Jungkook BTS dengan rapper Jack Harlow. (Sumber gambar: BIGHIT Music/Twitter)

Jungkook BTS Siap Rilis Debut Album Solo Golden, Gandeng Jack Harlow hingga Shawn Mendes

16 October 2023   |   11:15 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jungkook BTS terus melanjutkan aktivitas karier solonya. Penyanyi bernama asli Jeon Jeong-guk itu akan segera merilis album solo perdananya bertajuk Golden pada 3 November 2023. Tak hanya menampilkan kualitas vokal terbaiknya, dalam album itu Jungkook juga memberikan kejutan kolaborasi dengan sederet musisi dan produser.

Dalam menggarap album Golden, Jungkook menggandeng beberapa nama musisi kenamaan dunia seperti Shawn Mendes, Ed Sheeran, Latto, Jack Harlow, DJ Snake, dan Major Lazer. 

Baca juga: Jungkook BTS Gelar Konser Solo Pertama Bertajuk Golden Live On Stage November 2023

BIG HIT Music selaku agensi dari BTS baru saja mengumumkan tracklist atau daftar lagu yang akan hadir di album Golden melalui akun Twitter resminya. Album tersebut akan terdiri dari 11 lagu berbahasa Inggris yakni 3D, Closer to You, Seven (Explicit Ver), Standing Next to You, Yes or No, Please Don't Change, Hate You, Somebody, Too Sad to Dance, Shot Glass of Tears, dan Seven (Clean Ver).

Adapun, Standing Next to You didapuk sebagai title track dari album tersebut. Lagu ini digarap oleh produser asal AS, Andrew Watt, yang sebelumnya juga memproduseri album untuk sejumlah musisi dunia seperti Justin Bieber dan Milley Cyrus. Tahun ini, Watt juga dipercaya untuk memproduseri album mendatang The Rolling Stones, Hackney Diamonds.

Selain Standing Next to You, Watt juga memproduksi lagu lain dalam album Golden milik Jungkook yakni Seven yang dibawakan berduet dengan rapper asal AS, Latto.
 


Nama produser asal Inggris Andrew Stewart juga tampak dalam penggarapan album Golden. Dalam album itu, Stewart dipercaya untuk memproduseri tiga lagu yakni 3D dimana Jungkook berduet dengan rapper Jack Harlow, Too Sad to Dance, serta Shot Glass of Tears.

Sebelumnya, Stewart juga pernah terlibat dalam penggarapan lagu Dynamite milik BTS yang dirilis pada 2020. Lagu itu merupakan salah satu nomor dari album kelima BTS yakni Be. Tak hanya BTS, Stewart pun telah memproduseri lagu-lagu dari sejumlah musisi kenamaan lain seperti Alan Walker, Jonas Brothers, Shania Twain, termasuk Monsta X.

Menariknya, nama Shawn Mendes juga terlibat dalam penggarapan album Golden. Musisi asal Kanada itu berkontribusi dalam memproduksi single Hate You bersama beberapa produser lain seperti Henry Walter, Peter Rycoft, Scott Harris, dan Cirkut.

Bahkan, berkat keterlibatannya itu, Shawn Mendes menjadi topik perbincangan di media sosial oleh para penggemar BTS maupun Mendes. Sampai artikel ini ditulis, nama Shawn Mendes bertengger di jajaran trending topic Twitter.

Maklum saja, pasalnya ini merupakan kolaborasi perdana Jungkook dan Shawn Mendes, sehingga penggemar tak sabar menantikan hasil karya mereka. Terlebih, keduanya memang sama-sama memiliki basis penggemar yang terbilang besar di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Lagu lain yang juga menarik perhatian dari album Golden ialah Please Don't Change. Dalam lagu itu, Jungkook menggandeng DJ Snake untuk berduet sekaligus memproduserinya. Untuk menggarap lagu tersebut, DJ Snake juga berkolaborasi dengan nama-nama lain seperti Banx & Ranx, William Grigahcine, Adio Marchant, Yannick Rastogi, dan Zacharie Raymond.
 


Kabar tentang perilisan album Golden sendiri pertama kali diumumkan oleh Jungkook pada Juli 2023. Kala itu, penyanyi kelahiran Busan itu mengatakan bahwa dia sedang mengerjakan proyek karya baru, meskipun tidak bisa menjelaskannya secara detail.

Pada bulan yang sama, akhirnya Jungkook merilis lagu pembuka album perdananya bertajuk Seven yang berkolaborasi dengan rapper Latto. Lagu itu tak lama langsung menduduki puncak Billboard Hot 100 AS dan mencapai di 10 besar dalam tangga lagu di banyak negara.

Dua bulan berselang, Jungkook kembali merilis single yang menjadi bagian dari albumnya yakni berjudul 3D. Lagu yang dirilis pada 29 September 2023 itu menampilkan rapper Jack Harlow.

Pada 3 Oktober 2023, akhirnya BIGHIT Music mengumumkan bahwa Jungkook akan meluncurkan debut album solonya berjudul Golden yang berisikan 11 lagu. Seperti namanya, album tersebut ingin menampilkan momen emas seorang Jungkook sebagai artis solo.

Penamaan itu juga berkaitan dengan Golden Maknae yang berarti anggota termuda BTS serba bisa. Seperi diketahui, Jungkook memang merupakan member termuda di antara lainnya di grup Bangtan Boys. Album Golden juga disebut-sebut akan menampilkan warna vokal unik dari Jungkook yang akan memikat para pendengar setianya di seluruh dunia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar Pemenang Madani International Film Festival 2023

BERIKUTNYA

4 Kiat Sehat & Nyaman Hadapi Fase Menopause

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: