Rumah Turki di Jakarta Escape (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Kabur Sejenak dari Hiruk Pikuk Metropolitan ke Jakarta Escape, Cek Ragam Atraksinya

17 October 2023   |   16:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Taman hiburan terbuka makin ramai memenuhi sudut kota metropolitan. Dengan lahan seadanya, taman hiburan menjadi destinasi untuk ‘kabur’ sejenak dari riuhnya kemacetan dan gedung-gedung tinggi. Tidak hanya Jakarta, kini Bekasi juga makin padat oleh penduduk. Meski demikian, kota satelit ini ternyata punya sudut kota yang sejuk. 

Kota Patriot ini tetap memiliki taman-taman terbuka yang teduh dikelilingi pohon. Salah satu taman kota yang sedang populer di Bekasi adalah Jakarta Escape Citypark. Seperti namanya, taman ini menjadi wisata baru bagi masyarakat yang ingin ‘kabur’ sejenak dari riuhnya kota Jakarta.

Baca juga: Rekomendasi Kafe 24 Jam di Jakarta, Cocok Buat Nongkrong Sambil Bergadang
 
Bertempat di Pondok Melati, Kota Bekasi, Jakarta Escape Citypark merupakan destinasi satu atap yang dikelola oleh Rumah Perubahan. Tempat ini menghadirkan kerindangan berbagai jenis pohon sebagai daya tarik utamanya.

Bahkan, beberapa tumbuhan dari daerah tertentu pun tumbuh besar di kawasan ini. Misalnya, Bunga Merah Putih yang berasal dari Pulau Buru, Maluku. Tanaman ini cukup unik karena menampilkan kelopak bunga berwarna putih saat pagi, kemudian warnanya akan berubah menjadi merah menjelang siang dan sore.
 
Selain itu, jenis pohon seperti putat, mahoni, hingga buni juga berjajar rapi menyambut pengunjung yang datang ke Jakarta Escape. Taman terbuka ini juga bisa menjadi wisata yang pas didatangi bersama keluarga.

Sebab, aneka flora di taman ini juga diperkenalkan melalui deskripsi di bagian depan pohonnya. Sehingga, anak-anak juga bisa mempelajari variasi pohon sembari bermain. Jakarta Escape Citypark juga memiliki Rumah Tempe yang bisa menjadi wadah belajar anak tentang cara pembuatan tempe.
 

Rumah Victoria di Jakarta Escape (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Rumah Victoria di Jakarta Escape (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Saat memasuki lokasi ini, pengunjung akan lebih dahulu disambut oleh gerbang dengan ornamen kayu ukiran yang khas. Kemudian, pengunjung akan melihat beberapa venue serbaguna yang mengisi area depan hingga belakang Jakarta Escape. Venue ini juga bisa dimanfaatkan sebagai spot foto yang menarik.

Beberapa spot foto menarik  juga dapat dinikmati pengunjung sejak awal masuk. Di sisi kanan gerbang, terdapat kolam dengan bunga teratai berwarna pink yang bermekaran. Terdapat pula Rumah Turki, Selasar Belangi, dan lainnya. Biasanya, pengunjung memanfaatkan spot ini untuk berfoto saat waktu matahari tenggelam.

Sebab, cahaya matahari akan jatuh tepat di dekat pintu ukiran yang menambah kesan foto makin estetik. Spot foto yang tak kalah ramai adalah hutan bambu, di mana pengunjung dapat menikmati sensasi semilir angin di antara bambu kuning yang berdiri.

Beberapa jenis hewan juga dihadirkan sebagai daya tarik unik di Jakarta Escape. Misalnya, kuda poni yang dapat ditunggangi, rusa-rusa yang dapat diberi makan, hingga taman burung yang hadir di area tengah.

Namun, salah satu hewan yang menjadi daya pikat saat berkunjung ke Jakarta Escape Citypark adalah kerbau saleko. Saleko merupakan jenis kerbau dari Toraja yang dikenal dengan corak badan putih bertotol hitam. Uniknya, kerbau saleko di kawasan ini tinggal di sebuah kandang yang dibuat menyerupai rumah adat Toraja yakni Tongkonan.
 

Jakarta Escape (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Jakarta Escape (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Dengan lahan seluas 7 hektar, Jakarta Escape Citypark memiliki ragam atraksi dan venue hingga bagian belakang. Terdapat area kolam luas dengan bean bag berwarna yang dijajakan di sekitar kolam untuk bersantai sambil menikmati waktu dengan keluarga.

Terdapat juga area kolam renang yang dapat menjadi wahana bermain bagi anak. Bagi yang ingin menikmati waktu lebih panjang di Jakarta Escape Citypark, tempat ini juga menyediakan penginapan di tengah kesejukan hutan dengan merogoh kocek mulai dari Rp300.000.

Area Sunday Market menjadi tempat terfavorit yang didatangi oleh pengunjung. Di dalamnya, terdapat  rumput hijau luas dengan berbagai atraksi unik. Orang tua bisa mengajak anaknya bermain mini golf,  bersantai di kursi taman, hingga melihat keindahan venue Rumah Victoria. 

Setelah puas berkeliling, beberapa kedai makanan siap menyambut pengunjung yang kelaparan. Beberapa makanan yang bisa dinikmati antara lain nasi lodeh, mie ayam, dan ragam hidangan gurih lainnya. Tersedia juga restoran dengan ragam menu nusantara di Pengilon Resto dan Breezy Café.
 
Jakarta Escape Citypark cocok bagi pengunjung yang ingin melepas sejenak dari Jakarta. Buka setiap hari mulai pukul 06.00 - 18.00 WIB, pengunjung bisa menikmati area umum di Jakarta Escape Citypark secara gratis. Namun pengunjung perlu menyiapkan dana tambahan apabila membawa kendaraan.

Selain itu, pengunjung akan dikenakan biaya untuk masuk ke area khusus hutan bambu dengan merogoh kocek Rp30.000. Sementara bagi yang ingin mengajak anak berenang akan dikenakan biaya Rp50.000 per orang. Anak yang ingin memberi makan rusa juga dapat membeli pakan seharga Rp10.000 saja.

Pengunjung yang ingin mendapat momen estetik ala piknik juga bisa menyewa alat-alat piknik di Jakarta Escape Citypark seharga Rp100.000 untuk alat seperti tikar, keranjang ala piknik, dan taplak. Karena memiliki area yang cukup luas, pengunjung tak perlu khawatir lelah untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Sebab, Jakarta Escape Citypark menyediakan aneka transportasi seperti shuttle bus yang dapat dinaiki dengan harga Rp10.000, atau menyewa sepeda listrik & ATV untuk mengeksplorasi sendiri area wisata ini.
 
Untuk menuju Jakarta Escape, pengunjung dapat menempuh waktu kurang lebih 45-60 menit dari pusat kota Jakarta dengan jarak sekitar 30 km. Bagi yang datang dari arah Jakarta, pengemudi dapat keluar di Tol Luar TMII - Cikunir kemudian ikuti jalan di sepanjang Jalan Raya Hankam untuk sampai di Jakarta Escape Citypark.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tayang di Busan International Film Festival, Cek Fakta Menarik Film Ballerina Besutan Sutradara Lee Chung-hyun 

BERIKUTNYA

Kala Santapan Khas Rempah Nusantara Bertemu dengan Menu Modern di Antarasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: