Aktor Iko Uwais berperan sebagai Rahmat dalam film The Expendables 4. (Sumber gambar: Lionsgate)

Profil Iko Uwais, Dari Belajar Pencak Silat hingga Jadi Aktor Laga Kenamaan

20 September 2023   |   20:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Di atas sebuah kapal besar di tengah lautan, aktor Iko Uwais tampak sedang beradu fisik dengan Jason Statham, aktor asal Britania Raya. Mengenakan setelan hitam lengkap dengan jaket dan sepatu boots kulit senada, aksi bela diri Iko Uwais tampak cekatan melawan Statham yang berperan sebagai musuhnya.

Tanpa senjata, Iko menunjukkan kemampuan bela dirinya mulai dari memukul, menendang, dan mendorong lawannya hingga terjatuh. Klip film itu tampak menampilkan sosok Iko sebagai karakter tangguh yang tak terkalahkan. "Apa itu [kekuatan] terbesar yang kamu miliki?" katanya menutup aksinya.

Itu adalah cuplikan kisah laga Iko Uwais yang berperan sebagai Rahmat dalam film Expend4bles atau The Expendables 4 yang akan dirilis di bioskop pada 22 September 2023. Dalam film besutan sutradara Scott Waugh itu, Iko hadir sebagai villain atau karakter antagonis utama.

Baca juga: 5 Pemeran Utama Film The Expendables 4, Sylvester Stallone hingga Iko Uwais

Sang aktor berperan sebagai Rahmat, seorang mantan tentara yang menjadi pedagang senjata. Rahmat adalah pemimpin pasukan swasta dalam jumlah anggota yang besar dan tak lain merupakan musuh utama dari The Expendable.

The Expendables 4 menjadi film pertama yang dibintangi Iko pada tahun ini setelah membintangi Fistful of Vengeance pada 2022. Sebagai aktor, Iko memang dikenal berkat kemampuan aktingnya yang mumpuni dalam membintangi film-film laga baik lokal maupun internasional.

Pria berusia 40 tahun itu boleh dibilang menjadi salah satu aktor Indonesia yang sering hadir dalam sejumlah proyek film Hollywood. Perannya dalam film internasional dimulai ketika membintangi film Star Wars: The Force Awakens (2015) garapan sutradara J.J. Abrams. Dalam film itu, Iko berperan sebagai Razoo Qin-Fee.

Namun, karier Iko sebagai aktor telah dimulai sejak 2009. Kala itu, pria kelahiran 12 Februari 1983 itu bermain dalam film Merantau dan berperan sebagai Yuda, seorang pemuda Minang yang memiliki kemampuan Silat Harimau. Film garapan sutradara asal Inggris Gareth Evans itu tayang di Puchon International Fantastic Film Festival (Festival Film Fantastik Internasional) di Puchon, Korea Selatan dan Fantastic Fest di Austin, Texas.
 

Iko Uwais membintangi film The Raid

Iko Uwais membintangi film The Raid 2: Berandal. (Sumber gambar: XYZ Films)

Lekat dengan Silat

Silat, bela diri, dan laga adalah kata-kata yang memang tampaknya melekat pada Iko sebagai aktor. Kemampuannya itupun didapatkan dari proses latihan yang terbilang panjang. Lahir dan dibesarkan di lingkungan Betawi, membuat aktor pemilik nama asli Uwais Qorny itu memang telah belajar seni bela diri pencak silat khas Betawi di perguruan asuhan pamannya, Tiga Berantai, sejak 1993.

Pada tahun 2005, dia menjadi pesilat terbaik dalam kategori demonstrasi pada Kejuaraan Silat Nasional. Di ajang pencak silat, Iko pernah mengukir prestasi sebagai Juara III, Kejuaraan Daerah Antar Perguruan DKI Jakarta tahun 2003, dan sebagai Penampilan Terbaik Kategori Dewasa Tunggal pada Festival Pencak Silat Cibubur 2005

Selain menggeluti persilatan, Iko juga aktif bermain sepak bola. Dia sempat menjadi gelandang dalam Liga-B klub sepak bola Indonesia. Namun, impiannya menjadi bintang sepak bola terhenti setelah klub yang menaunginya bangkrut. 

Keterampilan silatnya itulah yang justru telah memberinya kesempatan untuk bepergian ke luar negeri dalam beberapa peragaan pencak silat di Inggris, Rusia, Laos, Kamboja, dan Prancis.
 

Kolaborasi dengan Gareth Evans

Pada 2007, bakat silat Iko ditemukan oleh sutradara film Wales, Gareth Evans, yang sedang melaksanakan proses syuting untuk sebuah film dokumenter tentang silat di sekolah silat Iko. Karisma alami Iko yang besar di depan kamera mendorong Evans untuk menjadikan dia sebagai pemeran utama untuk film seni bela diri pertamanya, Merantau.

Setelah menandatangani kontrak lima tahun dengan Gareth Evans dan perusahaan produksinya, Iko mengundurkan diri dari pekerjaan kesehariannya yaitu sebagai sopir di sebuah perusahaan telekomunikasi. Sejak film pertamanya, Iko mantap untuk berkarier di dunia seni peran khususnya film-film laga.

Kolaborasi kedua Iko dengan Evans hadir dalam film The Raid yang dirilis pada 2012. Film ini semakin melambungkan nama Iko ke kancah perfilman dunia setelah mendapatkan pujian kritis dari para kritikus dan penonton di berbagai festival.

Kala itu, film yang memiliki judul internasional The Raid: Redemption itu dinilai sebagai salah satu film seni bela diri terbaik setelah periode bertahun-tahun. Selain menjadi pemain, dalam film ini Iko juga berperan sebagai koreografer bersama rekan sesama aktor sekaligus pesilat, Yayan Ruhian.

Adapun, setahun berselang, sekuel film itu dirilis dengan judul The Raid 2: Berandal pada 2013. Film tersebut merupakan proyek kolaborasi ketiga Iko bersama Gareth.

Sejumlah film dan serial laga lain juga telah dibintangi Iko baik lokal maupun internasional diantaranya Snake Eyes (2021), Stuber (2019), Triple Threat (2019), Wu Assassins (2019), Mile 22 (2018), The Night Comes For Us (2018), Beyond Skyline (2017), Headshot (2016), dan Man of Tai Chi (2013).
 

Sebentara lagi, penonton akan bisa menyaksikan penampilan Iko kembali dalam film laga terbarunya yakni The Expendables. Dalam film itu, Iko akan beradu akting dengan sejumlah aktor Hollywood kenamaan seperti Sylvester Stallone, Randy Couture, Jason Statham, dan Dolph Lundgren.

The Expendables 4 akan kembali menampilkan cerita pertarungan menegangkan yang digawangi oleh tim The Expendable. Tentara bayaran elite tersebut akan berhadapan dengan sekelompok penjahat yang dipimpin oleh seorang mantan tentara yang menjadi pedagang senjata.

Dia memiliki pasukan pribadi yang tak kalah saing dengan tentara bayaran The Expendable. Kelompok tentara bayaran terkemuka itu kali ini akan terlibat dalam konspirasi antara Rusia dan Amerika Serikat. Konspirasi itu akan memicu konflik nuklir antara dua negara tersebut hingga berpotensi pecahnya Perang Dunia III.

Berbekal setiap senjata dan keterampilan yang mereka punya, The Expendable menjadi benteng terakhir yang bertanggung jawab menyelamatkan dunia ketika tidak ada opsi lain. Namun, di tengah mereka juga akan hadir anggota tim baru dengan gaya dan taktik baru yang akan semakin mempersengit pertarungan.

Baca juga: Sinopsis Film The Expendables 4, Iko Uwais jadi Pedagang Senjata

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Carat Siap-Siap, Mini Album SEVENTEENTH HEAVEN Meluncur 23 Oktober 2023

BERIKUTNYA

Jangan Sepelekan Merawat Gigi & Gusi, Berbagai Penyakit Serius Mengintai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: