Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) melintas menuju Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Rachman)

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis Sampai Oktober, Cek Kelasnya Yuk

14 September 2023   |   19:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung tengah berlangsung. Selama periode ini, masyarakat yang ingin mencicipi kereta dengan kecepatan 351 kilometer per jam dan jarak waktu 36-44 menit tersebut tidak dikenakan biaya, alias gratis. Hal tersebut disampaikan langsung Presiden Joko Widodo.

“Tetap, tetap (uji coba gratis). Biar masyarakat mencoba,” ujarnya dalam konferensi pers usai menjajal kereta cepat Jakarta-bandung di Stasiun KCJB Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, kemarin. 

Jokowi berharap mulai awal Oktober 2023, ada perpindahan dari penggunaan mobil pribadi ke kereta cepat, MRT, LRT, dan TransJakarta. Dengan demikian, kemacetan dan polusi di jalan bisa dikurangi. “Setiap tahun kita kehilangan karena macet di Jabodetabek dan Bandung itu kurang lebih Rp100 triliun,” tuturnya. 

Baca juga: Cek Aturan Barang Bawaan di Kereta Api Agar Terhindar dari Denda
 

(Sumber foto: JIBI/Bisnis/Rachman)

(Sumber foto: JIBI/Bisnis/Rachman)

Soal kapan kereta cepat ini beroperasi secara komersial, Jokowi menyebut semua tergantung manajemen PT Kereta Cepat Indonesia China. Namun, dia menegaskan tidak ada subsidi harga seperti Lintas Rel Terpadu (LRT). 

Kereta cepat Jakarta-bandung (KCJB) memiliki tiga kelas dengan kapasitas total mencapai 601 penumpang, serta ruang khusus difabel. Untuk premium, ada kelas VIP. Mengutip laman resmi tiket.com, kelas ini terdiri dari 18 kursi dalam 1 gerbong kereta dengan pengaturan tempat duduk 1-2. 

Interior kategori tiket kelas VIP dibuat khusus dari faux leather dengan motif bordir batik Mega Mendung yang dipadukan warna abu-abu untuk memberikan nuansa elegan dan eksklusif. Tersedia fasilitas WiFi, USB charger, display informasi perjalanan, bagasi penyimpanan barang, dan footrest khusus. Harga tiket KCJB kategori VIP diperkirakan Rp350.000 per penumpang.

Berikutnya kategori tiket First Class atau kelas satu yang memiliki 28 kursi dan menerapkan pengaturan tempat duduk 2-2. Kursi pada kelas ini didesain memakai warna merah cerah dengan bahan interior faux leather dan dilapisi motif batik Mega Mendung. 

Fasilitas pada tiket First Class tersedia WiFi, USB charger, display informasi perjalanan, bagasi penyimpanan barang, dan footrest. Harga tiket KCJB kategori first class diperkirakan Rp300.000 per penumpang. 

Terakhir, kategori Second Class atau kelas dua yang terdiri dari 555 kursi dan memiliki pengaturan tempat duduk 3-2. Interior kategori tiket Second Class kereta cepat Jakarta Bandung dilapisi finishing suede dengan motif print batik Mega Mendung dan dihiasi warna biru serta abu-abu pada bagian tempat duduk.

Pada kategori Second Class terdapat beberapa fasilitas penunjang, seperti WiFi, USB charger, display informasi perjalanan, dan bagasi penyimpanan barang. Harga tiket KCJB kategori second class diperkirakan mulai dari Rp250.000 per penumpang.

Sejauh ini belum ada informasi lengkap mengenai cara masyarakat bisa menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung secara gratis. Hypeabis.id juga belum mendapat respon dari Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa ketika bertanya mengenai hal tersebut.

Adapun, dari informasi yang disampaikan sebelumnya, tiket kereta cepat Jakarta-Bandung secara gratis diutamakan untuk warga yang tinggal di sekitar proyek KCJB dan terbatas hanya untuk 600 orang selama 3 bulan, dari Agustus-Oktober.  

Baca juga: Yuk Intip Teknologi Simulator Kereta Cepat Jakarta Bandung

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hilang Sejak Pandemi, Lukisan Van Gogh Ditemukan Detektif Seni Belanda

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Film Adaptasi Novel Roald Dahl, Cocok Ditonton Bareng Keluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: