ilustrasi pameran buku (Sumber: Unsplash/Freestocks)

IIBF 2023 Siap Gelar Pameran Buku Bertabur Penulis Korea Selatan, Cek Jadwalnya

25 September 2023   |   21:06 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) akan menggandeng Korea Selatan sebagai tamu kehormatan Indonesia International Book Fair (IIBF) 2023. Tahun ini, pameran buku tahunan ke-43 itu ingin membawa pesan literasi antara Indonesia dan Korea Selatan, yang telah memiliki hubungan diplomatik hingga 50 tahun.

Korea sebagai negara maju tak hanya dikenal dengan industri hiburan musik dan layar kaca saja, melainkan juga dengan budaya baca dan industri penerbitan yang kuat. Dengan kerjasama ini, diharapkan IIBF 2023 akan menjadi sarana yang tepat untuk menjembatani pertemuan antara penerbit buku, penulis buku, hingga penggemar buku-buku Korea.

General Manager Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) Kim Hyun-joo menjelaskan, Korea Selatan akan membawa 500 judul buku baru terbitan 2001 hingga 2023, yang terdiri dari kategori buku anak, remaja, hingga majalah dan literatur yang terkait Indonesia dan Korsel. 

“Kami menemukan berbagai buku tentang Indonesia di Korea Selatan, dan di sini ada buku Korea yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia,” katanya.

Buku-buku tersebut akan dibawa KCCI untuk mejeng di gelaran IIBF 2023. Selain menghadirkan ragam buku, KCCI juga akan membawa pengalaman budaya Korea untuk anak, remaja, dan dewasa. 

Baca juga: Intip Model Bisnis Toko Buku Kekinian Berkelit dari Efek Disrupsi Digital
 

Konferensi Pers Indonesia International Book Fair (IIBF) 2023 di Jakarta (Sumber: Hypeabis.id/Indah Permata Hati)

Konferensi Pers Indonesia International Book Fair (IIBF) 2023 di Jakarta (Sumber: Hypeabis.id/Indah Permata Hati)

KCCI juga akan membawa penulis-penulis dengan karya populer di dunia yang berasal dari Korea Selatan. Salah satunya adalah penulis buku novel best seller asal Korea Selatan Jung Eun-young yang populer dengan tulisannya berjudul What’s Wrong with Secretary Kim.

Selain itu, akan hadir pula penulis webtoon, ahli kaligrafi, desainer sampul buku asal Korea Selatan. Penulis webtoon yang akan hadir adalah Ryeong, yang mengkaryakan webtoon Killstagram dan Beauty in a Click dengan capaian 69 juta pembaca.

Tiap-tiap dari bintang tamu ini akan berbagi suka duka dan pengalaman dalam industri kreatif di seminar atau workshop, yang akan diselenggarakan KCCI di IBF 2023. Hyun-joo juga mengatakan bakal ada pembacaan puisi dari salah satu penyair yang menulis buku berbahasa Korea Selatan. 

Perlu diketahui, pameran buku yang telah berlangsung sejak 1980 ini akan berpindah lokasi dari yang sebelumnya berlangsung di Senayan JCC, Jakarta Pusat ke Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. IIBF 2023 akan berlangsung selama 5 hari mulai 27 September hingga 1 Oktober 2023 di Hall 1 ICE BSD.

Diperkirakan bakal ada ratusan ribu buku yang diramaikan oleh kedatangan 150 penerbit di lahan seluas 500 meter persegi. Penikmat buku bisa menikmati buku-buku favorit dari berbagai kategori dengan harga yang variatif. Seperti biasanya, IIBF 2023 juga akan menghadirkan buku-buku diskon hingga 50 persen atau lebih untuk ragam kategori.

Baca juga: Rekomendasi 5 Buku Fiksi & Non Fiksi, Ada Kumpulan Esai hingga Kisah Petualangan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Proses Kreatif Seniman Lokal Muklay, Hadirkan Desain Sepatu Bergaya Artistik

BERIKUTNYA

Platform Social Commerce Bakal Dilarang, Jadi Angin Segar Bagi UMKM?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: