JKT48 merilis Sayonara Crawl pada Rabu, 11 Oktober 2023 malam (Sumber gambar: Tangkapan layar akun Youtube JKT48)

Sayonara Crawl JKT48 Menjadi Trending 5 Youtube

12 October 2023   |   16:54 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Single Sayonara Crawl dari JKT48 yang rilis pada Rabu, 11 Oktober 2023 malam berhasil menjadi trending nomor 5 di kategori musik sampai dengan Kamis, 12 Oktober 2023 pukul 13.55 WIB. Lagu yang juga sebagai graduation song untuk anggota Shani Indira Natio itu telah memperoleh lebih dari 400.000 penayangan. 

Dikutip dari akun YouTube JKT48, video lagu tersebut tercatat telah ditonton oleh 415.155 pengguna sejak diluncurkan pada Rabu, 11 Oktober 2023 malam. Sementara itu, pengguna yang menekan tombol suka telah mencapai 70.000.

Baca juga: Sedih! Shani Umumkan Lulus dari JKT48, Intip Makna di Balik Istilah Graduation?

Sayonara Crawl tercatat mendapatkan respons positif dari para penontonnya di platform digital video streaming tersebut. Mereka mengungkapkan kesukaannya terhadap lagu, lirik, dan konsep yang terdapat dalam unggahan itu.

Para penonton video musik itu juga memberikan perhatiannya terhadap salah satu anggotanya, yakni Shani. Salah satu pengguna Youtube berkomentar sangat menyukai video musik dan lagu single JKT48 tersebut.

Dia menuliskan rasa bangganya terhadap girl group itu dan akan terus mendukungnya sampai kapan pun. Sementara itu, pengguna lainnya menilai bahwa video musik yang diunggah sekitar 20 jam lalu itu sempurna.

Video musik Sayonara Crawl menampilkan performance anggota JKT48, yakni Angelina Christy, Azizi Asadel, Feni Fitriyani, Fiony Alveria, Gita Sekar Andarini, Helisma Putri, Indah Cahaya, Kathrina Irene, Marsha Lenathea, Mutiara Azzahra, Shania Gracia, dan Shani Indira Natio.

Untuk diketahui, lagu Sayonara Crawl yang dibawakan oleh JKT48 memiliki kesamaan dengan Sayonara Crawl yang dibawakan oleh AKB48 dalam segala hal, baik musik, lirik, maupun konsep penampilan.

Keduanya sama-sama menggunakan konsep penampilan dengan unsur laut. Dalam video musiknya, JKT48 tampil di atas kapal yacht dengan pemandangan laut dan langit biru. Sementara AKB48 memiliki konsep laut para anggotanya yang bermain air dengan balon berwarna-warni dan bunga.

Perbedaan keduanya jelas hanya dari penggunaan bahasa. Jika AKB48 menggunakan bahasa Jepang, JKT48 menggunakan Bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, lirik Sayonara Crawl dari JKT48 juga merupakan terjemahan dari Sayonara Crawl yang dibawakan oleh AKB48.

Lagu Sayonara Crawl sebenarnya bukan lagu baru. Karya tersebut sudah dibawakan oleh AKB48 sejak beberapa tahun silam. Salah satu video musik lagu itu yang ada di platform Youtube 10 tahun silam mencatatkan telah ditonton 18 juta kali.

AKB48 adalah grup idola yang memulai debut pada Desember 2005. Mereka memiliki teater sendiri Akihabara, Tokyo. Para penyanyi yang tergabung di dalamnya merupakan hasil proses audisi dan berasal dari seluruh penjuru negeri.

Grup itu juga terdiri dari beberapa tim, yakni tim A, K, B, dan trainee. Selain terkenal di dalam negeri Jepang, AKB48 juga menjadi grup yang dikenal di sejumlah negara seperti Prancis, Amerika Serikat, Singapura, Indonesia, China, Rusia, dan sebagainya.

Di Jepang, lagu-lagu yang rilis selalu mendapatkan respons yang positif dari para penggemarnya, sehingga kerap meraih penjualan sampai jutaan kopi. Mereka juga kerap mengisi acara-acara televisi.

Sementara itu, JKT48 adalah girl group asal Indonesia yang pembuatannya bertujuan untuk menjadi seperti AKB48, yakni menjadi idola yang dekat dengan para penggemarnya dan juga menjalin hubungan yang erat dengan mereka.

Baca juga: 5 Gaya Outer Anti Gagal Shani JKT48, dari Girly hingga Kasual



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menanam Sayuran dengan Teknik Hidroponik

BERIKUTNYA

Masa CBT Gim Black Moon Dibuka, Begini Cara Download & Kode Redeem Item Gratis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: