Ilustrasi model berbusana batik. (Sumber gambar: Nona Rara/Instagram)

5 Pilihan Gaya Busana Batik yang Anggun & Modis

02 October 2023   |   17:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Batik Nasional diperingati pada tanggal 2 Oktober tiap tahunnya. Peringatan ini merujuk pada momentum penetapan batik sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) atau Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 silam. Perayaan batik pun selalu disambut antusias oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Batik Nasional, salah satunya adalah dengan mengenakan busana batik. Saat perayaan Hari Batik Nasional, sejumlah pegawai instansi pemerintah, murid sekolah, hingga karyawan kantor swasta biasanya akan tampil mengenakan busana batik dengan beragam motif dan warna.

Baca juga: 5 Kota Batik Paling Populer & Besar di Indonesia

Perkembangan desain motif dan warna dari batik pun membuat kain tradisional satu ini cocok digunakan untuk berbagai kalangan maupun kebutuhan, mengikuti karakter dan selera pemakainya. Bagi kalian yang sedang mencari ide inspirasi outfit, berikut adalah beberapa jenis item fesyen batik perempuan yang bisa menjadi pilihan untuk merayakan Hari Batik Nasional.


1. Atasan 

Atasan batik adalah pilihan item fesyen yang paling mudah untuk dikenakan. Atasan batik pun kini hadir dengan beragam desain, motif, dan warna. Mulai dari kemeja, blouse dengan desain seperti kebaya, hingga tunik beragam motif, bisa menjadi beberapa ide atasan batik yang bisa kalian kenakan.
 


Berbagai item fesyen lain pun cocok dipadu padankan dengan atasan batik mulai dari celana kulot, jeans, hingga rok. Lantaran batik telah menampilkan corak dan warna yang ramai, usahakan gunakan bawahan yang simpel dan kasual namun warnanya tetap senada. Sebagai pelengkap, kalian bisa mengenakan sneaker ataupun flat shoes untuk alas kaki.


2. Outer

Outer batik terus menjadi item fesyen favorit masyarakat khususnya kalangan perempuan. Selain nyaman digunakan, outer batik mudah dijadikan sebagai layering yang bisa membuat penampilan makin menarik. Saat mengenakan outer batik, kalian bisa menggunakan t-shirt atau kemeja polos sebagai item fesyen bagian dalam.
 


Untuk iklim tropis seperti Indonesia, sebaiknya pilih outer batik bermaterial katun yang mudah menyerap keringat sehingga dapat menciptakan rasa sejuk dan nyaman. Sama seperti atasan batik, outer batik juga fleksibel untuk dipadukan dengan item fesyen lain sebagai bawahan mulai dari celana kulot, jeans, ataupun rok.


3. Dress

Dress batik bisa menjadi pilihan bagi kalian yang cenderung lebih suka tampil feminin dan anggun. Saat ini, dress batik juga hadir dengan banyak motif dan warna yang bisa kalian pilih sesuai dengan karakter dan gaya fesyen kalian. Dress batik juga terbilang fleksibel untuk dikenakan di berbagai acara dan kebutuhan mulai dari acara santai, semi-formal, hingga resmi. 
 


Agar penampilan kalian semakin mempesona, tak ada salahnya untuk mengenakan beberapa aksesoris seperti jam tangan, anting, dan kalung. Sebagai pelengkap, kalian juga bisa memadukan dress batik dengan flat shoes atau high heels untuk alas kaki.


4. Rok Lilit

Gaya fesyen dengan sentuhan etnik semakin digemari masyarakat. Saat ini, banyak brand lokal yang menghadirkan item fesyen etnik dengan beragam motif dan corak, salah satunya yang populer adalah rok lilit. Jika diaplikasikan dan dipadupadankan dengan tepat, rok lilit bisa memberikan kesan tradisional sekaligus kekinian.
 


Ada banyak pilihan item fesyen sebagai atasan saat menggunakan rok lilit mulai dari kemeja, t-shirt, kebaya bermotif polos, hingga crop top. Sebagai pemanis, kalian juga bisa menambahkan obi belt yang belakangan populer. Sementara untuk alas kaki, kalian bisa menggunakan sneaker, flat shoes, atau boots untuk tampilan yang lebih ekstra.


5. Scarf

Scarf juga belakangan menjadi item fesyen yang populer di kalangan masyarakat khususnya kaum hawa. Scarf pun hadir dengan beragam motif, salah satunya corak batik. Kalian bisa mengenakan scarf sebagai pelengkap penampilan ataupun sebagai outer.
 


Sama seperti outer, kalian bisa memadukan scarf dengan berbagai item fesyen lainnya seperti t-shirt, kemeja, blouse, hingga kaos panjang. Sementara untuk bawahan, kalian bisa melengkapinya dengan celana bahan, kulot, jeans, ataupun rok.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

10 Ide Caption untuk Merayakan Hari Batik Nasional

BERIKUTNYA

Review Spy Ops, Kisah-Kisah Spionase dalam Film Dokumenter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: