Kualitas kopi yang dipilih akan menentukan cita rasa pada bisnis Coffie shop ( Sumber gambar: Milo Miloezger/Unsplash)

Mengenal Jenis Kopi Berkualitas: Ada Excelsa hingga Golden Crema

04 October 2023   |   20:47 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Minuman kopi merupakan salah satu sajian yang banyak digandrungi generasi muda saat ini. Banyak milenial dan generasi Z pun mulai mencari peluang bisnis dengan membuka usaha kedai kopi dalam berbagai skala, baik kedai kopi rumahan maupun coffee shop di area komersial.

Namun, sebelum membuka kedai kopi, penting untuk mengetahui berbagai jenis kopi dan kualitasnya. Jenis dan kualitas kopi itu berdampak pada cita rasa kopi dan tentunya penetapan harga jualnya.
 
Beberapa pebisnis coffee shop ternyata menggunakan kopi asli Indonesia yang berkualitas tinggi seperti arabika. Namun untuk memenuhi permintaan konsumen, biasanya para pebisnis akan menggunakan juga kopi luar negeri yang saat ini sudah banyak dibudidayakan petani Indonesia.

Baca juga: Penikmat Kopi Wajib Tahu Perbedaan Cappuccino dan Macchiato

Lantas jenis kopi apa saja yang memiliki cita rasa yang nikmat dan banyak diincar para pencinta kopi?. Kepada Hypebeast.id, Muhammad Fauzan, barista Otten Coffee membeberkan beberapa jenis kopi berkualitas dan cocok digunakan untuk membuka bisnis coffee shop.


1. Kopi Arabika

Jenis kopi yang satu ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi penikmat kopi. Kopi arabika merupakan jenis tanaman yang dapat dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Misalnya Gayo, Flores, Bali, Sumatra, dan lainnya.

Tingkat keasaman dalam kopi yang ditanam di dataran tinggi ini menjadikan arabika sebagai salah satu minuman dengan kualitas terbaik dan cocok dijadikan bahan utama bisnis coffee shop. “Kalau terkait rasa, kopi arabika itu punya rasa khas yang lebih kuat,” terang Fauzan.


2. Robusta

Kopi dengan nama latin coffea canephora merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari daerah Ethiopia. Bagi kalian yang ingin menikmati kopi ini, tidak harus mengunjungi daerah yang terkenal sebagai penghasil kopi dan juga bunga mawar ini.  Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang telah membudidayakan tanaman kopi robusta, misalnya Sidikalang,  Gayo, dan lainnya.  

“Kopi ini memiliki cita rasa yang strong tapi jika dibandingkan lainnya, kopi ini dominan rasa pahit di dalamnya,” tambah Fauzan.


3. Excelsa

Dilansir dari situs Kementerian Pertanian, jenis kopi excelsa dapat ditemui di beberapa wilayah Indonesia, yaitu di Gayo Aceh, Flores Bajawa, Bali, dan lainnya. Jenis kopi ini mejadi salah satu yang peling banyak dicari oleh para penikmat kopi karena rasanya yang khas.

Bagi Genhype yang menyukai minuman kopi dengan cita rasa dominan pahit dan lebih strong, kalian dapat menikmati kopi excelsa di berbagai coffie shop. “Kopi excelsa itu punya rasa yang strong, namun yang membedakan dengan arabika, ekselsa masih ada rasa manis-manisnya,” tutur Fauzan.


4. Liberika

Dikutip dari situs espresso works, kopi liberika merupakan jenis kopi yang berasal dari Afrika Barat. Namun, saat ini jenis kopi liberika banyak dibudidayakan di berbagai belahan dunia, seperti Indonesia. Jenis kopi ini dapat dijumpai pada ketinggian 900 mdpl dan tumbuh subur di tanah berpasir.

Beberapa wilayah Indonesia yang menghasilkan kopi liberika, di antaranya Jambi, Bengkulu, dan Sambas.  Bagi Genhype yang menyukai rasa kopi yang lebih strong, kalian wajib mencicipi kopi liberika atau liberi ini.

“Kalau kopi liberika ini rasanya lebih strong daripada yang lain, hal ini dipengaruhi oleh rasa smoky dan chocolatey,”  tambah Fauzan.


5. Kopi Golden Crema

Jenis kopi yang satu ini merupakan inovasi dari otten coffee yang memadukan kopi arabika dan robusta. Inovasi ini diciptakan untuk memenuhi permintaan konsumen yang menginginkan rasa yang lebih kompleks dalam satu seduhan.

Bagi Genhype yang menyukai minuman dengan rasa yang bervariasi dalam sekali teguk, dapat mencoba kopi golden crema.

“Kalau kopi ini tuh di mix sendiri. Kopi ini terdiri dari robusta dan juga arabika. Biasanya banyak orang lebih suka rasa kopi yang kompleks, ada manis, pahit, dan juga strong, jadi kita menghadirkan kopi golden crema ini,” jelas Fauzan.
 
Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Daftar Pemain Serial Rencana Besar, Ada Dwi Sasono hingga Prisia Nasution

BERIKUTNYA

Ini Dia Rekomendasi Kedai Kopi Ramah Kantong di Jakarta Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: