Seventeen (Sumber Foto: Pledis Entertainment)

5 Fakta Menarik The Fact Music Award 2023 di Korea Selatan, Seventeen Raih Piala Daesang

11 October 2023   |   06:32 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ajang penghargaan musik bergensi The Fact Music Awards (TMA) 2023 digelar pada Selasa, 10 Oktober 2023, pukul 18.30 KST (16.30 WIB) dan dimulai dengan red carpet pada 16.30 KST (14.30 WIB) di Namdong Gymnasium, Incheon, Korea Selatan.

TMA 2023 merupakan acara yang diselenggarakan oleh The Fact dan FAN N STAR. Pertama kali ajang ini digelar pada 2019 lalu dan terus berlangsung sampai sekarang, seiring dengan perkembangan industri musik Korea Selatan yang makin berjaya di kancah Internasional. 

Baca juga: Carat Siap-Siap, Mini Album SEVENTEENTH HEAVEN Meluncur 23 Oktober 2023

Perhelatan TMA 2023 selalu dinanti-nanti karena mampu menghadirkan aksi panggung yang megah dan dihadiri oleh artis-artis KPop papan atas. Acara tahun ini kembali dipandu oleh Jun Hyun Moo dan Seohyun SNSD yang sudah empat kali dipercaya sebagai host The Fact Music Awards. Nah Genhype, yuk simak fakta menarik TMA 2023
 

1. Seventeen Membuka Panggung The Fact Music Award

Panggung TMA 2023 dibuka oleh penampilan boy group SEVENTEEN yang membawakan lagu Ready to love dan Rock with you dengan koreografi yang enerjik dan harmonisasi vokal yang merdu. Grup beranggotakan 13 member tersebut juga menutup acara dengan lagu HOME;RUN.

Sayangnya kali ini SEVENTEEN hanya hadir dengan 12 member saja, yakni Jeonghan, Joshua, Hoshi, Woozi, Jun, Wonwoo, Mingyu, DK, The8, Vernon, Seungkwan, dan Dino. Sementara S.Coups masih hiatus sebab harus menjalani operasi karena cedera yang dialaminya saat persiapan tur SEVENTEEN yang bertajuk Follow.


2. Line Up Performer dan Presenter Papan Atas

Selain SEVENTEEN, ada banyak grup Kpop ternama yang tampil memeriahkan acara TMA 2023. Line up performer TMA 2023 ada ATEEZ, Treasure, ITZY, NMIXX, Zerobaseone, Xikers, BoyNextDoor, Kwon Eun Bi, Jannabi, IVE, NewJeans, Aespa, Seventeen, Stray Kids, Young Woong Lim, Lee Chanwon, RIIZE.

Selain performer, ajang penghargaan ini juga memiliki line up presenter yang merupakan artis dan aktor kenamaan asal negeri ginseng tersebut. Di antaranya ada Kim Nam Gil, Park Hae Jin, Lim Ji Yeon, Kim So Hyun, Park Shin Hye, Park Hyung Sik, Kim Nam Hee, dan Kim Gun Woo.


3. Penampilan Memukau Para Performer

Para performer tampil memukau di panggung megah TMA 2023, di antaranya ada Stray Kids yang menampilkan aksi panggung menakjubkan lewat lagu Thunderous dan WOLFGANG, dilanjutkan dengan lagu Back Door dengan voal, rap, dan koreografi yang kuat.

Tak ketinggalan ada aespa yang tampil dengan lagu andalannya, yakni Next Level dan Savage. Girl group besutan SM Entertainment ini menampilkan konsep futuristik dengan berinteraksi dengan avatar mereka di layar raksasa. Selain aespa ada IVE yang menarik perhatian dengan penampilan debutnya di panggung TMA 2023 dengan agu Eleven dan Splash

Kemudian ada NewJeans yang memeriahkan panggung TMA 2023 dengan menampilkan lagu-lagu dari mini album kedua mereka Get Up, yakni ETA dan Super Shy dengan versi yang berbeda. ETA dibawakan dengan versi band dan Super Shy memiliki sesi breakdance dari Hanni, Danielle, Hyein, Haerin, dan Minji dengan para dance crew mereka.


4. Pemenang Piala Daesang dan Bonsang

Pada acara TMA 2023 penghargaan tertinggi  atau Grand Prize (Daesang) jatuh pada SEVENTEEN. Para member mengucapkan terimakasih pada Carats di seluruh dunia yang telah mendukung mereka. Tak ketinggalan ucapan manis untuk sang leader S.Coups yang sedang dalam masa hiatus.

Selain Daesang ada juga piala Artist Of The Year (Bonsang) yang dimenangkan oleh NewJeans, aespa, ATEEZ, ITZY, IVE, Lim Young-woong, NewJeans, NMIXX, SEVENTEEN, Stray Kids, dan TREASURE.


5. Daftar Pemenang The Fact Music Awards 2023

TMA 2023 menghadirkan sejumlah kategori penghargaan mulai dari Daesang (Grand Prize), Artist of the Year (Bonsang), Best Musi, hingga Fan N Star Choice Award. Berikut adalah daftar lengkap pemenang The Fact Music Awards 2023

Daesang (Grand Prize): SEVENTEEN

Artist of the Year (Bonsang): aespa, ATEEZ, ITZY, IVE, Lim Young-woong, NewJeans, NMIXX, SEVENTEEN, Stray Kids, dan TREASURE.

Worldwide Icon: aespa
Best Performer: IVE
Four Star Award: Stray Kids
Listeners’ Choice: NewJeans
Next Leader: RIIZE, ZEROBASEONE
Best Music (Spring): Lee Chan-won
Best Music (Summer): BTS
Best Music (Fall): V BTS
Best Music (Winter): Lim Young-woong
Idol Plus Popularity Award: BTS’s Jimin
Solo Performer of the Year: Kwon Eun Bi
Band Performer of the Year: Jannabi
Fan N Star Most Voted: BTS, Lim Young-woong
Fan N Star Choice Award (Group): BTS
Fan N Star Choice Award (Solo): Lim Young-woong
Hottest: BOYNEXTDOOR, xikers
Fan N Star Best Ads Award: Lim Young-woong


Baca juga: Wow, FML Terjual 6,2 Juta Kopi, SEVENTEEN Jadi Pemegang Rekor Album Terlaris Sepanjang Masa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film, Menggugah Hati dan Penuh Emosi

BERIKUTNYA

Elon Musk Pamerkan Fitur Streaming Game di Platform X, Sinyal Ikuti YouTube?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: