Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat melintas di kawasan Gadobangkong menuju Terowongan 11 di Cibeber, Cimahi Selatan, Jawa Barat, Jumat (15/9/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Rachman)

Peta Rute Kereta Cepat Woosh Jakarta-Bandung

03 October 2023   |   07:04 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setelah melakukan rangkaian uji coba dalam beberapa waktu terakhir, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh akhirnya secara resmi beroperasi. Whoosh akan menjadi layanan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Melansir dari laman Sekretariat Kabinet, Whoosh dipilih sebagai nama kereta cepat karena dinilai mampu merepresentasikan teknologi dari kereta cepat pertama milik Indonesia tersebut. kata Whoosh atau dibaca wus terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecapatan tinggi tersebut.

Namun, Whoosh juga sebenarnya adalah sebuah singkatan. Yakni Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat atau jika disingkat adalah Whoosh. Moda transportasi baru ini memiliki desain ruang yang luas dan modern.

Baca juga: Ternyata 6 Faktor Ini yang Bikin Kereta Cepat Whoosh Bisa Melesat Hingga 350 Km/ Jam

Akan ada tiga kelas berkapasitas total mencapai 601 penumpang. Fasilitas di dalam kereta pun terbilang lengkap, mulai stopkontak, rak bagasi, mini bar, gantungan tas, hingga toilet aksesibel.
 

Petugas berfoto disamping rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di area Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Rachman)

Petugas berfoto disamping rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di area Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Rachman)


Kereta yang menghubungkan Jakarta dan Bandung tersebut saat ini memiliki jalur sepanjang 142,3 kilometer. Kereta yang menggunakan generasi terbaru CR400AF itu mampu melaju hingga kecepatan 350 kilometer per jam sehingga menempatkannya menjadi yang terkencang di Asia Tenggara.

Sesuai dengan namanya, rute kereta ini bakal melayani tujuan Jakarta-Bandung atau Bandung-Jakarta, dengan empat stasiun pemberhentian utama, yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalawang, dan Stasiun Tegalluar.

Setiap stasiun tersebut bakal terintegrasi dengan moda transportasi umum lain di setiap wilayahnya. Mulai dari angkutan umum, transportasi online, taksi, dan berbagai akses transportasi lain.

Khusus Stasiun Halim akan terintegrasi langsung dengan LRT Jabodebek. Kemudian Stasiun Padalarang akan terintegrasi langsung dengan KA Feeder KA Cepat, Commuter Line Bandung Raya, dan Commuter Line Garut.
 

Cek Rute lengkap Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by WHOOSH (@keretacepat_id)


Cara Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh Gratis


Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh masih gratis pada saat peresmian hingga beberapa hari setelahnya. Terlebih, saat ini  pemerintah sedang menggelar mengampanyekan Whoosh Experience Program.

Pemesanan tahao pertama sudah dilakukan per 2 Oktober 2023 kemarin. Nantinya, keberangkatan kereta akan dimulai pada 2 Oktober hingga 7 Oktober 2023 sebelum akhirnya dibuka secara bertahap.

Pada periode promo ini, bakal ada delapan perjalanan KA setiap hari yang melayani empat rute. Masyarakat yang ingin menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh bisa langsung mengunjungi laman ayonaik.kcic.co.id. Lalu, ikuti instruksi dan pahami ketentuannya sebagai berikut:
 
  • Registrasi dilakukan hanya di web ayonaik.kcic.co.id.
  • Setiap pemesan hanya dapat melakukan registrasi untuk 2 penumpang dalam setiap transaksi.
  • Peserta menunjukkan Bukti Registrasi Email yang berisi kode booking dan ID Card untuk melakukan penukaran tiket di loket counter stasiun pemberangkatan.
  • Nama penumpang yang sudah didaftarkan sesuai ID Card pada saat registrasi tidak dapat diganti pada saat penukaran tiket di loket.
  • Penumpang tiba di Stasiun maksimal 60 menit sebelum jadwal keberangkatan KA yang telah dipilih.

Baca juga: Cek Syarat Ikut Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Pendaftaran Sudah Dibuka & Gratis

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Rundown Konser Le Sserafim FLAME RISES in Jakarta 3 Oktober 2023

BERIKUTNYA

10 Twibbon Romantis untuk Rayakan National Boyfriend Day

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: