Taman Museum Nasional Indonesia yang menyediakan berbagai arkeolog bersejarah ( Sumber gambar: Unsplash)

Belajar Sejarah Lebih Mudah di Ruang ImersifA Museum Nasional

14 September 2023   |   15:21 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Like
Museum Nasional kini memiliki Ruang ImersifA untuk memperkaya pengalaman berkunjung ke museum. ImersifA Museum Nasional merupakan sebuah wahana edukasi yang memanfaatkan teknologi imersif untuk menciptakan pengalaman interaktif bagi pengunjung dengan mempertunjukkan video mapping yang diproyeksikan 360 derajat meliputi semua dinding dan lantai ruangan.

Dengan adanya perkembangan teknologi ini, Genhype dapat menyaksikan sejarah peradaban manusia yang lebih berkesan.

Pameran yang dibuka sejak Maret tahun lalu ini merupakan salah satu upaya Museum Nasional untuk terus berbenah diri dan mengembangkan berbagai kegiatan serta fasilitas publik dengan pemanfaatan teknologi informasi agar masyarakat, khususnya generasi muda lebih tertarik, memiliki kepedulian terhadap museum, lebih mudah mendapatinformasi sejarah, dan budaya bangsa

Aep Saepuloh, Pamong Budaya Dan Ahli Pertama, bagian Humas Museum Nasional Indonesia menjelaskan bahwa dengan pemanfaatan teknologi tersebut, masyarakat dapat menikmati sajian audio visual yang interkatif, menarik, dan lebih mudah dipahami.

ImersifA menampilkan informasi sejarah Indonesia dalam konsep alam, masyarakat, dan budaya dari masa ke masa secara interaktif seolah pengunjung berada dan menjadi pelaku sehingga menambah pengalaman selama berkunjung di Museum Nasional.

Selain itu, imersifA juga menjadi spot yang diminati oleh pengunjung untuk berfoto dan rekam video yang bisa mereka unggah di media sosial. Tidak heran di internet sudah banyak sekali kita temukan postingan gambar maupun video imersifa yang sudah diupload pengunjung ke media sosial mereka.

 

Museum Nasional imersifa (Sumber foto: Museum  nasional)

Museum Nasional imersifa (Sumber foto: Museum nasional)


Hingga saat ini objek pameran imersifA menjadi salah satu tempat yang memiliki banyak pengunjung pada akhir pekan. Seringkali pengunjung sampai kehabisan tiket karena antusias warga yang berkunjung. Pihak museum juga memberlakukan beberapa aturan, seperti membatasi jumlah pengunjung yang masuk agar pengunjung merasa nyaman saat menikmati pertunjukan.

Kehadiran ruang ImersifA menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, khususnya generasi muda. Mereka tidak hanya berkunjung untuk melihat pameran dengan beragam koleksi Museum Nasional tetapi juga bisa menikmati sajian informasi museum secara digital dan mengekspresikannya ke media sosial.

Seperti halnya penjelajah, pengunjung seolah berada dan merasakan langsung dalam mengesksplorasi khasanah dan keanekaragaman seni, sosial-budaya, teknologi, dan alam yang tersebar di berbagai koleksi secara digital di Museum Nasional.

ImersifA diharapkan dapat membuat pengunjung mendapatkan pengetahuan budaya dengan cara yang menyenangkan. Dengan begitu, masyarakat khususnya generasi muda dapat memiliki kesadaran dan pemahaman akan budaya Indonesia.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke ruang imersifA bisa terlebih dahulu membeli tiket imersifA dan tiket masuk mueum. Kalian akan diberi waktu untuk menikmati wahana edukasi ini selama kurang lebih 20 menit. 

Saat ini harga tiket masuk imersifA sebesar Rp35.000 per orang, sedangkan harga tiket masuk Museum Nasional Indonesia kategori anak sebesar Rp7.000, dewasa Rp15.000, dan turis asing sebesar Rp25.000.

Bagi Genhype yang ingin berwisata ke tempat bersejarah yang satu ini, kalian dapat memperoleh tiket secara daring, dari tanggal 9 hingga 15 September 2023. Tempat ini juga memiliki berbagai fasilitas menarik seperi kafe hingga loker untuk tempat penyimpanan barang.

Baca juga: Review Pameran Imersif The Magical Korea-ASEAN Cultural Heritage di Museum Nasional

Selain menikmati pameran imersifA, kalian juga dapat menikmati berbagai atribut bersejarah, seperti relief, arca, pameran keramik, numismatik, heraldik, laboratorium, serta perpustakaan. Dengan demikian, pengunjung juga mendapatkan berbagai ilmu-ilmu menarik lainnya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Siap-siap, Roblox Bakal Hadir di PlayStation Pada Oktober 2023

BERIKUTNYA

Merajut Ingatan Kemanusiaan Lewat Monumen & Seni Rupa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: