Ilustrasi platform X (Sumber gambar: Rubaitul Azad/Unsplash)

Elon Musk Pamerkan Fitur Streaming Game di Platform X, Sinyal Ikuti YouTube?

11 October 2023   |   12:45 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Bos platform X yang sebelumnya bernama Twitter, Elon Musk menampilkan unggahan menarik di akun X miliknya pada Sabtu (7/10/2023). Dalam unggahan tersebut, Musk membagikan fitur streaming game terbarunya dalam durasi 47 menit 48 detik.

Video tersebut merupakan unggahan otomatis setelah Musk melakukan streaming di akunnya yang ditonton hingga 9,3 juta orang. Musk menuliskan ‘testing’ dan ‘stream test 3’ dalam videonya tersebut. Fitur siaran yang diunggah Musk masuk dalam kategori Broadcast, di mana penonton dapat menyaksikan streaming dan berinteraksi. Selama sesi streaming, Musk tampak asyik bermain game Diablo IV.

Baca jugaFakta Menarik Starlink, Layanan Internet Milik Elon Musk yang Akan Hadir di Indonesia

Dalam kesempatan tersebut, Musk juga menceritakan bahwa dirinya bersama tim X sedang mengeksplorasi dan menguji coba fitur live streaming untuk game.
Saat ini, siapa pun yang menonton streaming dapat memberikan komentar. Ke depannya, Musk menjelaskan fitur komentar saat streaming dapat dibatasi hanya untuk pelanggan, sehingga streamer memiliki opsi untuk menentukan penontonnya. “Fitur ini masih dalam tahap beta. Jadi ini bisa menjadi cara baru untuk mengembangkan pelanggan,” jelas Musk dikutip dari akun X @elonmusk.
Salah seorang teknisi X, Mark Kalman membagikan langkah streaming untuk pengguna X. Namun dalam video tersebut, Kalman menjelaskan bahwa saat ini hanya pelanggan X Premium saja yang dapat mengaksesnya. Pengguna X versi Premium dapat  melakukan streaming game langsung dari akun yang telah terhubung dengan Open Broadcaster Software (OBS) lewat Studio X mirip dengan platform studio kreator seperti yang dimiliki YouTube.

Dengan Studio X ini, pengguna bisa mengakses daftar streaming, game, melakukan penjadwalan konten, hingga mengatur tampilan stream. Kehadiran fitur streaming game menjadi sasaran baru X dalam menarik segmentasi streamer yang meramaikan platform aplikasi siaran populer seperti YouTube hingga Twitch.

Hal ini juga sejalan dengan konsentrasi besar X terhadap dunia kreator yang kini menjadi fokus platform tersebut untuk menjaring pengguna berbasis komunitas.


Ambisi One Stop-Platform

Fitur streaming game membuktikan ambisi X dalam mengembangkan platform media sosialnya. Sejak rebranding besar yang dilakukan Musk terhadap X, petinggi Tesla itu punya angan besar untuk membentuk X menjadi platform serba bisa.

Dengan mengunjungi X, Musk ingin penggunanya mendapatkan pengalaman one-stop platform, di mana pengguna bisa berinteraksi, bermain, mengembangkan komunitas, mencari pekerjaan, hingga berbelanja.

Selain streaming game, kabar kencang tentang uji coba fitur live shopping juga tengah menyasar X. Fitur live shopping juga merupakan perpanjangan fitur yang melengkapi ambisi X membentuk platform mirip e-commerce. Saat ini, X disebut tengah melakukan eksperimen fitur live shopping bersama artis ternama dunia, Paris Hilton.

Baca juga: Intip Ambisi Elon Musk Ubah Twitter Jadi Platform Super, dari Fitur Hiburan hingga Pembayaran

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik The Fact Music Award 2023 di Korea Selatan, Seventeen Raih Piala Daesang

BERIKUTNYA

Menelisik Kemegahan Sphere Las Vegas, Dome Imersif Terbesar di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: