EXO D.O. (Sumber foto: SM Entertainment)

D.O. EXO Tinggalkan SM Entertainment, Dirikan Agensi Independen Company SooSoo

18 October 2023   |   19:29 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Anggota boy group EXO, Do Kyungsoo atau yang bernama panggung D.O., dikabarkan tidak akan memperpanjang kontrak dengan agensi SM Entertaiment dan berencana untuk mendirikan agensi independen. Kabar yang pertama disampaikan JTBC ini juga telah dikonfirmasi oleh SM Entertainment.

Pihak agensi mengungkapkan bahwa kontrak eksklusif D.O. dengan SM Entertainment akan berakhir pada November 2023. Dia akan melanjutkan aktivitas EXO bersama SM, tapi aktivitas pribadi sebagai aktor akan dikelola perusahaan baru.

Baca juga: D.O. EXO Umumkan Comeback Solo 18 September dengan Mini Album Expectation

“Setelah diskusi menyeluruh dengan D.O., telah diputuskan bahwa ia tetap melanjutkan aktivitas EXO dengan SM, tapi akan melanjutkan aktivitas akting dan individu melalui agensi baru yang didirikan olehnya dan mantan manajer SM,” tulis pernyataan SM Entertainment, seperti dikutip melalui Soompi, Rabu (18/10/2023).

Yang menarik dari pemberitahuan ini tak lain adalah fakta bahwa D.O. akan mendirikan agensi independen bersama dengan orang kepercayaan yang telah bersama-sama membangun kariernya dari seorang idola menjadi aktor berbakat sejak 2012.

Sosok ini, yang belakangan diketahui bernama Nam Kyungsoo, juga merupakan salah satu mantan direksi di SM Entertainment yang memiliki hubungan dekat dengan D.O. setelah beberapa kali namanya disebut sebagai orang berpengaruh dalam kariernya.

Dilansir melalui Naver, agensi yang didirikan oleh CEO Nam Kyungsoo dan D.O. akan diberi nama Company SooSoo. Terbentuknya agensi ini juga disebut sebagai loyalitas tinggi antara Nam Kyungsoo dengan D.O. yang selama ini diketahui telah banyak memberikan arahan terkait kariernya yang terus berkembang.

D.O. memulai kariernya sebagai anggota EXO pada 2012 dan mulai mengembangkan potensinya di dunia akting pada 2014 lewat debut drama It’s Okay, That’s Love. Sejak saat itu, kariernya sebagai aktor terus menanjak setelah membintangi film blockbuster seperti Along with the Gods dan Swing Kids. Belum lama ini, D.O. juga membintangi film The Moon di mana dia berperan sebagai karakter utama, astronot Hwang Sun-woo. 
 

EXO. (Sumber foto: Apple Music)

EXO. (Sumber foto: Apple Music)

Kabar ini tersiar hanya sehari setelah SM Entertainment membantah kabar Chanyeol dan Sehun, yang juga merupakan anggota EXO, hengkang dari agensi. Pada Selasa (17/10/2023), SBS Entertainment News melaporkan bocoran dari orang dalam industri hiburan Korea Selatan bahwa Chanyeol dan Sehun telah menandatangani kontrak eksklusif dengan agensi baru yang didirikan oleh Jung Hoon-tak, mantan CEO iHQ dan penasihat Asosiasi Manajemen Hiburan Korea.

Laporan tersebut lebih lanjut menyatakan bahwa kedua anggota EXO itu telah mencapai kesepakatan dengan SM Entertainment untuk melanjutkan aktivitas pribadi dengan perusahaan baru sambil mempertahankan aktivitas grup EXO di bawah SM.

Menanggapi laporan tersebut, SM Entertainment telah mengeluarkan pernyataan yang membantah rumor terkait yang menyebutkan bahwa Chanyeol dan Sehun tidak pindah ke agensi baru. Di samping itu, kontrak eksklusif keduanya, yang diperpanjang akhir tahun lalu, masih tetap berlaku dan seluruh kegiatan EXO masih berjalan di bawah SM Entertainment.

Sebelumnya, anggota EXO yang lain yakni Chen, Baekhyun, Xiumin, sempat menggugat SM Entertainment terkait kontrak eksklusif serta transparansi honor yang berujung pada drama sengketa yang cukup menggemparkan industri K-Pop.

Juni lalu, tiga anggota yang tergabung dalam sub-unit EXO-CBX itu merekrut Lin Law Firm untuk mengajukan sengketa kontrak eksklusif terkait transparansi honor dan masa berlaku kontrak yang terlalu panjang. 

SM Entertainment memberikan pernyataan kepada media Korea Selatan yang membantah masalah kontrak apa pun dan mengklaim ada agensi baru sedang mengajak ketiga idola tersebut untuk menandatangani kontrak sekunder. 

“Kami telah mencapai negosiasi dan akan diberlakukan modifikasi terhadap kontrak kerja artis untuk memperkuat hubungan kami,” tulis pernyataan tersebut.

Agensi yang termasuk dalam 4 Perusahaan K-Pop Teratas di Korea Selatan itu juga menambahkan bahwa telah terjadi kesalahpahaman mengenai keterlibatan pihak ketiga menyoal kontrak sekunder. SM Entertainment turut menyampaikan permintaan maaf ke EXO-L, basis penggemar EXO, atas segala kekhawatiran yang disebabkan oleh perselisihan itu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Kiper Kurnia Meiga Hadir di Game Total Football, Cek Keunikan Karakternya

BERIKUTNYA

Profil Adania Shibli Penulis asal Palestina yang Batal dapat Penghargaan Frankfurt Book Fair

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: