ilustrasi (sumber gambar: Captain Barbershop)

Ternyata Menjadi Seorang Kapster Tak Cukup Hanya Memiliki Skill Mencukur

02 October 2023   |   13:20 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Profesi sebagai seorang kapster saat ini tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, tak sedikit anak muda yang tertarik menjadi seorang kapster atau penata rambut. Namun, untuk menjadi kapster yang handal dan berkualitas tidaklah semudah yang dibayangkan.

Pasalnya, sang kapster tak cukup hanya mempunyai kemampuan memotong, merawat, dan melakukan penataan rambut yang sesuai dengan keinginan dan tipe rambut kliennya, tetapi juga harus memiliki attiude yang baik.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Barbershop? Pertimbangkan Dulu Hal Ini

Berbeda dengan hair stylist yang menata berbagai jenis rambut, baik untuk pria maupun wanita, dengan berbagai jenis potongan rambut, pewarnaan, hingga styling, kaspter adalah seorang profesional yang memiliki keahlian khusus dalam memotong dan merapikan rambut pria, mencukur kumis jenggot, hingga memberikan perawatan rambut pria.

Umumnya mereka bekerja di barbershop sebagai salon rambut khusus pria. Co-Founder Captain Barbershop Yogi Ang mengatakan untuk menjadi seorang kapster yang handal dan berkualitas tidak cukup hanya memiliki skill dalam mencukur saja, tetapi juga harus memiliki attitude yang baik.

“Seorang kapster harus selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dan terus belajar mengembangkan diri,” tuturnya.


Oleh karena itu, Captain Barbershop memiliki tes khusus bagi para kapsternya dalam menjaga kualitas dan harus memiliki pengalaman minimal 3 tahun di bidang barbershop. Bahkan, melalui Captain Berbershop, Yogi juga ingin mengubah paradigma di masyarakat yang masih menganggap sebelah mata profesi kapster atau barberman.

Pria yang sudah terjun di dunia barbershop sejak 2015 itu menyebut, profesi kapster merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Kapster atau barberman merupakan pekerja profesional yang tidak kalah penting dari profesi bergengsi lainnya.

“Kami ingin mengubah paradigma tersebut dan menjadikan profesi kapster menjadi layak untuk dipertimbangkan sebagai mata pencaharian yang sangat menjanjikan. Kami pun memberikan jenjang karier yang menarik bagi para kapster,” ucapnya.

Demi memiliki kapster yang handal, berkualitas, dan memiliki kepribadian yang baik, Captain Barbershop rutin melakukan sejumlah training untuk meningkatkan softkill maupun hardskill para kapsternya di dunia tata rambut.

Mulai dari kemampuan memotong rambut, smoothing, perming, hingga fashion hair color. Selain itu, Captain Berbershop mendatangkan pelatih dari Korea Selatan untuk memberikan pelatihan memotong rambut yang sedang menjadi tren di Negeri Ginseng kepada para kapster.

Inovasi lain yang dilakukan Captain Berbershop dalam meningkatkan skill para kapsternya adalah menggelar Captain Barber Battle Season II 2023.

Captain Barber Battle yang kali kedua dilaksanakan ini mengangkat tema Creative Inovative Futuristic Cut. Dengan melibatkan lima dewan juri yaitu Yogi Ang (Chief Marketing Officer), Herbit Liauw (Chief Executive Officer), Hendry Liauw (Chief People Officer), serta juri tamu Aseplopang dan Micheel Seecut

Penilaiannya pun menjadi sangat menarik, seperti konsep cukuran, styling, dan kreativitas dari masing-masing peserta. “Di event ini kami mengambil tiga peserta terbaik untuk juara 1-3," ucapnya.

Memperebutkan total hadiah hingga Rp20 juta, Doni Romdoni yang berasal dari cabang Captain Barbershop Citra Garden 2 berhasil menjadi yang terbaik. Posisi kedua diisi Dede Suhendar (Captain Barbershop Bogor 2) dan Lukman Abdulsambaji (Captain Barbershop Citra Garden 2).

Memiliki kapster yang handal, berkualitas, dan punya attitude baik membuat Captain Barbershop sampai saat ini memiliki pelanggan dari berbagai kalangan. Apalagi, Captain Barbershop menghadirkan experience cukur rambut kelas atas dengan harga yang ekonomis.

"Kami sangat fokus pada kepuasan customer, dan terus mengembangkan treatment-treatment yang dibutuhkan para customer, sehingga pelanggan merasakan solusi terbaik untuk urusan penampilannya,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga memiliki fasilitas khusus seperti cabang premiere dan adanya fitur member VIP yang bisa mendapatkan free snack and drinks di seluruh cabang premiere.

Baca juga: Barbershop Kian Menjamur, Ini Jenis Perawatan & Tren Rambut Pria Paling Diminati

Captain Barbershop juga pernah dikunjungi oleh sejumlah tokoh ternama untuk menata potongan gaya rambut mereka, termasuk di antaranya Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, Rich Bryan, Habib Jafar, dan masih banyak lagi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hypereport: Meracik Strategi Meraih Untung dari Live Selling

BERIKUTNYA

Upaya Meningkatkan Ekspor Kerajinan Nasional, Rumah Produksi sampai Pameran Internasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: