Ilustrasi konser musik. (Sumber gambar: Barbara Oliveira/Pexels)

7 Cara Simpel Biar Nonton Konser Lebih Ramah Lingkungan

11 September 2023   |   22:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah konser dan festival musik kian masif digelar di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari minat dan antusiasme masyarakat yang makin tinggi untuk menonton pertunjukan musik. Acara musik baik yang berskala nasional maupun internasional selalu dipadati penonton.

Namun, di balik keriuhan acara konser dan festival, tak jarang menimbulkan tumpukan sampah. Pasalnya, ribuan penonton yang hadir pastinya akan makan dan minum dengan membeli kudapan yang dijajakan oleh para tenan. Begitupun sejumlah toko merchandise dan produk hiburan lainnya.

Baca juga: TRUST Orchestra Siapkan Konser The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar November 2023

Menurut laporan dari Powerful Thinking, sebuah organisasi yang mendukung industri hiburan berkelanjutan, ditemukan bahwa lebih dari 3 juta orang di Inggris pergi ke festival setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, diperkirakan ada 23.500 ton sampah yang dihasilkan setiap tahunnya akibat gelaran festival musik, dan hanya 70 persen yang berakhir ke tempat pembuangan akhir.

Sementara di Amerika Serikat, diperkirakan pengunjung festival musik menghasilkan 53.000 ton sampah setiap tahunnya.

Tak hanya dari segi timbulan sampah, acara konser dan festival musik juga turut berkontribusi dengan peningkatan emisi gas yang dihasilkan dari mobilitas pengunjung menggunakan kendaraan. Kondisi ini tentu bisa turut berkontribusi memperburuk kualitas udara di kota-kota besar seperti Jakarta.

Oleh karena itu, penting untuk menjadi penikmat konser yang bijak dengan lebih memperhatikan dampaknya bagi lingkungan. Berikut adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk menonton konser dengan lebih ramah lingkungan.

1. Naik Transportasi Umum
Saat sebuah konser dan festival musik digelar, tentunya penonton dari berbagai kota hingga negara akan hadir. Hal ini membuat jejak karbon yang ditimbulkan akan semakin tinggi.  Untuk mengurangi jejak karbon yang timbul, sebaiknya kalian menggunakan transportasi umum seperti kereta maupun bus menuju ke tempat konser. 

Saat ini, penyelenggara beberapa acara konser dan festival musik kerap bekerja sama dengan layanan transportasi umum untuk memudahkan pengunjung menuju venue konser. Selain itu, beberapa dari mereka juga ada yang membuat program bersepeda bersama menuju tempat konser. 

Jika kalian terpaksa menggunakan kendaraan pribadi karena berbagai alasan, usahakan untuk memaksimalkan kapasitas dari kendaraan tersebut. Kalian bisa mengajak teman atau saudara untuk pergi ke konser bersama-sama, sehingga perjalanan menjadi lebih seru sekaligus mengurangi jejak karbon dari kendaraan.

2. Bawa Botol Minum
Bernyanyi selama beberapa jam bersama musisi idola tentunya akan membuat kalian cepat haus. Terlebih, jika konsernya digelar pada siang hari. Oleh karena itu, penting untuk membawa botol minum sendiri guna mengurangi timbulan sampah dari botol plastik dari air minum kemasan. 

Saat ini, sejumlah penyelenggara konser dan festival musik juga telah menyediakan fasilitas area isi ulang air minum yang bisa dimanfaatkan oleh penonton. Jika tidak ada fasilitas tersebut, kalian tetap perlu membawa botol sendiri untuk membeli berbagai minuman yang ditawarkan di sekitar venue konser.
 

Penting untuk membawa botol minum dan tas belanja saat ke konser. (Sumber gambar: Tima M/Pexels)

Penting untuk membawa botol minum dan tas belanja saat ke konser. (Sumber gambar: Tima M/Pexels)

3. Bawa Kotak Makan Foldable
Selain haus, kalian juga akan rentan merasa lapar saat datang ke konser musik karena energi kalian yang cepat terkuras. Agar lebih ramah lingkungan, bawalah foldable atau kotak makan lipat dari rumah untuk membawa ataupun membeli makanan. 

Selain mengurangi sampah kemasan, kotak makan foldable lebih mudah untuk dibawa dan tidak memakan banyak ruang jika disimpan dalam tas. Tidak lupa juga untuk membeli makanan secukupnya dan menghabiskannya agar tidak ada sampah sisa makanan.

4. Bawa Alat Makan Sendiri
Selain botol plastik dan tempat makan sekali pakai, alat makan juga acapkali menjadi sampah yang berserakan di area konser dan festival musik. Untuk mencegah hal itu, kalian bisa membawa alat makan sendiri dari rumah seperti sendok, garpu, dan sedotan. Selain turut menjaga lingkungan, tentunya dengan membawa alat makan sendiri kalian bisa memastikan kebersihan dari peralatan yang digunakan untuk makan dan minum.

5. Bawa Tas Belanja
Selain makan dan minum, tak sedikit dari penonton konser juga tertarik untuk membeli merchandise atau produk hiburan lainnya yang ditawarkan oleh sejumlah tenan. Untuk menghindari penggunaan kantong plastik, sebaiknya kalian bawa totebag atau tas belanja sendiri dari rumah. Dengan begitu, kalian turut membantu mengurangi sampah plastik di tempat konser.

6. Bawa Jas Hujan
Tak jarang sebuah konser musik terpaksa berjalan dalam keadaan cuaca saat hujan. Hal ini dikarenakan semua jadwal pertunjukan tetap harus berjalan sebagaimana mestinya. Jika kondisinya sudah seperti itu, penonton dan panitia acara pasti akan mencari payung atau jas hujan. Biasanya, ada saja penjual yang sudah siap sedia untuk menawarkan jas hujan plastik.

Agar lebih ramah lingkungan, sebaiknya kalian sudah mempersiapkan diri dengan membawa jas hujan dari rumah. Usahakan jangan membeli jas hujan plastik sekali pakai atau yang mudah rusak. Belilah jas hujan yang bisa digunakan berulang kali dengan bahan yang awet.

7. Gunakan Kain Lap
Satu lagi barang yang perlu kalian bawa saat hadir di acara konser musik ialah kain lap sebagai pengganti tisu. Saat konser, kalian pasti membutuhkan kain lap untuk sekadar mengelap keringat ataupun membersihkan sesuatu dari kotoran. Oleh karena itu, penting membawa kain lap untuk mengurangi sampah tisu yang berlebihan.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Sejarah dan Resep Songgo Buwono, Egg Benedict ala Keraton Yogyakarta

BERIKUTNYA

5 Serba-serbi Kebakaran Bromo, Flora & Fauna Langka Terdampak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: