Membuat batik di Keraton Yogyakarta. (Sumber gambar: Unsplash/Camerale)

10 Ide Caption untuk Merayakan Hari Batik Nasional

02 October 2023   |   21:37 WIB

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang masih dilestarikan hingga kini, kain khas Indonesia yang dilukis menggunakan canting berisikan lilin malam hingga menghasilkan suatu pola pada kain, menjadi simbol keindahan dan keanggunan untuk Indonesia.

Hal ini menjadikan kain batik sebagai suatu karya yang memiliki nilai seni yang tinggi. Selain menjadi simbol budaya Indonesia, batik juga memiliki dampak pada ekonomi, yaitu dengan memproduksi batik dapat menciptakan lapangan kerja dan mendukung mata pencaharian bagi banyak orang di dalam negeri.

Baca juga: Desainer Iwet Ramadhan Khawatir Batik Printing Rugikan Perajin & Pelestarian Wastra Nusantara

Batik Indonesia ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi oleh United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2009, sehingga setiap 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Jadi, batik merupakan warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh dunia.

Hari Batik Nasional menjadi kesempatan yang baik untuk mendukung para pengrajin batik lokal dengan membeli produk batik asli. Cara inilah yang dapat dilakukan untuk berpartisipasi dalam mempromosikan serta melestarikan seni budaya Indonesia. Hari ini diperingati untuk meningkatkan kebanggaan bagi para masyarakat Indonesia akan kekayaan budaya yang dimiliki, yaitu Batik. Selain itu juga diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melindungi dan terus melestarikan Batik sebagai warisan budaya.

Salah satu cara Genhype untuk dapat ikut melestarikan budaya kain batik adalah dengan menggunakannya, terutama saat Hari Batik Nasional pada 2 Oktober. Mengenakan kain batik merupakan cara bagi Genhype mengungkapkan rasa bangga akan budaya. Tak hanya itu, rasa bangga akan batik juga dapat terlihat ketika kita dapat menyampaikannya dalam bentuk ucapan atau kata – kata melalui media sosial.

Berikut merupakan referensi dalam membuat caption untuk memperingati Hari Batik Nasional.
  1. Selamat memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober 2023! Mari kita lestarikan dengan cara bangga menggunakan Batik Indonesia.
  2. Gunakan batik dengan bangga, karena kita Indonesia!
  3. Jangan lupa pakai batik ya hari ini, sebagai tanda kita bangga akan budaya!
  4. Betapa besarnya pengorbanan yang dilakukan hanya agar kita dapat bangga akan warisan yang dimiliki. Maka, berbanggalah. Happy Batik Day!
  5. Salah satu cara yang dapat kita berikan untuk Indonesia adalah dengan bangga menggunakan Batik Indonesia, Selamat Hari Batik Nasional!
  6. Warisan tidak harus berupa uang dan materi, melainkan dapat berupa Batik yang dikagumi bangsa dan negara lain,  lestarikanlah, Happy Batik Day!
  7. Banggalah pakai Batik setiap saat, karena batik merupakan identitas Indonesia.
  8. Batik mendunia! Ketika kita kenakan Batik, maka orang lain akan mengetahui darimana kita berasal.
  9. Buah persik buah kedondong. Yang bangga pakai batik, kenalan dong.
  10. Love product from Indonesia, especially Batik. Proud Wearing Batik. Happy Batik Day!
Itulah beberapa Ide Caption yang dapat kalian gunakan untuk melengkapi foto yang kalian upload di Media Sosial dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Semoga Bermanfaat!

Editor : Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Perjalanan Kamila Andini Bawa Serial Gadis Kretek Tampil di Program On Screen BIFF 2023

BERIKUTNYA

5 Pilihan Gaya Busana Batik yang Anggun & Modis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: