Kolaborasi Playboy Shoes X Muklay. (Sumber gambar: Playboy)

Proses Kreatif Seniman Lokal Muklay, Hadirkan Desain Sepatu Bergaya Artistik

26 September 2023   |   09:23 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Era kolaborasi saat ini telah menjadi sebuah tren yang dapat mendongkrak eksistensi sebuah brand. Kolaborasi tersebut tidak hanya terjadi di antara brand, tetapi juga dengan seniman untuk menghadirkan produk yang lebih segar, unik, dan kreatif.

Salah satu seniman lokal yang kerap diajak berkolaborasi dengan sejumlah brand, baik lokal maupun internasional adalah Muchlis Fachri atau yang akrab disapa Muklay. Seorang visual artist yang berdomisili di Jakarta ini dikenal dengan gaya pop surealismenya.

Karya seni Muklay memiliki ciri khas warna-warna cerah, garis hitam tebal, dan estetika surealis. Sepanjang karirnya, Muklay telah menjelajahi berbagai media seni, termasuk desain grafis, sablon, lukisan tradisional, gambar, dan seni digital.

Muklay juga telah memamerkan karya seninya baik secara nasional maupun internasional seperti pameran tunggal See Something Strange di Artotel, Thamrin, Jakarta pada 2016 dan Perplexity Relation di SH Artspace, Ginza, Tokyo pada 2020.

Seniman visual lulusan Universitas Negeri Jakarta ini juga aktif berkolaborasi dengan merek lokal dan internasional, serta sesama artis dan komunitas sehingga memungkinkannya memperluas gaya artistiknya dan menjangkau market yang lebih luas.

Salah satu yang terbaru adalah kolaborasi antara Muklay dengan Playboy yang memadukan gaya trendy dan timeless dari sepatu Playboy dengan gaya pop surealisme khas Muklay yang berani dan ikonik.

Palet warna mencolok yang digunakan dalam kolaborasi ini menawarkan visual yang memanjakan mata, tetapi tetap mempertahankan kualitas dan gaya ala Playboy, sehingga mudah untuk dipadupadankan untuk penampilan sehari-hari, siang hingga malam.

Koleksi Playboy x Muklay ini menawarkan serangkaian siluet alas kaki, termasuk sneakers, loafers, dan slingback mules, masing-masing didesain untuk menunjukan style artistik khas Muklay dan juga gaya khas Playboy Shoes.

Muklay mengatakan dalam kolaborasi ini, dirinya mampu meralisasikan ilustrasi dan ide-ide kreatifnya sampai ke etail yang paling kecil dengan berbagai teknik, detail, bordir, pin, dan print yang dituangkan ke dalam desain sepatu kulit.

Adapun untuk proses pengerjaan proyek ini telah dimulai sejak agustus tahun lalu. Proses kreatifnya sendiri dimulai dengan mengumpulkan referensi, lalu menuangkan ide logo Playboy dengan ilustrasi, dan desain siluet sepatu, sampling hingga ke detil-detil aksesoris di sepatu.

Diakui olehnya proses yang dilalui cukup panjang sebab di dalam kolaborasi ini, Muklay menghadirkan siluet baru dengan berbagai detail yang ingin dia munculkan.

“Ada banyak detail yang gue pengen munculin di dalam kolaborasi ini sehingga proses dari ide sampai sepatu final cukup panjang, aplikasi teknik di satu sepatu juga banyak, tapi overall sangat puas sama hasilnya,” tuturnya.

Sementara itu, Mohammad Fiqih, Marcomm Manager dari Playboy Shoes Indonesia mengatakan di dalam kolaborasi ini pihaknya menjalin kerjasama dengan Muklay mulai dari proses awal, pemilihan siluet, pemilihan warna, sampai pemilihan aksesoris & finishing produknya.

Selain itu, ilustrasi yang dibuat juga merupakan perpaduan dari logo ikonik playboy dan gaya pop surealisme khas Muklay. “Koleksi ini benar-benar sebuah nafas baru yang segar dan menyenangkan dari Playboy Shoes untuk customer kita dan juga penikmat karya-karyanya Muklay,” ucapnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Resep Es Dawet, Minuman Tradisional Indonesia yang Legit & Segar

BERIKUTNYA

IIBF 2023 Siap Gelar Pameran Buku Bertabur Penulis Korea Selatan, Cek Jadwalnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: