Ilustrasi sakit gigi. (Sumber gambar: Engin Akyurt/Unsplash)

7 Cara Redakan Sakit Gigi Darurat sebelum Berobat ke Dokter

04 October 2023   |   16:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sakit gigi bisa sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Baik skala kecil maupun besar, rasa sakit yang diderita merupakan indikasi adanya masalah kesehatan pada gigi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter saat sakit gigi.
 
Penyebab sakit gigi sangatlah beragam dan memerlukan penanganan yang berbeda pula. Keluhan utama sakit gigi yang sering timbul dapat berupa sensasi nyeri terhadap panas dan dingin, peradangan dan perdarahan gusi, nyeri hebat yang menjalar ke leher, pundak, dan kepala hingga pembengkakan di area pipi.

Baca juga: Jangan Sepelekan Merawat Gigi & Gusi, Berbagai Penyakit Serius Mengintai
 
Sebagian dari kalian mungkin tidak bisa langsung pergi ke dokter saat mengalami sakit gigi karena berbagai alasan. Tapi kalian tak perlu khawatir, sebab ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakit gigi dengan beberapa bahan alami yang bisa ditemukan di rumah. Berikut adalah beberapa cara penanganan darurat sakit gigi sebelum ke dokter.
 

1. Berkumur dengan air garam hangat

Berkumur merupakan salah satu cara meredakan sakit gigi dengan cepat yang efektif dengan melepaskan sisa-sisa makanan yang masih ada di dalam mulut. Kalian dapat menambahkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat untuk berkumur. 
 
Air garam hangat bisa membantu meredakan sakit pada gigi dengan cepat. Melansir dari laman Dentistry of West Bend, air garam hangat bisa menjadi obat yang efektif untuk sakit gigi akibat infeksi bakteri. Garam akan membantu melawan infeksi sekaligus meredakan peredangan di dalam mulut.
 

2. Kompres dengan air dingin

Sakit gigi seringkali disertai dengan pembengkakan atau peradangan pada sekitar mulut seperti area pipi. Caranya, masukkan es ke dalam plastik dan bungkus dengan kain tipis. Tempelkan kompres pada area pipi yang sakit, setidaknya selama 15 menit.
 
Mengompres bagian luar wajah atau pipi di area yang nyeri dengan air dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri karena rasa kebas yang ditimbulkan dari es batu.
 

3. Obati dengan cengkih

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi adalah cengkih. Menurut Journal of Dentistry, cengkih memiliki senyawa eugenol yang mampu menghilangkan nyeri dan ngilu saat sakit gigi. Cara meredakan sakit gigi dengan menggunakan cengkih adalah dengan menggigit batang cengkih pada bagian yang sakit.
 
Jika tidak mampu melakukannya, kalian dapat menggunakan alternatif lain seperti menggunakan minyak cengkih yang diteteskan pada kapas kemudian menempelkannya ke bagian yang sakit.
 
Namun untuk diingat, menggunakan cengkih dapat menimbulkan berbagai reaksi berupa iritasi, sesak napas, dan perdarahan, sehingga harus berhati-hati dalam penggunaannya. Jika kalian termasuk orang yang sensitif terhadap bahan-bahan tertentu, maka tidak disarankan menggunakan bahan ini.
 

K15 photos

Cengkih bisa membantu meredakan rasa sakit gigi (Sumber gambar: K15 photos/Unsplash)

4. Gel lidah buaya

Selain dikenal baik untuk perawatan kulit, lidah buaya juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Melansir dari Galvez Dental, lidah buaya mengandung sifat antimikroba dan antibakteri sehingga bisa membantu meredakan peradangan yang menyebabkan iritasi. Ini juga dapat membantu jika kalian menderita penyakit gusi.
 
Beberapa penelitian menyebutkan gel lidah buaya dapat membantu meredakan gejala yang berhubungan dengan periodontitis atau salah satu bentuk penyakit gusi yang parah. Bahkan, gel lidah buaya juga digunakan dalam obat kumur pembasmi kuman.
 
Jika tidak ada gel lidah buaya, kalian bisa membeli versi obat kumurnya di toko obat terdekat. Kumur larutan lidah buaya dalam mulut selama sekitar 30 detik lalu keluarkan. Lakukan kumur dengan obat tersebut sebanyak dua kali sehari.
 

5. Daun jambu biji merah

Jambu biji merah dikenal tidak hanya sebagai obat untuk penyakit demam berdarah, tapi daunnya juga bermanfaat sebagai antiradang, antimikroba, dan analgesik atau pereda nyeri.
 
Kalian dapat menggunakan daun jambu biji merah ini sebagai obat mengurangi peradangan, ngilu, dan nyeri di rongga mulut. Caranya dengan mengunyah 1-2 lembar daun jambu biji merah hingga airnya keluar dan oleskan pada bagian yang sakit.
 

6. Bawang putih

Meredakan sakit gigi dengan bawang putih cukup ampuh dan mudah. Kalian dapat menemukan bawang putih di dapur yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.
 
Caranya mudah yakni hanya dengan mengunyah bawang putih selama beberapa menit di bagian yang terasa sakit. Jika tidak ingin menggigitnya, bawang putih dapat diiris tipis atau dihaluskan kemudian ditempelkan di area gigi yang sakit.
 

7. Obat anti inflamasi

Obat anti inflamasi nonsteroid yang dapat dibeli tanpa resep seperti ibuprofen atau asetaminofen dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan segala jenis sakit gigi. Namun, pastikan mengonsumsi obat tersebut mengikuti petunjuk pada kemasan, dan berhati-hatilah agar tidak mengonsumsi lebih dari dosis yang dianjurkan.
 
Selain itu, pastikan untuk bertanya kepada dokter atau apoteker apakah aman mengonsumsi obat yang dijual bebas itu dengan obat resep apapun yang sedang kalian konsumsi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Usung Konsep Monokrom, Inilah First Look Jatuh Cinta Seperti di Film-Film karya Sutradara Yandy Laurens

BERIKUTNYA

Riot Rilis MV GODS, Anthem League of Legends Worlds 2023 Kolaborasi NewJeans

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: