Ilustrasi kuliner di Jakarta. (Dok. Anthoni Askaria dari Unsplash)

4 Rekomendasi Menu Kuliner di Jakarta ala Santhi Serad

31 August 2021   |   17:46 WIB

Wisata kuliner adalah wisata yang tak ada ujungnya. Pasalnya, kuliner di berbagai tempat memiliki begitu banyak variasi, baik secara rasa, tekstur, bentuk, hingga jenisnya. Di Jakarta berbagai jenis kuliner dari berbagai latar belakang budaya ini berkumpul, dan tentunya patut dicoba.

Santhi Serad, pakar kuliner sekaligus Ketua Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI), memberikan beberapa rekomendasi menu makanan dan tempat makan yang wajib dicicip di Jakarta. Beberapa di antaranya diperkenalkan kepada teman-teman Genhype di webinar Jakreatifest. Cek yuk!

1. Laksa Bogor & Mie Belitung
 
Berlokasi di Kedai Lao Hoe, Gang Kalimati, dua masakan khas Belitung ini memiliki laksa dan mie Belitung yang menjadi andalan dari restoran dengan desain restoran yang jadul. Laksa yang disajikan adalah laksa Bogor yang segar dan gurih, sementara mienya memiliki rasa manis dan gurih dari kombinasi gula merah serta bumbu seperti jahe dan emping.

2. Nasi Ulam
 
Nasi Ulam Misjaya yang terletak di depan Kelenteng Toasebio di kawasan Glodok menjual nasi ulam yang terdiri dari nasi dengan berbagai lauk seperti kacang goreng, semur, telur dadar, bihun goreng, semur, hingga kerupuk. Gerai nasi ulam ini buka pada sore hingga malam hari.

3. Cempedak goreng
 
Gerai yang menjual cempedak goreng yang khas di Glodok, Jakarta Barat, adalah Cempedak Goreng Cik Lina yang sering mengantri di akhir pekan. Menariknya, cempedak yang dijual di gerai ini memiliki siraman saus gula merah yang membuatnya semakin manis.

4. Kopi di Kopi Es Tak Kie
 
Gerai kopi yang sudah ada sejak tahun 1927 ini merupakan gerai kopi yang wajib dikunjungi oleh Genhype. Berawal dari gerai kaki lima, Kopi Es Tak Kie kini memiliki restoran sendiri yang buka dari pagi hari sampai siang hari ketika minumannya sudah habis.

Meski menu andalan dari Kopi Es Tak Kie adalah produk kopinya seperti kopi susu, Genhype juga bisa mencoba-coba makanan seperti mie ayam di sini.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Deretan Pengajar Program Indonesia Menuju Broadway 2021

BERIKUTNYA

Akuisisi Primephonic, Apple Hadirkan Aplikasi Musik Klasik Tahun Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: