Beberapa jenis kamera yang ada di dunia. (Sumber gambar : Freepik)

Intip 10 Jenis Kamera yang Ada di Dunia

01 September 2022   |   22:26 WIB

Kamera menjadi alat yang digunakan seseorang untuk mengabadikan suatu objek ataupun peristiwa yang terjadi. Mayoritas orang saat ini menggunakannya baik sekadar untuk berfoto ria hingga sebagai perangkat untuk menunjang pekerjaan, terutama di bidang fotografi.

Telah ada sejak abad ke-15 berupa Obscura atau kamera lubang jarum, kamera pun saat ini terus beradaptasi seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, mulai dari analog hingga digital seperti yang banyak eksis di pasaran saat ini.

Buat kamu yang hanya tahu kamera ponsel atau DSLR, berikut rangkuman Hypeabis.id terkait jenis-jenis kamera yang ada di dunia. 


1. Kamera Saku atau Compact Digital


Juga dikenal sebagai pocket camera ini merupakan kamera paling simpel dan sederhana. Bentuknya ringkas, memiliki fitur manual dan otomatis, dengan pilihan format foto RAW, serta kemampuan jangkauan lensa yang bisa diperbesar (zoom).  


2. Mirrorless

 

Kamera mirrorless

Kamera mirrorless/Sony



  Kamera ini tidak memiliki cermin dari jendela bidik optic (viewfinder) seperti kamera DSLR, namun kualitas gambar yang dihasilkan setara karena image sensor yang digunakan sama besar. Bentuknya menyerupai kamera saku namun dengan lensa yang bisa diganti-ganti. 


3. DSLR


Digital Single Lens Reflex (DSLR) merupakan jenis kamera lensa tunggal yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Viewfinder (jendela bidik) adalah lubang kecil di belakang kamera tempat kita mengintip objek foto.

DSLR menggunakan lensa kit 18-55mm, namun bisa diganti sesuai kebutuhan. Aksesorisnya pun banyak dan menjadi kamera yang digunakan para fotografer profesional karena kualitas gambar yang dihasilkan. 


4. Kamera Prosumer


Perpaduan kamera saku dan DSLR ini terletak pada bentuk kamera yang mirip DSLR namun lebih kecil.  Kata Prosumer diambil dari kata Professional dan Consumer. Kamera ini memiliki fitur yang lebih lengkap dari kamera saku, antara lain pengaturan exposure dan ISO secara manual.


5. Kamera Digital Prosumer


Disebut juga Bridge CDC (Compact Digital Camera) karena memiliki fungsi untuk menjembatani pengguna kamera saku guna mendapatkan fitur dan kualitas foto yang lebih baik. Kualitas kamera jenis ini berada di antara kamera pocket/kamera saku dengan kamera profesional (DSLR).


6. Kamera Butik

 

Salah satu kamera butik/ Leica

Salah satu kamera butik/ Leica



  Boutique Camera merupakan kamera yang stylish, elegan, dan powerfull. Meski memiliki bentuk yang ringkas, kamera jenis ini mempunyai sensor full frame yang bahkan melebihi kemampuan kamera DSLR. Kamera butik ini rata-rata menggunakan sensor full frame (Leica M9) atau APS-C (X100) dengan kualitas foto atau gambar yang tidak perlu diragukan lagi. 


7. Kamera Polaroid


Disebut sebagai kamera instan atau kamera langsung jadi adalah model kamera yang dapat memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan. Kamera Polaroid ini menggunakan film khusus yang dinamakan sebagai film polaroid yang dapat menghasilkan gambar berwarna atau disebut juga film polacolor.


8. Kamera Aksi


Action camera biasanya lebih banyak digunakan untuk merekam video ketimbang foto. Dengan bentuknya yang portable, dan berukuran lebih kecil dari kamera saku, membuatnya mudah dipasang dimana saja termasuk di atas kendaraan atau di atas helm. Kamera ini digunakan untuk merekam kegiatan ekstrem.


9. Kamera Smartphone


Kamera ini tertanam dalam telepon pintar. Seiring perkembangan teknologi, kualitas kamera smartphone bahkan bisa mengalahkan kualitas kamera digital dengan resolusi tinggi. Kamera ini juga memiliki ragam fitur dan aplikasi. 


10. Kamera Medium Format 


Merupakan kamera yang menggunakan roll film. Keunggulan kamera jenis ini adalah ketajaman dari detail objek yang difoto. Oleh karena itu, kamera medium format sering dipakai untuk kepentingan komersial seperti foto produk.

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Lagi Mau Diet, Park Jimin Pilih Hiatus dari Medsos

BERIKUTNYA

Tips Mengatur Kondisi Finansial bagi Pasangan Milenial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: