Naiknya kadar asam dalam lambung menyebabkan maag ( Sumber gambar: Cottondbro studio, Pexels.com)

Simak 5 Cara agar Terhindar dari Penyakit Mag, Salah Satunya Berolahraga

13 September 2023   |   20:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Mag merupakan salah satu penyakit yang yang dapat menghambat aktivitas. Apabila tidak segara diatasi, maka mag dapat berakibat fatal. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori. Bakteri ini memiliki kemampuan untuk tetap hidup di lingkungan lambung, yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Sebab,mereka memiliki kemampuan untuk memproduksi enzim urease. Enzim tersebut berperan dalam mengurangi tingkat asam dalam lambung, menciptakan kondisi yang optimal bagi pertumbuhan bakteri H. pylori. Namun, kalian juga perlu tahu bahwa mag juga dipicu oleh hal lain. 

Baca juga: 5 Mitos Soal Sakit Mag yang Masih Banyak Dipercaya, Simak Nih

Kristina Pareira, dokter umum di Puskesmas Lekebai, Kabupaten Sikka, menjelaskan selain disebabkan oleh bakteri, ternyata mag juga dapat disebabkan oleh lifestyle seseorang, loh.

Misalnya, minuman beralkohol, bersoda, merokok, dan minuman tinggi kafein. Bukan cuma itu, bagi kalian penyuka makanan pedas, makanan berlemak, dan juga makanan yang mengandung asam,  juga perlu waspada. Mengingat kebiasaan tersebut pun dapat menyebabkan sakit mag.

Gejala yang ditimbulkan akibat sakit mag dapat berupa rasa mual, muntah-muntah, nyeri ulu hati, bagian perut terasa panas, menurunnya nafsu makanan. Meski begitu, kalian bisa loh menghindari penyakit ini dengan mengubah pola gaya hidup. Seperti apa?


1. Setop Merokok & Jauhi Alkohol

 

Mengurangi kebiasaan merokok ( Sumber gambar: Unsplash)

Mengurangi kebiasaan merokok ( Sumber gambar: Unsplash)

Gaya hidup yang satu ini hal yang selalu dilakukan ketika sedang bersantai. Namun, mengonsumsi minuman beralkohol dan juga  rokok secara tidak terkontrol, ternyata dapat menyebabkan meningkatnya asam dalam lambung yang kemudian disebut mag. Selain itu, kandungan kimia dalam alkohol dan rokok juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dan mempengaruhi pola makanan.


2. Kurangi Minuman Berkafein

 

Mengurangi minuman berkafein (Sumber gambar: Unsplash)

Mengurangi minuman berkafein (Sumber gambar: Unsplash)

Minuman berkafein sebenarnya memiliki dampak positif jika digunakan secara teratur. Namun, jika mengkonsumsi makanan atau minuman berkafein secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan asam, sehingga berujung pada sakit mag.

Selain itu, mengkonsumsi kafein secara berlebihan juga dapat mengendurkan otot-otot kerongkongan. Oleh karena itu, bagi pecinta minuman berkafein, sebaiknya mengurangi porsi saat mengkonsumsi makanan berkafein seperti, kopi, teh hijau, minuman  berenergi, soda, coklat, permen karet.


3. Mengonsumsi Makanan Sehat

 

Mengkonsumsi makanan sehat ( Sumber gambar: Unsplash)

Mengkonsumsi makanan sehat ( Sumber gambar: Unsplash)

Bagi Genhype penggemar olahan makanan asam, berlemak, dan juga pedas, sebaiknya dapat mengatur takarannya. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung asam dan lemak yang tinggi serta makanan pedas dapat menyebabkan asam lambung naik secara signifikan.

Oleh sebab itu, disarankan kalian mengkonsumsi makanan berupa buah non sitrus, yakni buah tanpa kandungan asam atau rendah asam seperti, pisang, melon, semangka, alpukat, kelapa, dan pepaya. Selain itu kalian juga dapat mengkonsumsi, daging panggang atau rebus, oatmeal, brokoli, kol, timun, dan juga putih telur.
 

4. Minum Air Putih

 

Mengkonsumsi air putih ( Sumber gambar: Andrea Piacquadio, Pexels)

Mengonsumsi air putih ( Sumber gambar: Andrea Piacquadio, Pexels)

Mengkonsumsi air putih merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah berbagai penyakit. Kurang minum air putih dapat menyebabkan gangguan pencernaan misalnya penyakit ini. Saat mengonsumi makanan tanpa meminum air putih secara teratur, dapat meningkatkan asam dalam lambung.

Hal ini dikarenakan fungsi air sebagai penahan asam lambung, tidak digunakan dengan baik. Oleh sebab itu, kalian wajib untuk minum  sebanyak 8 gelas perhari.


5. Olahraga & Kelola Stres

 

Olahraga secara teratur (Sumber gambar: Chander, Unsplash)

Olahraga secara teratur (Sumber gambar: Chander, Unsplash)

Dengan berolahraga kita tentu saja mendapatkan banyak manfaat, misalnya menjaga stamina, dan menjaga kesehatan otot dan tulang. Eits, ternyata dengan berolahraga, kalian dapat mencegah terjadinya sakit mag, loh.  Olahraga lari atau sekedar berjalan-jalan selama 20-30 menit, dapat menekan naiknya asam lambung, sehingga tidak terjadi mag.

For your information, stres juga dapat menyebabkan meningkatkan asam dalam lambung. hal ini dikarenakan, pada saat kondisi stres, kadar hormon prostaglandin yang berfungsi melindungi lambung mengalami penurunan, sehingga asam lambung menjadi naik
.
Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mencegah naiknya asam lambung yang mengakibatkan sakit mag. Bagi kalian yang telah terkena sakit mag kronis sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut bersama dokter agar segera ditangani.

Baca juga: Picu Risiko Asam Lambung Hingga Gangguan Jantung, Kenali Bahaya Zat Kafein dalam Kopi

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jungkook BTS Meraih Kemenangan Bersejarah di MTV VMAs 2023 untuk Kategori Song of Summer

BERIKUTNYA

Video Musik Jung-kook 'Seven' Sabet 209 Juta Penayangan dalam Sebulan di YouTube

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: