Direktur Kreatif Alexander McQueen Sean McGirr. (Sumber foto: Kering/Robin Galiegue)

Gantikan Sarah Burton, Alexander McQueen Gandeng Sean McGirr Sebagai Direktur Kreatif

06 October 2023   |   20:52 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sean McGirr menjadi perbincangan dalam beberapa hari terakhir setelah Kering dan Alexander McQueen mengumumkan namanya sebagai direktur eksekutif. Bergabungnya perancang muda ini diharapkan membawa warna segar untuk rumah mode asal Inggris itu.

Dikutip dari laman Kering, sebelum bergabung dengan Alexander McQueen, McGirr adalah Head of Ready-to-Wear di JW Anderson. Dia bergabung dengan jenama tersebut pada 2020 untuk menjadi nahkoda koleksi pria dan pada akhirnya juga bertanggung jawab terhadap koleksi pakaian wanita.

Baca juga: Era Baru Gucci di Tangan Sabato De Sarno

McGirr juga pernah menjadi perancang busana wanita untuk brand Dries Van Noten di Belgia. Sementara itu, pada 2014-2018, dia adalah bagian dari kantor kreatif Uniqlo di Tokyo dan Paris yang bertanggung jawab untuk koleksi pakaian pria. Pada saat itu, McGirr mendapatkan panduan dari perancang asal Prancis, Chritope Lemaire.

Sean McGirr memulai kariernya di industri mode dengan sebagai asisten di Burberry dan Vogue Hommes Japan. Pria kelahiran Dublin itu adalah lulusan dari Central Saint Martins di London, Inggris. Di institusi itu dia memperoleh gelar Master of Arts di bidang fesyen pada 2014.

Dengan berbagai pengalaman yang dimiliki oleh McGirr, CEO Alexander McQueen Gianfilippo Testa mengaku memiliki ekspektasi tinggi. Harapannya, McGirr akan membawa “bahasa” kreatif yang kuat ke dalam koleksi Alexander McQueen sambil membangun warisan uniknya dengan pengalaman, kepribadian, dan energi kreatif.
 

Antusiasme kehadiran McGirr juga diungkapkan oleh François-Henri Pinault yang merupakan Chairman dan CEO Kering. Dia meyakini McGirr dapat melanjutkan perjalanan Alexander McQueen dengan kreativitas yang baru.

“Kami berharap dapat membuka babak baru dalam sejarah merek unik ini," katanya.

Di sisi lain, mantan direktur kreatif Sarah Burton baru saja merilis farewell collection-nya yang diberi nama Anatomy II pada momen Paris Fashion Week. Di akhir pertunjukan, setelah Naomi Campbell berjalan dengan gaun manik-manik perak dengan penutup dada berbentuk hati dan rok yang berjumbai, dan penonton berdiri dengan tepuk tangan meriah. Sarah Burton keluar untuk memberikan salam terakhirnya.

Dalam koleksi terakhirnya bersama Alexander McQueen, Burton mengadopsi gaya jahitan dan siluet penuh drama yang menjadi ciri khas pendirinya. Sepanjang kariernya sejak 2010 di rumah mode tersebut, Burton telah memberikan karya yang memetakan warisan McQueen tersebut pada industri mode dunia.

Dia bahkan ditunjuk untuk membuat gaun pengantin Kate Middleton, mengangkat nama McQueen tidak hanya sebagai ikon mode kontemporer tapi juga gaya Inggris yang modern.

Sementara itu, Alexander McQueen adalah rumah mode mewah Inggris yang didirikan pada 1992 silam oleh Lee Alexander McQueen dan berada di bawah arahan kreatif dari Sarah Burton sejak 2010 sampai 2023.

Rumah mode ini mewakili kekuatan individual, subsversif, dan keanggunana yang menantang dengan ekspresi kreativitas yang inovatif dan tanpa kompromi. Alexander McQueen juga selalu menyandingkan seperti antara inovasi dan tradisi serta terang dan gelap dalam karya-karya yang dihasilkannya.

Untuk diketahui Kering adalah grup mewah global yang membawahi sejumlah rumah mode terkenal seperti Gucci, Saint Laurent, Bottega Veneta, Balciaga, Alexander McQueen, Brioni, Boucheron, Pomellato, DoDo, dan sebagainya.

Sepanjang 2022, Kering mempekerjakan 47.000 karyawan dengan pendapatan sebesar 20,4 miliar euro. Mereka mempersilahkan para jenama yang ada di bawah naungannya untuk menentukan batasan baru dalam berkreativitas dengan cara yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Mengenal Olahraga Pound Fit yang Sedang Tren, Sehat dan Menyenangkan

BERIKUTNYA

Fakta Unik Binturong, Hewan Peliharaan Irfan Hakim yang Viral

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: