Ilustrasi Minuman Kopi (Sumber gambar: jcomp, Freepik)

Penikmat Kopi Wajib Tahu Perbedaan Cappuccino dan Macchiato

29 August 2023   |   10:11 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari oleh kalangan generasi muda saat ini. Selain cara menyajikannya yang beragam, kopi juga memiliki cita rasa khas dari setiap daerah asalnya. Apalagi dengan menjamurnya kedai kopi kekinian, membuat para peracik kopi alias barista dapat mengeksplorasi aneka sajian yang menarik.

Dengan cara pengolahan kopi yang semakin canggih, saat ini penyajian kopi tidak hanya seduhan kopi tubruk, namun ditambah beberapa komposisi lain. Hal ini dilakukan para barista, agar kopi menghasilkan cita rasa yang unik. Tidak hanya itu, menambah beberapa komposisi dalam kopi menjadi terobosan baru bagi para penikmat minuman pahit beraroma menggoda ini.

Baca juga: Yuk Berkreasi Membuat Cloud Brew dan Pink Cream Berry Ala Kopi Kenangan

Salah satu barista atau profesi penyaji kopi di kafe Ombe Kofie Summarecon Mall Serpong, Febry Yustafa Firdaus menjelaskan bahwa sajian kopi saat ini memang makin beragam. Namun, racikan minuman kopi yang cukup banyak digemari antara lain Cappuccino dan Macchiato.

Menurut dia, pada dasarnya kedua menu kopi tersebut memiliki rasa yang sama karena berbahan dasar kopi. Namun yang membedakannya terdapat pada cita rasa yang lebih mendominasi. Febry pun membagi perbedaan antara Macchiato dan Cappuccino terdapat pada segi rasa, komposisi dan  penyajiannya.  

1. Perbedaan Macchiato dan Cappuccino dari segi rasa
Genhype, minuman kopi memiliki rasa dasar yang sama yakni espresso. Namun, untuk memenuhi keinginan konsumen, biasanya para barista akan menambahkan ingredients lain.  Nah, kali ini kita akan mengenal perbedaan rasa dari minuman Cappucino dan juga Macchiato.

Macchiato cenderung lebih strong karena minuman ini hanya mencampurkan foam susu di atas cream espresso.

Sedangkan Cappucino dikategorikan minuman yang easy to drink atau minuman yang memiliki komposisi yang mudah diminum bagi semua kalangan atau karena  balance antara strong coffee dan susu.
 
2. Perbedaan berdasarkan pada komposisi dan penyajian

Selain memiliki cita rasa yang berbeda, kedua minuman ini juga memiliki perbedaan pada komposisi dan juga cara penyajiannya loh.

Macchiato memiliki komposisi yang terdiri dari espresso dan juga sedikit busa atau buih susu pada bagian atasnya. Penyajian Macchiato biasanya pada cangkir yang berukuran pendek.

Sedangkan komposisi pada Cappuccino terdiri dari espresso, susu, dan juga busa susu pada bagian atasnya. Penyajian Cappuccino adalah pada cangkit yang berukuran sedang.
 

Tren minuman kopi saat ini

Genhype, banyaknya permintaan terhadap minuman kopi kekinian, membuat menu berkafein ini memiliki perkembangan rasa yang signifikan. Bahkan, setiap tahunnya sajian kopi memiliki trennya sendiri. Misalnya pada tahun ini tren minuman kopi yakin coffee mocktail atau mixologist.

Coffee mocktail atau mixologist adalah jenis minuman kopi yang ingredientsnya ditambahkan dengan bahan-bahan alami lain. Misalnya bunga, buah, atau tumbuhan herbal. Jenis minuman ini pada dasarnya hampir sama dengan minuman cocktail, namun yang membedakan keduanya yakni tidak ada kandungan alkohol pada mocktail.
 
Bagi kalian yang mau mencobanya, dapat mencicipi beberapa minuman kopi di Cafe Ombe Kofie Sumareccon Mall Serpong. Kafe ini, menyediakan minuman kopi manual brew (coffee filter dengan metode penyeduhan manual seperti tubruk V60) dan espresso base . Minuman espresso base terdiri dari beberapa varian, yakni:
  • Espresso adalah  jenis minuman kopi yang dibuat dari biji kopi yang dihaluskan kemudian diseduh dengan air panas. Kopi ini dapat disebut juga sebagai dasar kopi.
  • Doppio adalah jenis minuman espresso namun memiliki rasa yang lebih kuat.
  • Cappuccino adalah jenis minuman kopi yang merupakan perpaduan antara espresso single shot, susu, dan tambahan foam susu pada bagian atas kopi.
  • Cafe Latte adalah minuman kopi yang terdiri dari espresso dan susu. Perbandingan kedua bahan ini, susu disimpan lebih banyak dari espresso.
  • Americano adalah seduhan kopi yang yang dicampur dengan air panas. Di café ini pun menyediakan americano ice loh.
  • Flat White adalah jenis minuman yang pada dasarnya memiliki komposisi yang sama dengan latte, namun yang membedakan keduanya terletak pada penggunaan busa susu. Pada flat white tidak menyediakan foam susu pada bagian atas kopi.
  • Macchiato merupakan minuman kopi yang terdiri dari single atau double shot espresso yang ditambahkan foam susu pada bagian atas kopi.
  • Cafe Mocha merupakan minuman yang memiliki kesamaan rasa dengan cafe latte. Namun yang membedakan keduanya adalah pada cafe mocha ditambahkan dengan sirup coklat atau bubuk coklat.
  • Piccolo Latte, adalah jenis minuman kopi yang  dihasilkan dari campuran double/single shot espresso yang ditambahkan susu. Jika pada cafe latte, minuman kopi disajikan dalam cangkir, maka pada piccolo minuman kopi disajikan pada cangkir yang berukuran lebih besar atau setara dengan 100-130 ml.
Selain  minuman kopi, kafe ini juga menyediakan beberapa menu tambahan lainnya, misalnya course, snack, healthy option, on rice dan pasta. Nah, Genhype yang masih merasa kebingungan perbedaan Cappuccino dan Macchiato serta minuman kopi yang sedang tren saat ini, kalian wajib memahami bacaan ini, ya.

Baca juga: Resep Croissant yang Empuk & Renyah, Cocok Disantap dengan Kopi atau Susu

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Bocoran dari Bobby dan Chanwoo, iKon Bakal Konser di Indonesia November 2023

BERIKUTNYA

Ivan Gunawan Hadirkan Fesyen Bertema Kerajaan Saat Tampil di Front Row Paris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: