dunia yang kita tinggali ternyata menyimpan banyak sekali misteri. Terdapat beragam cerita unik dan menarik yang masih belum diketahui banyak orang. Hal ini tentunya juga merupakan sebagai bentuk anugerah yang tuhan berikan kepada kita para manusia di bumi.

Ada fakta-fakta yang berkaitan dengan fenomena alam, cuaca, temuan-temuan, sejarah, dan lain sebagainya yang cukup mengejutkan. Salah satunya, pakah Genhype tahu bahwa, Sudan menjadi negara dengan piramida terbanyak? Dari pada kalian penasaran, simak deretan fakta menarik lainnya juga yang ada di dunia ini, yuk!

Baca juga: Fakta Unik Binturong, Hewan Peliharaan Irfan Hakim yang Viral


1. Sudan Negara dengan Piramida Terbanyak di Dunia

Jika kalian menganggap Mesir sebagai negara dengan piramida terbanyak, itu salah. Negara Sudan lah  yang sudah terdaftar sebagai negara dengan jumlah piramida terbanyak di dunia. Jumlahnya mencapai 255 piramida dan tersebar di berbagai wilayah.

Menurut laporan dari National Geographic, piramida itu dibangun oleh anggota kerajaan Kush yang rajanya dijuluki Firaun Hitam pada 747 SM, peradaban kuno yang terletak di sepanjang sungai Nil.


2. Dua Orang Meninggal Dunia Setiap Dua Detik

Di dunia ini, setiap detiknya akan ada fenomena empat kelahiran baru dan diperkirakan pula ada dua orang meninggal pada saat yang hampir bersamaan.  Hal ini berarti bahwa setiap orang akan meninggal di setiap menit, 6.316 meninggal dalam setiap jam, 151.600 meninggal dalam sehari dan 55,3 juta orang meninggal setiap tahunnya. Maka dari itu, tak semua fakta unik dan menarik di dunia ini akan menyenangkan.


3. Keyboard Lebih Berkuman daripada Toilet

Kalau Genhype selama ini berpikir tempat terjorok adalah toilet, maka kalian salah besar. Masalahnya, sebuah penelitian menunjukan jika di dalam keyboard yang kalian pakai sehari-hari, ada sedikitnya 20.000 kuman dan bakteri yang bersarang. Jadi, Genhype harus sering membersihkan keyboard dan laptop kalian dengan cairan antibakteri, ya!


4. Ada Salju di Gurun Sahara

Saat mendengar kata gurun, pasti dipikiran kalian langsung terbayang udara yang panas dan terik. Namun, faktanya terdapat gurun yang sempat memiliki salju, loh. Gurun Sahara, gurun yang bersuhu 38 – 40 derajat celsius ini mengalami kejadian langka yakni, bersalju. Perisitiwa Gurun Sahara pernah diselimuti salju putih terjadi pada 2018. Sayangnya, fenomena salju ini hanya bertahan selama satu hari karena terik matahari dan mencair.


5. Gajah Menjadi Satu-Satunya Mamalia yang Tidak Bisa Melompat

Siapa yang baru tahu bahwa gajah tidak dapat melompat seperti mamalia lainnya? Hewan melompat harus mempunyai pergelangan kaki yang sangat lentur, memiliki tendon achilles serta otot betis yang kuat. Sementara pada gajah, ia memiliki otot kaki bagian bawah yang lemah serta pergelangan kakinya tidak terlalu fleksibel.


6. Hanya Buah Stroberi yang Memiliki Biji di Luar Buah

Kalau dipikir-pikir, kebanyakan buah memiliki biji yang terletak di dalam buah seperti mangga, salah, dan papaya. Namun, ternyara buah troberi menjadi satu-satunya buah yang bijinya terletak di luar. Dalam satu buah ini terdapat kurang lebih 200 biji.

Baca juga: Berhasil Mendarat di Kutub Selatan Bulan, Cek 5 Fakta Unik Misi Chandrayaan-3 dari India

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cek Daftar Bioskop yang Menayangkan Film Taylor Swift: The Eras Tour di Indonesia

BERIKUTNYA

Mengenal Inovasi Jamu Ala Acaraki, Tidak Lagi Jadi Minuman Kuno

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: