Humaira Muthmainah Arasyi. (Sumber foto: Suselo Jati/Hypeabis.id)

Penyanyi Maira Bagikan Cerita di Balik Proses Produksi Single Debut Tak Semanis Dulu

06 October 2023   |   17:33 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi pendatang baru, Maira siap mewarnai industri musik Indonesia dengan single debutnya yang bertajuk Tak Semanis Dulu. Gadis kelahiran Batam, 11 Januari 2003 tersebut membagikan cerita di balik proses produksi lagunya serta bagaimana awal mula terjun ke dunia tarik suara yang semuanya serba ketidaksengajaan.

"Single debut aku Tak Semanis Dulu, liriknya bercerita tentang hubungan yang sudah enggak semanis di awal, tapi sudah sampai di titik yang sudah jadi toxic dan enggak sehat," katanya pada Hypeabis.id.

Baca juga: Sukses Comeback lewat Single Delapan Huruf, Agatha Chelsea Ingin Main Film Drama Musikal

Meski begitu, pemilik nama asli Humaira Muthmainah Arasyi tersebut menekankan bahwa sebetulnya lagu ini tidak galau dan mellow seperti anggapan banyak orang. Meskipun liriknya banyak menyiratkan kekecewaan, tapi ada juga kata-kata penyemangat untuk move on seperti "aku harus bisa hidup tanpamu."

Tak Semanis Dulu diciptakan oleh Belawan. Sejak awal, Maira sendiri memang sudah langsung jatuh cinta dengan lagu ini karena liriknya yang sangat relate dengan dirinya sendiri dan banyak orang. Selain itu, genre musiknya juga cocok dengan karakter vokalnya.

"Sebetulnya sebelum gabung dengan Sony Music, aku sudah dikirim dua lagu, tapi aku lebih suka yang ini karena liriknya walaupun galau tapi ada attitude untuk stand up for our self dalam menjalani hubungan," katanya.

Setelah memilih lagu untuk single debutnya, proses produksi Tak Semanis Dulu memakan waktu sekitar empat bulan mulai dari mendengarkan demo lagu, rekaman, mixing, mastering, sampai akhirnya siap untuk rilis pada 21 Juli 2023 lalu.

"Sebelum diaransemen, awalnya lagu ini bernuansa sweet pop dan sekarang dibikin groovy jadi bisa lebih asik," kata Maira.

Pada hari yang sama, Maira juga merilis video klip Tak Semanis Dulu. Dia pun membagikan cerita menarik di balik proses syutingnya. Bagi Maira, syuting video klip merupakan pengalaman baru untuknya. Terlebih saat proses pengambilan gambar dia merasa gugup dan kurang percaya diri lantaran harus lipsync dan akting

"Pertama kalinya di depan kamera aku harus akting, karena memang ada bagian aktingnya sedikit supaya lebih memaknai lirik lagunya," katanya.

Karena nervous, dia agak kesulitan untuk melakukan lipsync. Maira berujar, saat itu banyak kru yang berpartisipasi dalam proses pembuatan video klipnya dan itu membuatnya kaget sekaligus takjub. Meski begitu orang-orang di lokais syuting begitu ramah, sehingga suasananya pun bisa sedikit mencair.

"Scene pertama aku bener-bener kaku, pas direkam aku sampe lupa lipsync, awalnya nervous banget karena crew-nya banyak, rasanya kayak semua orang liatin aku," lanjutnya.
 

Maira Tak Semanis Dulu (Sumber Foto: Suselo Jati/Hypeabis.id)

Maira, pelantun single Tak Semanis Dulu. (Sumber Foto: Suselo Jati/Hypeabis.id)


Awal Mula Terjun ke Industri Musik

Awalnya tak pernah sedikitpun terbesit keinginan dari Maira untuk menjadi penyanyi profesional yang bergabung dengan label musik, semuanya bermula dari ketidaksengajaan. Baginya musik dan bernyanyi hanya hobi semata yang disalurkannya lewat cover lagu di media sosial.

"Aku awalnya nyanyi iseng-iseng aja, enggak ada ekspektasi dan eksperience akan punya lagu sendiri, tapi aku memang suka nulis-nulis lirik lagu," katanya.

Bakatnya dalam menyanyi dengan meng-cover lagu di Instagram kemudian menarik perhatian salah satu label musik besar di Indonesia, yakni Sony Music. Terhitung sejak Juni 2023, dia bergabung dengan label dan merilis lagu debutnya sebulan kemudian, yakni Juli 2024.

Sebelum menjadi penyanyi dan bergabung dengan label, Maira adalah mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual yang pernah menjalani magangnya sebagai desain grafis. Meskipun sekarang telah menjadi penyanyi, Maira masih berkeinginan untuk melanjutkan kuliah.


Bocoran Single Kedua

Perjalanannya di Industri musik Indonesia memang baru dimulai, tapi Maira mantap untuk berkarier terlepas dari tantangan apapun yang akan dihadapinya. Pelantun Tak Semanis Dulu tersebut membocorkan bahwa saat ini dia sedang mempersiapkan single kedua.

"Lagu kedua sudah ada draft-nya, tapi memang belum mulai dikerjakan, luntuk iriknya akan mirip-mirip dengan lagu pertama jadi bukan tipe lagu yang galau dan mellow banget," jelasnya.

Adapun terkait perilisannya, Maira belum bisa memberikan detail lebih lanjut, tapi dipastikan akan meluncur dalam waktu dekat ini. Nah Genhype, nantikan karya-karya Maira yang selanjutnya ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

9 Film Paling Cepat Capai Box Office Indonesia per Oktober 2023

BERIKUTNYA

Nonashae Comeback Lewat Single Take A Bit, Hadirkan Tema Dualitas Kehidupan Manusia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: