Kereta cepat Jakarta-Bandung. (Sumber foto : JIBI/Bisnis/Rachman)

Cek Syarat Ikut Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Pendaftaran Sudah Dibuka & Gratis

15 September 2023   |   19:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Masyarakat sudah bisa menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung, mulai Jumat (15/9/2023). Uji coba kereta buatan China yang melaju dengan kecepatan maksimal hingga 351 kilometer per jam ini dan jarak tempuh 36-44 menit tersebut berlangsung hingga 30 September 2023. 

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan untuk tahap awal, warga yang tinggal di sekitar jalur lintas yang bisa mencoba kereta cepat Jakarta-Bandung. Hal ini dilakukan guna memberikan apresiasi karena masyarakat sekitar jalur selama ini memberikan dukungan hingga proses pembangunan berjalan lancar. 

Baca juga: Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis Sampai Oktober, Cek Kelasnya Yuk

Tentu, selama periode uji coba, penumpang tidak perlu membayar alias gratis. Setiap harinya akan ada 4 jadwal keberangkatan, dengan mekanisme setiap penumpang akan mendapatkan perjalanan pulang pergi (PP) Halim - Tegalluar dan sebaliknya. “Secara total setiap harinya terdapat 8 perjalanan KA Cepat,” ujar Eva dalam keterangannya dikutip Hypeabis.id, Jumat (15/9/2023). 

Selain itu, selama masa uji coba, terdapat sekitar 2.200 ketersediaan tempat duduk setiap harinya. Saat ini, PT KCIC sudah mendata 98 desa/kelurahan dari 32 kecamatan yang tersebar di 9 kota/kabupaten di sepanjang jalur kereta api cepat Jakarta-Bandung. 

“Warga melakukan pendaftaran melalui kecamatan setempat dan secara bergiliran akan mencoba perjalanan dengan kereta cepat melalui pengaturan keberangkatan secara khusus,” jelas Eva. 

Selain masyarakat terdampak, masyarakat umum lainnya juga bisa mengikuti kegiatan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung secara gratis. Adapun kesempatan pada masyarakat umum untuk mencoba dan merasakan sensasi naik kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini dapat dilakukan secara mandiri melalui website resmi KCIC.

Pendaftaran dapat dilakukan mulai Sabtu, 17 September 2023. Informasi link terkait pendaftaran uji coba akan diumumkan secara resmi melalui saluran informasi resmi KCIC salah satunya akun resmi @keretacepat_ID.  KCIC katanya juga mengalokasikan undangan bagi para stakeholder terkait untuk mengikuti perjalanan KA Cepat relasi Jakarta Bandung.

Kereta cepat Jakarta-bandung (KCJB) memiliki tiga kelas dengan kapasitas total mencapai 601 penumpang, serta ruang khusus difabel. Untuk premium, ada kelas VIP. Mengutip laman resmi tiket.com, kelas ini terdiri dari 18 kursi dalam 1 gerbong kereta dengan pengaturan tempat duduk 1-2. 

Interior kategori tiket kelas VIP dibuat khusus dari faux leather dengan motif bordir batik Mega Mendung yang dipadukan warna abu-abu untuk memberikan nuansa elegan dan eksklusif. Tersedia fasilitas WiFi, USB charger, display informasi perjalanan, bagasi penyimpanan barang, dan footrest khusus. Harga tiket KCJB kategori VIP diperkirakan Rp350.000 per penumpang.

Berikutnya kategori tiket First Class atau kelas satu yang memiliki 28 kursi dan menerapkan pengaturan tempat duduk 2-2. Kursi pada kelas ini didesain memakai warna merah cerah dengan bahan interior faux leather dan dilapisi motif batik Mega Mendung. 

Fasilitas pada tiket First Class tersedia WiFi, USB charger, display informasi perjalanan, bagasi penyimpanan barang, dan footrest. Harga tiket KCJB kategori first class diperkirakan Rp300.000 per penumpang. 

Terakhir, kategori Second Class atau kelas dua yang terdiri dari 555 kursi dan memiliki pengaturan tempat duduk 3-2. Interior kategori tiket Second Class kereta cepat Jakarta Bandung dilapisi finishing suede dengan motif print batik Mega Mendung dan dihiasi warna biru serta abu-abu pada bagian tempat duduk.

Pada kategori Second Class terdapat beberapa fasilitas penunjang, seperti WiFi, USB charger, display informasi perjalanan, dan bagasi penyimpanan barang. Harga tiket KCJB kategori second class diperkirakan mulai dari Rp250.000 per penumpang.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Gratis 3 Bulan, Izin Operasi Segera Keluar

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jadwal MPL ID Season 12 15 September 2023, ONIC vs Aura Fire Bertemu Lagi

BERIKUTNYA

Iwan Suastika, Perupa Surealis dengan Konsep Tanpa Batas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: