Salah satu ras anjing langka. (Foto: Cristian Castillo/Unsplash)

Kenali 5 Ras Anjing Langka yang Banyak Dicari Pencinta Anabul

13 September 2023   |   15:35 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Memelihara anjing atau kucing menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban saat ini. Bukan sekadar untuk hobi, memiliki hewan peliharaan anabul bisa juga menjadi teman yang mengisi berbagai kegiatan seru ketika menikmati waktu luang.

Anjing misalnya, merupakah salah satu hewan yang sangat bersahabat dan penuh cinta. Beberapa jenis anjing juga sangat ramah dan setia pada pemiliknya. Terkadang anjing-anjing ini juga bisa merasakan hal yang dirasakan oleh tuannya loh.

Baca juga: Hari Anjing Internasional 26 Agustus, Yuk Cek Ras Anjing Termahal di Indonesia

Lantaran sifatnya itu, makin banyak para pencinta anabul yang meminang anjing untuk dipelihara, bahkan berburu jenis ras anjing yang langka dengan harga yang cukup mahal sekalipun. 

Mayoritas ras anjing dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita, salah satunya anjing ras Indonus. Namun terdapat beberapa jenis anjing lainnya yang sulit untuk ditemukan seperti Biewer Terrier, Mudi dan Lagotto Romagnolo.

Ada banyak lagi jenis ras anjing langka yang banyak dicari para pencinta anabul. Rhefan Christian Harefa, pengelola Toko Alesya Pet menjelaskan beberapa jenis anjing yang tergolong dalam anjing langka tersebut, saat ditemui di Pets Bazaar di Lippo Mall Kemang. Yuk simak penjelasannya.

1. Anjing Biewer Terrier
 

Biewer Terrier (Sumber gambar: Zhang-Zhang, Unsplash)

Biewer Terrier (Sumber gambar: Zhang-Zhang, Unsplash)


Jenis anjing ini merupakan salah satu hewan peliharaan yang tergolong langka. Biewer Terrier memiliki  sifat yang periang, aktif, gesit, mudah dilatih, dan mudah bergaul bahkan dengan jenis anjing lainnya.

Dengan ukuran tubuhnya yang mungil, anjing ini sangat cocok untuk dibawa bepergian, misalnya berjalan-jalan di lingkungan rumah.

2. Anjing Mudi
 

Anjing Mudi (Sumber gambar: Jeff Kweba, Unsplash)

Anjing Mudi (Sumber gambar: Jeff Kweba, Unsplash)


Jenis ras ini merupakan salah satu anjing pengembala yang terkenal akan kepintarannya serta memiliki energi yang besar (powerfull). Anjing yang berasal dari Hongaria ini memiliki sifat yang cenderung defensif terhadap orang-orang sekitarnya, apalagi kepada tuannya.

Selain itu, anjing Mudi juga terkenal akan kesetiaannya terhadap sang pemilik. Namun, yang menjadi masalah, saat ini jenis anjing Mudi sudah sangat jarang ditemukan di berbagai tempat di Indonesia.

3. Anjing Lagotto Romagnolo
 

Lagotto Romagnolo (Sumber gambar: Stephend Kidd, Unsplash)

Lagotto Romagnolo (Sumber gambar: Stephend Kidd, Unsplash)


Jenis anjing lucu yang satu ini memiliki ciri bulu yang lebat dan juga keriting sehingga menciptakan kesan menggemaskan setiap kali melihatnya. Ets, meskipun terlihat lucu, anjing ini juga sangat lihai mencari makanan, salah satu makanan kesukaannya adalah jamur truffle.

Jenis ras Lagotto Romagnolo ini juga memiliki sifat penyayang, setia, aktif atau lincah, mudah dilatih, memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi dan juga sangat dekat dengan sang pemilik.

4. Anjing Xoloitzcuintli
 

Xoloitzcuintli (Sumber gambar: Cole Wyland, Unsplash)

Xoloitzcuintli (Sumber gambar: Cole Wyland, Unsplash)


Anjing yang berasal dari Meksiko ini dikenal sebagai pembawa rezeki dan dan keberuntungan dalam budaya Suku Aztec. Jenis anjing memiliki berbagai ukuran, mulai dari kecil, sedang, hingga besar. Tidak seperti anjing umumnya yang memiliki bulu tebal, jenis hewan peliharaan yang satu ini justru berbulu sangat pendek.

Selain itu, anjing Xoloitzcuintli juga memiliki kulit yang halus. Jenis anjing dari ras Meksiko kuno ini juga terkenal akan sifatnya yang penyayang dan juga setia kepada pemiliknya. Selain itu, anjing ini juga terkenal galak jika sudah ada yang mengikutinya.

5. Anjing Otterhound
 

Otterhound (Sumber gambar: Roberto Nickson, Unsplash)

Otterhound (Sumber gambar: Roberto Nickson, Unsplash)


Jika sekilas jenis anjing ini akan terlihat mirip dengan Lagotto Romagnolo. Namun yang membedakan keduanya, jika Lagotto Romagnolo terkenal sebagai pencuri jamur truffle, nah kalau Otterhound lebih dikenal sebagai pemburu hewan air, seperti Berang-berang.  

Anjing ini memiliki ciri berbulu tebal dan anti-air, memiliki berat badan kurang lebih 36-45 kg, memiliki tubuh yang kuat  dan juga telinga panjang. Jenis anjing yang berasal dari Inggris ini memiliki sifat penyayang, gesit, setia, dan juga aktif.

Baca juga: Bukan Border Collie, Ini Ras Anjing Paling Pintar di Dunia

Nah itulah beberapa jenis anjing yang tergolong langka. Bagi kalian pecinta anabul ini juga dapat memperoleh beberapa koleksi anjing yang dijual di Alesya Pet yang berlokasi di Bandung dengan kisaran harga mulai dari Rp6 juta hingga Rp8 juta.

Selain itu, tempat ini juga menjual berbagai macam jenis kucing. Misalnya Kucing Birman dan Kucing Siam dengan berbagai ukuran.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mengenal Pentingnya Teknologi Customer Experience untuk Kemajuan Bisnis

BERIKUTNYA

Idola K-pop Borong Penghargaan di MTV Video Music Awards 2023, Siapa Saja?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: