Ilustrasi Pemakaian Sepatu Boots (Sumber gambar: Unsplash/videmusart)

Cara Merawat Sepatu Boots Agar Tetap Awet

19 October 2023   |   18:26 WIB

Penggunaan sepatu boots kian digemari para pencinta mode di Indonesia. Sepatu ini pun bisa dipakai di berbagai kesempatan untuk menyempurnakan penampilan. Sepatu boots ini tampil dengan berbagai model yang bisa Genhype pilih sesuai dengan keinginan.

Sepatu boots pertama kali dibuat oleh bangsa Mongol yang terletak di daerah utara Khatulistiwa. Untuk melindungi kaki dari dinginnya salju, mereka membuat alas kaki dari kulit binatang yang mampu membantu untuk menghangatkan kaki mereka.

Baca juga: 5 Tip Memilih Sepatu Wedges yang Nyaman

Fungsi dan desain sepatu boots mengalami modifikasi yang signifikan seiring perkembangan zaman, sehingga saat ini boots mulai merambah dunia fashion dengan berbagai bahan dan desain yang lebih bervariasi dan kasual.

Bentuknya yang unik dan nyaman digunakan, membuat sepatu boots disukai oleh banyak orang. Memakai boots juga identik dengan gaya yang maskulin. Namun, kini sepatu boots banyak diminati oleh kalangan wanita. Pria dan wanita dapat menunjang penampilan dengan memakai boots, dinilai praktis karena cocok dipakai untuk acara formal ataupun non formal.

Namun, sepatu boots sangat rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari, debu, dan kotoran.
Sepatu boots itu memerlukan perawatan yang khusus dibandingkan dengan sepatu lainnya. Bagi Genhype yang ingin koleksi sepatu boots-nya awet dan enggak gampang rusak, berikut tips untuk merawatnya:


Kenali bahan sepatu

Jika sepatumu berbahan kulit, maka hindari untuk menggunakannya pada musim hujan agar tidak basah dan lembab. Jika sepatu berbahan kulit kalian basah, maka kalian dapat menjemur sepatu di bawah sinar matahari. Namun, jika berbahan beludru atau suede cukup dianginkan saja agar kulit sepatu tidak rusak.


Cukup dilap dengan kain

Untuk membersihkannya, kalian hanya perlu menggunakan kain basah. Lap dengan hati-hati, pastikan seluruh bagian sepatu kering, sehingga tidak menimbulkan jamur. Kalian juga dapat membersihkannya menggunakan sikat khusus agar debu dan kotoran tidak menempel di sepatu. Pastikan bagian dalam dan luar sudah benar-benar bersih.


Pakai kaus kaki yang kering

Kaus kaki yang basah membuat bagian dalam sepatu menjadi lembab dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, jika sepatu menjadi lembab maka akan menimbulkan jamur pada bagian dalam sepatu.


Menyemprotkan pewangi khusus

Jika sepatu menimbulkan bau yang tidak sedap, maka kalian dapat menyemprotkan pewangi khusus sepatu di bagian dalam sepatu. Pewangi ini banyak tersedia di minimarket. Namun, gunakan ketika sepatu tidak sedang digunakan dan sedang benar-benar kering.
 

Simpan di tempat yang tepat

Untuk menghindari timbulnya jamur, maka kalian dapat menyimpan sepatu di tempat yang kering. Lalu, jangan lupa untuk menaruh silica gel di tempat kalian menaruh sepatu, agar tidak berjamur dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Demikian tip yang dapat kalian lakukan untuk menjaga atau merawat sepatu boots agar tidak cepat rusak. Pastikan agar sepatu benar-benar dalam keadaan kering. Terlebih, karena harganya yang mahal, maka kalian harus merawatnya dengan baik dan benar.

Baca juga: Proses Kreatif Seniman Lokal Muklay, Hadirkan Desain Sepatu Bergaya Artistik



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

4 Hal Menarik dalam Trailer Serial Gadis Kretek, Latar Belakang Sosok Dasiyah Dikupas

BERIKUTNYA

Ini Dia Resep Penganan Getuk yang Enak dan Legit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: