Ilustrasi model fesyen. (Sumber gambar: Molly Mears/Unsplash)

4 Gaya Fesyen Tak Lekang oleh Waktu, Genhype yang Mana?

23 September 2023   |   19:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Lebih dari sekadar kebutuhan untuk berpakaian, fesyen merupakan medium yang digunakan untuk mengekspresikan dirinya. Setiap orang pasti mengalami proses untuk menentukan gaya fesyennya. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh perubahan preferensi, budaya, lingkungan dan yang utama adalah tren.
 
Perubahan tren yang cepat pada fesyen membuat industri ini bergerak secara dinamis. Aspek ini pula yang memberikan kesempatan bahwa dalam dunia fesyen tidak ada patokan yang baku, karena setiap orang memiliki kebebasan berkreasi untuk menggali keunikan gaya dan preferensinya masing-masing. 

Baca juga: 5 Gaya Fesyen yang Inspiratif & Simpel ala Korea
 
Terdapat berbagai tren fesyen yang berkembang di masyarakat. Mulai dari tren yang mengangkat gaya berpakaian seperti kasual, formal atau vintage, tren warna seperti monokrom, pastel dan bermacam warna lainnya hingga tren teknik berpakaian seperti layering serta oversized. Namun, di tengah tren yang terus berkembang, ada beberapa gaya fesyen yang tak lekang oleh waktu.
 
Beberapa jenis ini bisa menjadi pilihan bagi kalian yang sedang ingin mengenal gaya fesyen. Apa saja? Berikut adalah 4 gaya fesyen yang tak lekang oleh waktu.
 

1. Gaya Kasual

Gaya kasual adalah jenis gaya yang santai, nyaman, dan tidak terlalu formal. Bagi mereka yang mengadopsi gaya ini, cenderung memilih pakaian yang tidak rumit dan mudah dipadukan. Gaya kasual cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari, seperti berjalan-jalan, pertemuan santai, ataupun hangout bersama kerabat. 

Gaya kasual. (Sumber gambar: Force Majeure/Unsplash)

Gaya kasual. (Sumber gambar: Force Majeure/Unsplash)

Bagi kaum pria yang ingin tampil kasual, dapat memadukan jeans dengan kaos polos, serta tambahkan juga trucker jacket untuk menambah kesan maskulin. Sementara bagi kaum perempuan, kamu bisa kenakan loose denim ataupun baggy jeans, tak lupa juga memakai flat sandals ataupun flat shoes untuk menambah kenyamanan di setiap aktivitasmu.

Baca juga: Ini Dia Gaya Fesyen Kasual dari Merek Lokal ala Greysia Polii
 

2. Gaya Streetwear

Gaya streetwear terinspirasi oleh budaya urban dan jalanan perkotaan. Streetwear biasanya identik dengan pakaian yang nyaman dan mencolok dengan desain yang kreatif. Gaya ini sering diidentifikasi dengan sentuhan aksen dan detail yang berwarna, serta elemen dari budaya pop.
 

Streetwear fashion. (Sumber gambar: Mike Von/Unsplash)

Streetwear fashion. (Sumber gambar: Mike Von/Unsplash)

Untuk menciptakan tampilan streetwear yang keren, kenakan kaos ataupun kemeja dengan grafis unik, dan lengkapi dengan sneaker trendy atau sepatu dari untuk menambah sentuhan pop culture jalanan. Sementara bagi perempuan yang ingin tampil bergaya streetwear salah satunya bisa memakai celana kargo yang dipadukan dengan t-shirt dan sneakers.
 

3. Gaya Minimalis

Gaya minimalis adalah tentang kesederhanaan dan penampilan rapi. Mereka yang mengadopsi gaya ini cenderung memilih pakaian dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, dan nude. Gaya ini menekankan kebersihan, potongan pakaian yang rapi, dan aksesori yang minim.
 

Gaya Minimalis (Sumber gambar: Pexels/Andrea Piacquadio)

Gaya Minimalis (Sumber gambar: Pexels/Andrea Piacquadio)

Untuk tampilan yang bersih dan elegan, padukan atasan berwarna netral seperti kemeja atau polo shirt dengan parisian pants hitam yang sederhana. Agar gaya minimalis kalian semakin rapi ketika membawa barang bawaan, gunakan berbagai varian tas, seperti backpack, totebag, hingga laptop bag untuk berbagai keperluan aktivitas.
 

4. Gaya Elegan

Gaya fesyen berikutnya adalah elegan. Gaya ini menonjolkan nuansa tampilan yang anggun, rapi, dan berkelas. Gaya ini cocok untuk acara-acara formal seperti gala, pesta, atau acara resmi lainnya.
 

Gaya elegan (Sumber gambar: Pexels/Ecaterina Madeline)

Gaya elegan (Sumber gambar: Pexels/Ecaterina Madeline)

Gaya elegan seringkali memberikan perhatian khusus pada detail, seperti potongan pakaian yang tepat, bahan yang berkualitas tinggi, dan aksesori yang matching. Untuk tampilan dengan gaya satu ini, kalian dapat mengenakan gaun berwarna gelap dengan aksesoris tanpa warna mencolok. 
 
Padukan dengan sepatu heels yang selaras dengan gaunmu, serta pastikan juga membawa tas ataupun pouch yang cocok dengan warna gaun. Bagi kalian yang berhijab, bisa menegaskan kesan eleganmu misalnya dengan mengenakan ragam varian scarf.

Baca juga: Padu Padan Outfit Wanita yang Modis & Elegan untuk Ke Kantor

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Eksklusif Profil CEO Trinity Optima Production Yonathan Nugroho: 2 Dekade Mencetak Artis Multitalenta

BERIKUTNYA

TWS Khusus Olahraga Makin Diminati di Indonesia, Fitur Makin Canggih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: