Ilustrasi Instagram (Sumber gambar: Unsplash/Solen Feyissa)

Waspadai Gunakan Jasa Open Blocking Akun Instagram, Mending Benerin Sendiri Deh

01 September 2023   |   15:52 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Jasa open blocking atau memulihkan akun Instagram yang tiba-tiba terblokir kian diminati. Padahal, cara instan ini menyimpan banyak risiko keamanan dan tentu saja rawan penipuan. Dibanding memakai jasa orang lain, lebih baik pengguna melakukan pemulihan secara mandiri.

Jasa pemulihan akun Instagram cukup rawan karena diduga ada modus penipuan yang terjadi. Modus ini juga ada kaitannya dengan jasa blokir Instagram. Ada dugaan si penyedia jasa bermain dua kaki, yakni menerima uang dari pembeli jasanya, sekaligus korban saat akun Instagramnya ingin dipulihkan.

Di sisi lain, menyerahkan akun Instagram ke orang lain hanya untuk pemulihan juga berisiko. Sebab, ada potensi data diri pribadi dan segala hal yang ada di Instagram jatuh ke tangan penyedia jasa. Apalagi, jika ternyata penyedia jasa itu palsu dan hanya modus belaka.

Baca juga:  Rekomendasi 8 Fotografer dengan Karya Unik yang Wajib Kalian Follow di Instagram

Oleh karena itu, dibanding meminta jasa pihak ketiga, alangkah baiknya kita melakukannya sendiri. Terlebih, sebenarnya cara yang dilakukan ini cukup mudah.

Melansir dari laman Help Instagram, ada beberapa langkah pertama penting yang bisa dilakukan pengguna ketika akun miliknya terblokir. 

Jika akun Instagram pengguna dinonaktifkan, segera cek email atau tautan akun lain untuk melihat pesan yang memberitahukan kapan terakhir kali seseorang mencoba masuk ke akun pribadimu. Sebab, bisa jadi alasan utamanya adalah karena akun di-hack oleh orang lain. Meskipun demikian, sebenarnya tak menutup kemungkinan juga hal ini terjadi akibat tidak mengikuti pedoman komunitas.

Jika pengguna merasa akun Anda dinonaktifkan karena kesalahan, pemilik akun dapat meminta pihak Instagram untuk meninjau keputusan tersebut dengan membuka aplikasi. Terlebih jika pengguna merasa dirinya tidak melakukan pelanggaran komunitas jenis apa pun.

Pengguna diberi opsi untuk melakukan protes agar pihak Instagram mau mengecek kembali keputusannya. Berikut panduannya.
  1. Bukalah aplikasi Instagram di ponsel
  2. Masukkan nama pengguna dan kata sandi
  3. Instagram akan menginformasikan bahwa akun Anda telah dinonaktifkan
  4. Ketik opsi Selengkapnya
  5. Pada halaman Pelajari Akun Selengkapnya, pilihlah opsi Hubungi Kami.
  6. Jika akun Anda adalah bisnis, klik Iya. Namun, jika bersifat individu, klik Tidak, lalu kirim.
  7. Isilah data yang dibutuhkan oleh pihak Instagram. Lalu, masukkan email.
  8. Buka email yang dikirim Instagram dan iikuti petunjuk selanjutnya sesuai instruksi

Namun, jika pengguna tidak melihat pesan yang dinonaktifkan, pemilik akun mungkin sedang mengalami masalah login.  Di sisi lain, jika akun pengguna dihapus oleh Anda sendiri atau seseorang yang mengetahui kata sandi Anda, tidak ada cara untuk memulihkannya.

Pengguna hanya dapat membuat akun baru dengan alamat email yang sama dengan yang pernah gunakan sebelumnya. Akan tetapi, Anda mungkin tidak bisa mendapatkan nama pengguna yang sama. 

Baca juga:  Cek Harga Meta Verified & Cara Berlangganan Akun Centang Biru di Facebook, Instagram & Threads

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Kopi Kenangan Hanya Untukmu Dukung Perfilman Tanah Air

BERIKUTNYA

Annyeonghaseyo, Ada 7 Galeri asal Korea Selatan yang Bakal Hadir di Art Jakarta 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: