Ilustrasi alat olahraga yang dapat digunakan dalam ruangan. (Sumber gambar: Sam Moghadam/Unsplash)

Rekomendasi 5 Alat Fitness yang dapat Digunakan di Rumah

19 October 2023   |   19:33 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Genhype, olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Selain itu, dengan berolahraga tentu saja seseorang akan memiliki tubuh yang sehat setra memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dalam menangkal virus.

Tidak hanya itu, manfaat berolahraga juga dapat membantu pembentukan tubuh menjadi lebih ideal. Jadi tidak heran jika saat ini banyak kalangan masyarakat mulai dari usia anak hingga orang tua, yang sudah aktif berolahraga. Salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat adalah fitness.

Baca juga:  Gaya Hidup Sehat Meningkat, Aplikasi Kesehatan & Fitness Terus Tumbuh

Olahraga fitness dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kebugaran  dan juga membentuk tubuh melalui berbagai aktivitas seperti ngegym. Oleh karena peralatan yang akan digunakan lebih berat dan berisiko, olahraga fitness biasanya dijalani oleh orang dewasa.

Berbicara terkait peralatan olahraga, apa saja alat fitness yang dapat digunakan di rumah?. Kepada tim Hypeabis.id, Rona Novrinta, Marketing Technogym, perusahaan penyedia alat olahraga, menjelaskan beberapa alat olahraga yang dapat digunakan di rumah. 

"Iya, lihat sendirikan saat ini Jakarta itu lagi panas-panasnya, jadi pasti ada orang yang malas berolahraga di luar ruangan terus memilih untuk olahraga saja di rumah," jelas Rona, saat ditemui dalam acara Bazar Perlengkapan Olahraga, Jakarta Marathon 2023 , Kamis (19/10/2023).  Berikut beberapa peralatan fitnes tersebut:  

1. Treadmill

 

Treadmil. (Sumber gambar: Chuttersnap/Unsplash)

Treadmill. (Sumber gambar: Chuttersnap/Unsplash)


Treadmill merupakan alat yang digunakan oleh masyarakat untuk sekedar joging atau lari cepat menggunakan teknologi. Rona menuturkan treadmill dapat digunakan bagi masyarakat yang jarang memiliki waktu luang untuk berolahraga lari di luar ruangan. Treadmill juga dapat membantu  masyarakat karena mudah digunakan dalam ruangan dengan waktu yang lebih efisien.
 

2. Dumbell

 

Dumbell. (Sumber gambar: Vd Photography/Unsplash)

Dumbell. (Sumber gambar: Vd Photography/Unsplash)


Salah satu alat fitness yang paling banyak dijumpai pada masyarakat ialah dumbell. Alat olahraga yang satu ini dijelaskan oleh Rona untuk membentuk otot bahu dan juga lengan. Biasanya para olahragawan akan menggunakan dumbell dengan berbagai ukuran mulai dari 1 kg hingga 10kg.

Namun, Rona menambahkan bagi  masyarakat umum juga dapat membuat dumbell menggunakan bahan yang mudah dijumpai seperti menggunakan adonan semen yang dibentuk menggunakan ember dan disambungkan dengan besi. Rona menambahkan, hal ini berlaku bagi masyarakat yang tidak ingin mengeluarkan bujet besar, namun tetap dapat berolahraga.
 

3. Tali Skipping
 

Tali Skipping. (Sumber gambar: Stoice Ionela/Unsplash)

Tali Skipping. (Sumber gambar: Stoice Ionela/Unsplash)

Tali skipping merupakan alat yang dapat digunakan dengan mudah oleh masyarakat baik di luar maupun dalam ruangan. Rona menjelaskan bahwa penggunaan tali skipping  dapat membantu meningkatkan fungsi kerja jantung, paru-paru, kesehatan tulang, serta kebugaran otot-otot tubuh.

 

4. Sepeda Statis

 

Sepeda Statis. (Sumber gambar: Julia Larson/Pexels)

Sepeda Statis. (Sumber gambar: Julia Larson/Pexels)


Sepeda statis merupakan alat olahraga yang dapat membantu Genhype meningkatkan kekuatan tulang dan juga otot. Kendatipun memiliki cara penggunaan yang sama seperti sepeda pada umumnya, sepeda statis dapat digunakan dalam ruangan dan cocok bagi Genhype yang jarang memiliki waktu luang untuk berolahraga. 
 

5. Matras Yoga
 

Penggunaan matras yoga. (Sumber gambar: Burce Mars/Unsplash)

Penggunaan matras yoga. (Sumber gambar: Burce Mars/Unsplash)

 

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak penggemar. Olahraga fitness yang satu ini dijelaskan oleh Rona, memiliki fungsi untuk meningkatkan kebugaran, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan fungsi kerja paru-paru. Alat yang digunakan dalam olahraga yoga berupa matras untuk difungsikan untuk melindungi tubuh agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai.

Demikian alat olahraga yang dapat disediakan di rumah kalian. Dengan menyediakan alat olahraga ini,  dapat membantu meningkatkan freuensi olahraga tanpa harus keluar ruangan.

Baca juga: 7 Kiat Membentuk Otot Dada di Rumah, Tidak Harus ke Tempat Fitness

Editor : Pupiut Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Ini Dia Resep Penganan Getuk yang Enak dan Legit

BERIKUTNYA

Begini Keuntungan & Risiko Persalinan dengan Metode Water Birth

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: