Bahaya mengkonsumsi daun singkong berlebih dapat menyebabkan kelumpuhan ( Sumber gambar: Decry yae/Unsplash)

Kenali Bahaya Mengkonsumsi Daun Singkong Mulai Dari Mengandung Racun Hingga Kelumpuhan

02 October 2023   |   21:30 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Mengonsumsi sayuran hijau merupakan salah satu sumber nutrisi bagi kesehatan tubuh. Melansir situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, manfaat mengonsumsi sayuran dapat memperlancar pencernaan, mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan mata, serta membersihkan racun dalam tubuh.

Saking pentingnya asupan sayur, menu ini disarankan agar selalu hadir dalam porsi makan harian. Hal itu membuktikan seberapa bermanfaatnya mengonsumsi sayur bagi kesehatan tubuh. Satu di antara banyaknya sayuran yang dapat dikonsumsi adalah daun singkong.

Baca juga: Kenali Manfaat & Cara Melakukan Power Nap yang Efektif

Tidak asing lagi bagi kita jika melihat daun singkong dalam sajian nasi Padang. Makanan yang berasal dari Sumatra Barat ini memiliki cita rasa yang gurih di setiap suapannya. Jika dipadukan dengan olahan daun singkong, maka nasi Padang meninggalkan rasa tersendiri bagi para penikmatnya.

Yulia Christina S. Pareira, seorang dokter umum di Puskesmas Lekebai, Kabupaten Sikka menjelaskan, daun singkong memiliki beberapa kandungan penting yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya serat, protein, kalsium dan magnesium, karbohidrat, fosfor, zat besi, vitamin C dan lainnya.

“Kandungan zat besi yang terdapat dalam daun singkong membantu mencegah anemia. Selain itu, daun singkong juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kekuatan sendi dan tulang, serta melancarkan pencernaan karena mengandung serat,” terang dr. Christina.
 
Namun tahukah kalian, mengonsumsi makanan secara berlebihan akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Hal ini juga dapat ditemukan ketika kalian mengonsumsi daun singkong secara berlebihan.

Lantas apa saja dampak negatif dari mengonsumsi daun singkong berlebihan? berikut penjelasan dari dr, Christina Pereira. 


1. Meningkatkan Asam Lambung

Saat menikmati daun singkong seseorang akan ketagihan dengan rasanya. Apalagi saat kalian meracik daun singkong dengan bumbu yang begitu lezat. Misalnya, mengonsumsi Rumpu Rampe atau olahan sayur singkong yang dipadukan dengan kelapa.

Namun, kelezatan dalam Rumpu Rampe juga dapat meningkatkan asam lambung yang disebabkan oleh kandungan sianida yang terdapat dalam daun singkong.


2. Asam Urat hingga Kelumpuhan

Selain meningkatkan asam lambung, kandungan sianida dalam daun singkong juga dapat menyebabkan kelumpuhan. Selain itu, dr. Christina  juga menjelaskan kandungan purin yang tinggi dalam daun singkong dapat menyebabkan asam urat. Dampak dari asam urat sendiri dapat memantik penyakit lain seperti  batu ginjal hingga diabetes.


3. Mengandung Zat Beracun

Bagi kalian yang belum tahu, mengonsumsi daun singkong secara berlebihan juga dapat menyebabkan keracunan. Hal ini disebabkan daun singkong mengandung asam hidrosianat. Asam hidrosianat merupakan racun yang dapat menghambat saluran pernapasan yang berisiko membunuh seseorang.

Demikian beberapa manfaat dan efek samping dari mengonsumsi daun singkong secara berlebihan. Dr, Christina juga menjelaskan dalam menangani efek buruk dari mengonsumsi daun singkong secara berlebih, kalian dapat  berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Mengenal Manfaat 5 Jamu Herbal Ala Ngramu Djamoe

Sebaiknya menghindari makanan tinggi purin seperti, daging sapi, sayuran berdaun hijau, jeroan, kacang-kacangan, dan seafood, serta berolahraga secara teratur.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Dilema Pelarangan Tiktok Shop, Begini Suara UMKM hingga Pakar Branding

BERIKUTNYA

Melihat Eksotisme Indonesia dari Kacamata Seniman Korea dalam Pameran Blessing di D Gallerie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: