Cuplikan film Yellow (2023) karya Elham Ehsas yang masuk dalam Madani Short Films Competition. (Sumber foto: IMDb)

Madani International Film Festival 2023 Berlangsung 7-12 Oktober 2023, Cek Agendanya

28 September 2023   |   12:35 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu festival film keislaman tingkat dunia, Madani Internastional Film Festival akan kembali diselenggarakan tahun ini. Membawa tema Buhul, Madani Internastional Film Festival 2023 siap membawa pesan keberagaman Islam melalui medium film dari perspektif berbagai negara.

Selain Indonesia, negara-negara seperti Palestina, Maroko, Afghanistan, Nigeria, hingga Jepang juga akan menampilkan film-film yang mencerminkan konsep madani melalui perspektif mereka.

Wakil Ketua II Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) Felencia Hutabarat mengatakan, Madani Internastional Film Festival menjadi sarana merefleksikan keberagaman berbagai lapisan masyarakat dan pesan krusial di baliknya. Felencia mengatakan, film merupakan slaah satu medium yang efektif merasuk ke berbagai kalangan.

Baca juga: Madani International Film Festival 2023 Bawa Pesan Buhul Penyimpul Keberagaman Muslim di Dunia

Sutradara & Board Madani International Film Festival 2023 Garin Nugroho menjelaskan, Madani Internastional Film Festival masih membawa nafas madani yang berkaitan dengan adab. Garin mengatakan, festival film memliki peran penting dalam menciptakan ruang-ruang debat dan bertukar pikiran.

Selain menjadi bagian dari hak warga negara, berpikir kritis juga bisa melahirkan perspektif yang menarik, termasuk dalam hal agama yang kerap dipandang tabu. Garin menyayangkan bahwa sekitar 95 persen film berkonsep madani hanya mengangkat keteladanan yang bersinggungan dengan larangan dan kebolehan.

“Sehingga ini tidak membangun sifat untuk menggugat atau mengkritik dan berdampak menciptakan trauma bagi perfilman di Indonesia,” jelas Garin.

Akibatnya, lanjut Garin, banyak produser yang mengambil jalan pintas dengan tema-tema keteladanan dan menghindari stereotip agar tidak mengalami persoalan dalam peredaran. Ini akan berakibat pada kurangnya penciptaan ruang kritis.

Garin mengatakan, Madani Internastional Film Festival mencoba membuka ruang ini melalui film-film unik. Bahwa masyarakat pecinta film tetap bisa mengkritik dan menjalankan salam damai sebagai relaksasi kegembiraan dan keseriusan.

Anggota Komite Film Direktur Madani International Film Festival 2023 Sugar Nadia Azier menjelaskan, terdapat 1.707 submisi film yang masuk ke Madani Internastional Film Festival 2023. Sekitar 1.493 filmnya masuk dalam kategori kompetisi film pendek. Setelah melalui kurasi yang panjang, terdapat 31 film kompetisi dan non-kompetisi dengan berbagai kategori yang tetap dalam sorotan tema tentang perdamaian dan perbedaan.

Adapun Madani Internastional Film Festival 2023 telah membuka submisi sejak tahu lalu dan mendapatkan lebih dari 1.700 film hanya dalam waktu 1,5 bulan. Kemudian film ini dikurasi oleh panitia, dikerucutkan menjadi jumlah ratusan dan dikategorikan dalam film kompetisi dan film non-kompetisi.

“Payungnya masih tentang keberagaman masyarakat muslim di dunia. Selain itu, kita juga perhatikan film-film yan sudah masuk festival besar seperti Sundance,” jelasnya.


Madani International Film Festival 2023

Sugar menjelaskan, Palestina akan menjadi fokus negara dalam festival film tahun ini. Selain mengangkat perjuangan masyarakat Palestina dalam keseharian mereka, Palestina juga dinilai memiliki banyak film-film yang dapat membuka perspektif keislaman. Selain itu, terdapat sekitar 20 program yang berjalan dalam 5 hari penyelenggaraan mulai 7-12 Okober 2023.

Salah satu program yang akan diselenggarakan adalah Program Tenggara yang mengangkat film bertema Islam dari Asia Tenggara. Tidak hanya menyaksikan filmnya saja, akan ada sesi khusus yang membahas perspektif muslim di Asia Tenggara.

Menariknya, Madani International Film Festival 2023 akan mengadakan program Madani Mimbar, yakni sebuah ruang teater terbuka yang bertempat di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

“Kita buat open air, ada diskusi, musik Orkes Taman Bunga dari Padang, musik metal dari Madura, dan bermacan booth buku, makanan, hingga merchandise,” jelas Sugar.

Dengan mimbar terbuka ini, penikmat film dapat menyaksikan tayangan film di area luar ruangan. Madani Internastional Film Festival 2023 juga menyiapkan rencana untuk mendatangkan anak-anak di tingkat SD untuk menonton film anak dalam program Madani Kids.

Festival film ini juga memilih 15 film pendek dari seluruh dunia yang dikompetisikan pada Madani Short Films Competition. Pemenang akan diumumkan pada Closing Night Madani International Film Festival di Epicentrum XXI, 12 Oktober 2023.

Berikut daftar nominasinya:
  1. 48 Hours - Iran
  2. A Prayer - Indonesia
  3. A Ticket to Paradise - Pakistan
  4. Baby Ant - Turki
  5. Bersama Membangun Negeri - Indonesia
  6. Ikinji's Stories - Mesir
  7. Louse - Iran
  8. Sacred Irony - Indonesia
  9. Sary Omir - Kazakhstan
  10. Saudade - Iran
  11. Saya Nikahkan - Indonesia
  12. Subuh (Miracle at Dawn) - Indonesia
  13. The Cave of Tales - Polandia
  14. The Mattress - Iran
  15. Yellow - Inggris

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

POCO Star, Tim Debutan Ini Juara Free Fire Master League Season 8

BERIKUTNYA

Fitur Jam Buat Penguna Spotify Bisa Mendengarkan Lagu Bersama, Cek Caranya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: