Iguana Hijau ( Sumber gambar: Cindy Wiliams Moore/Unsplash)

Perhatikan 4 Cara Merawat Iguana Bagi Pemula

20 September 2023   |   08:04 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Memelihara seekor hewan merupakan salah satu cara untuk mengisi waktu senggang. Genhype bisa memilih jenis hewan yang sesuai dengan karakter kalian sendiri.  Hal ini penting agar ketika pemeliharaan kalian dan hewan yang diadopsi merasa nyaman satu sama lain sehingga tidak mudah stres.

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memelihara hewan adalah perawatan dan kebutuhan makan hewan tersebut. Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga membutuhkan ruang dan pelayanan yang baik, agar  tidak mudah sakit atau cepat mati, misalnya saat memelihara hewan Iguana.

Baca juga: 5 Pertimbangan Sebelum Memelihara Hewan di Dalam Rumah

Bagi Genhype yang ingin merawat hewan yang masuk dalam jenis reptil ini, kalian wajib memperhatikan makanan dan juga perawatannya. Ali Rohman, pengelola di rumah penangkaran hewan RepJak (Reptil Jakarta), membagikan kiat merawat Iguana bagi pemula.

1. Mencari Informasi tentang Iguana
Bagi kalian yang menyukai hewan antimainstream yang satu ini, wajib untuk mengetahui  informasi apa saja terkait iguana. Hal ini berfungsi agar kalian dapat menentukan jenis iguana yang cocok bagi pemula.

“Saya menyarankan bagi yang pemula bisa memelihara jenis iguana kecil, karena mudah untuk dijaga, tidak lompat-lompat, dan juga tidak menggigit,” jelas Ali Rohman atau yang sering disapa Ali ini.

Dilansir dari situs Animal Diversity, iguana kecil disebut juga sebagai Iguana Delicatissima atau Iguana Antilles Kecil. Jenis ini biasanya dapat tinggal di berbagai tempat berdasarkan musim, misalnya di tempat lembap, kering, subtropis hingga semi tropis.
 
2. Mempersiapkan Kandang Iguana
Memiliki tempat tinggal yang nyaman akan meminimalisir tingkat stres pada hewan. Iguana pun membutuhkan tempat yang cukup luas dan terbuka agar menjaga proses termoregulasi atau proses hewan menjaga suhu tubuhnya sehingga selalu berada pada keadaan normal.

Jadi, penggunaan kandang yang luas dan lebih besar dari ukuran tubuh iguana sangat disarankan. Tidak hanya itu, bagi kalian yang ingin mempercantik kendang, dapat menambahkan aksesori lain.

Rata-rata penggemar ingin melihat kandang yang bagus, itu bisa ditambahkan dengan pasir, sehingga iguana lebih nyaman, ini juga karena iguana suka tempat kering,” jelas Ali.
 
3. Pencahayaan  dan Suhu yang Cocok Untuk Iguana
Iguana merupakan jenis reptil yang sangat aktif di malam hari dan pada siang hari iguana akan lebih diam atau beristirahat, oleh karena itu hewan ini disebut juga sebagai diurnal. Bagi kalian yang ingin memelihara hewan reptil yang satu ini, wajib memerhatikan pencahayaan dan juga suhu yang cocok. Iguana akan merasa nyaman tinggal di suhu sedang yakin 24-31 derajat celcius.

Iguana ini menyukai tempat yang bersuhu sedang. Dia ini masuk dalam hewan diurnal atau hewan yang aktif di malam hari, terus kalau siang dia biasanya lebih banyak tertidur," tutur Ali.

4. Pemberian Makanan dan Perawatan ketika Sakit.
Sama seperti manusia yang membutuhkan makanan, begitupun dengan hewan peliharaan. Memberikan makanan yang sehat membantu proses pencernaan dan juga menjaga kesehatan tubuh si hewan. Kalian dapat memberikan makanan berupa sayuran hijau seperti sawi hijau, bayam, daun pisang raja,  daun selada, dan juga berbagai jenis serangga.

Kalau untuk makanan kalian bisa memberi sayuran hijau  dan juga serangga, kalau iguana kecil biasanya kami kasih minum dengan cara disemprot pada bagian mulutnya. Sedangkan kalau masalah kesehatan, iguana sering mengalami masalah pencernaan, biasanya kita kasih antibiotik yang sama seperti antibiotik manusia jelas Ali.
 
Baca juga: Rekomendasi 4 Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak

Itulah beberapa hal yang wajib Genhype ketahui sebelum merawat iguana. Iguana sendiri terdiri dari beberapa jenis misalnya iguana hijau, iguana laut, red iguana, albino iguana,  iguana biru, iguana rhino, iguana super red, marine iguana, beserta masih banyak lagi. Kalian juga dapat mencari referensi jenis iguana yang cocok untuk dipelihara bersama ahli agar tidak salah memilih.
 
 
 Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Resensi Antologi Bulan Desember, Kisah Melankolis yang Penuh Kenangan

BERIKUTNYA

Tip Memilih Bingkai Kacamata Sesuai Bentuk Wajah, Biar Tampil Lebih Stylish

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: