Pemain bola voli. (Sumber gambar: Pexels/ Pavel Danilyuk)

Lawan China, Timnas Bola Voli Indonesia Berpeluang Langsung Menuju Babak Empat Besar

22 September 2023   |   13:49 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tim Nasional bola voli Indonesia berhasil melaju ke babak 12 besar setelah menang meyakinkan atas Afghanistan dalam ajang Asian Games 2023 yang berlangsung di Deqing Sports Center Gymnasium China. Kini, Garuda bersiap menghadapi tim nasional bola voli tuan rumah yang berhasil menjadi juara grup. 

Dikutip dari akun resmi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Indonesia akan menghadapi China pada babak 12 besar Asian Games Hangzhou 2022 pada pukul 18.00 WIB, Jumat, 22 September 2023. Pertandingan keduanya akan diselenggarakan di LSC Gymnasium, sehingga besar kemungkinan akan ditayangkan oleh Broadcaster Asian Games.

Baca juga: Cek Jadwal Laga Voli Putra Asian Games 2023, Timnas Indonesia Bakal Lawan Jepang

Indonesia berhasil melaju sampai dengan saat ini setelah berhasil mengalahkan Afghanistan dengan 3 babak tanpa balas. Pada babak pertama, Garuda berhasil menekuk tim timur tengah dengan skor 25–18.

Kemudian, Indonesia juga berhasil menunjukkan dominasi dengan memenangkan babak kedua dan ketiga dengan skor masing-masing 25–21 dan 25-17. Langkah Hernanda Zulfi dan kawan-kawan mencapai 12 besar juga dapat terjadi lantaran Filipina takluk dari Jepang dalam laga terakhir Grup F.

Di grup ini, Merah Putih berhasil menjadi juara dua dengan poin 6 setelah dalam tiga kali pertandingan berhasil menang dua kali dan kalah satu kali. Indonesia meraih kemenangan saat bertemu dengan Afghanistan dan Filipina. Sementara itu, kekalahan terjadi ketika Farhan Halim dan kawan–kawan harus berhadapan dengan tim nasional Jepang.

Di sisi lain, China yang menjadi lawan Indonesia berhasil melaju ke babak 12 besar setelah menjadi juara grup. Negara yang juga dikenal dengan Negeri Tirai Bambu itu mencatatkan dua kemenangan berturut-turut, yakni saat melawan Kazakhstan dan Kyrgyzstan.

Grup F adalah satu-satunya kelompok yang terdiri dari 4 tim nasional. Sementara grup lainnya hanya terdiri dari tiga tim nasional.

Pemenang pertandingan antara Indonesia dan China akan melaju ke babak empat besar. Mereka bertemu dengan pemenang pertandingan antara tim nasional Jepang, Kazakhstan, India, dan Taipei.

Saat ini, Kazakhstan akan berhadapan dengan Jepang dan India melawan Taipei. Pemenang antara keduanya akan saling bertemu untuk bertanding dengan pemenang pertandingan antara Indonesia dan China.

Untuk diketahui, saat ini, Jepang merupakan tim terkuat di Asia. Berdasarkan data Federasi Bola Voli Dunia (FIVB), negara yang juga dikenal sebagai Negeri Sakura itu menempati peringkat 5 dunia dengan poin 334,34.

Jepang berada di bawah Polandia (409,90), Amerika Serikat (378,90), Italia (366,47), dan Brasil (337,28). Sementara itu, negeri itu berada di atas Argentina (318,81), Prancis (318,31), Slovenia (299,21), Serbia (268,94), dan sebagainya.

Sementara itu, dikutip dari laman Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Indonesia mengirimkan 12 atlet voli untuk mengikuti ajang tersebut. Mereka adalah Dio Zulfikri (DKI Jakarta); M Malizi (DKI Jakarta); Fahri S Putratama (DI Yogyakarta); Boy Arnez Arabi (Jawa Barat); Hendra Kurniawan (Jawa Barat); Farhan Halim (Jawa Barat).

Kemudian, ada Doni Haryono (Jawa Tengah); Jasen Natanael Kilanta (Jawa Barat); Fahreza R Abhinaya (Jawa Timur); Hernanda Zulfi (Jawa Timur); Amin Kurnia Sandi Akbar (Jawa Barat), dan Agil Angga Anggara (Jawa Timur).

Baca juga: Cek Jadwal & Nama Pemain Timnas Voli di Asian Games 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

6 Jenis Kucing yang Menggemaskan, dari Persia hingga Siam

BERIKUTNYA

Suga BTS Mulai Wajib Militer Sebagai Pekerja Layanan Publik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: