Penggunaan aksesoris untuk mempercantik penampilan hewan peliharaan ( Sumber gambar: Edson Torres, Unsplash)

5 Rekomendasi Aksesori Untuk Mempercantik Hewan Peliharaan

13 September 2023   |   22:30 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Bagi sebagian orang, rela melakukan apa saja untuk merawat hewan peliharaannya. Beberapa hewan yang memiliki banyak peminat misalnya kucing dan anjing. Dua hewan tersebut banyak diadopsi pasalnya anabul ini memiliki berbagai jenis karakter dan juga tingkah yang menggemaskan.

Selain itu, bagi para pencinta hewan, merawat peliharaan merupakan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya meluangkan waktu untuk memeriksa kesehatannya, membersihkan kandang, memberi makan, hingga membersihkannya dari kotoran.

Baca juga: Kenali 5 Ras Anjing Langka yang Banyak Dicari Pencinta Anabul

Selain itu, beberapa orang juga bisa merogoh kocek yang cukup banyak untuk merawat hewan peliharaan, seperti menyediakan berbagai aksesori dan alat perawatan.

Ditemui di acara Petspedia: Pets Bazaar, Sakinah Malia, seorang marketing di Treats For Tails Pet Shop menjelaskan beberapa rekomendasi aksesori yang dapat digunakan pada kucing dan anjing.

1. Harness
Harness merupakan tali yang digunakan untuk menuntun hewan peliharaan saat berjalan-jalan. Bagi kalian yang memelihara kucing atau anjing, wajib memiliki harness untuk memudahkan kalian menjaga anabul ketika berada di lingkungan yang ramai.

Harness memiliki tiga tipe, yakni 8-shaped yang membantu melatih kedisiplinan hewan karena jenis tali penuntun ini akan menekan bagian leher hewan ketika bergerak terlalu kuat.

Kemudian tipe shoulde, yang membantu menekan bagian dada anjing yang bergerak secara liar. Dan yang ketiga tipe fashionable, yang memiliki gaya lebih kekinian dengan fungsi yang sama seperti kedua tipe sebelumnya.

Namun, untuk tipe yang ketiga ini tidak direkomendasikan bagi kalian yang memiliki ukuran hewan besar. Beberapa rekomendasi harness bagus seperti best guard dog dan breathable harness leash.

2. Kalung Hewan
Bagi kalian pencinta hewan, bisa mencoba untuk menggunakan kalung anjing atau choke chain. Dengan kalung ini, hewan peliharaan akan terlihat lebih cantik dan juga menggemaskan.

Selain itu, dengan menggunakan kalung anjing dapat menjadi tanda pada hewan peliharaan. Choke chain, ini biasanya tebuat dari plastik, nilon, karet, hingga besi. Rekomendasi kalung yang cantik, misalnya dog collar leash 1 cm,  LED pet collar, dan kalung anjing nilon rantai.

3. Pakaian hewan
Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga memiliki pakaian khusus. Dengan menggunakan pakaian anjing pada saat berjalan-jalan, bisa melindungi tubuhnya dari cuaca buruk, goresan atau luka, juga sebagai  fesyen yang stylish untuk anjing.

Kalian juga dapat memiliki beberapa jenis kain yang digunakan untuk membuat pakaian hewan. Misalnya bahan katun, wol, rajut, fleece dan juga kaos.

4. Mainan hewan
Mainan hewan berfungsi sebagai item alternatif agar hewan tidak merusak interior rumah seperti sofa. Bisa juga sebagai alat bantu olahraga bagi hewan, dan mengurangi stres pada hewan.

Bagi kalian pencinta hewan, tentu saja akan mencari beberapa mainan yang berkualitas. Malia juga merekomendasikan beberapa mainan yang bisa dicoba. Misalnya polish friendz, melody caser, crunchy neck, suppa suppa toy, suppa puppa racon, dan bola karet.
 
5. Sampo, bedak, parfum, dan tisu basah hewan

Sama seperti manusia, hewan juga wajib untuk dirawat loh. Hal ini berfungsi agar hewan peliharaan tetap bersih, jauh dari penyakit, dan juga wangi. Beberapa perawatan yang bisa kalian lakukan di rumah antara lain menyisir bulu anjing secara berkala, menggunakan parfum dan bedak, dan juga menggunakan tisu basah untuk membersihkan sisa kotoran hewan.

Peralatan perawatan yang direkomendasikan itu contohnya raid all miconazole shampoo, bedak doris yang membantu menjaga kesehatan dan kelembutan bulu hewan, deodoran anjing penyegar WAHL, dan tisu basah yang digunakan untuk membersihkan kotoran anjing misalnya absorb plus antibacterial pet wipes.
 
Baca juga: Hari Anjing Internasional 26 Agustus, Yuk Cek Ras Anjing Termahal di Indonesia

Itulah beberapa aksesori dan juga perawatan yang dapat kalian coba untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Dengan merawat hewannya, kalian akan menemukan kepuasan tersendiri.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Spesifikasi Huawei Mate 60 Series & Mate X5, Smartphone yang Bikin Heboh China dan AS

BERIKUTNYA

8 Selebritas dengan Kostum Terbaik di MTV VMAs 2023, Shakira hingga Taylor Swift

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: