Ragam produk iPhone. (Sumber Foto: Unsplash/Daniel Romero)

Waspada Penipuan Jelang Rilis iPhone 15, Begini Modusnya

11 September 2023   |   12:46 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Para ahli dari Kaspersky mendeteksi ragam penipuan di tengah euforia jelang perilisan iPhone 15. Adapun smartphone atau ponsel cerdas terbaru dari Apple ini rencananya diluncurkan pada Selasa, 15 September 2023 dan mulai dijual secara global pada 22 September 2023. 

Tatyana Kulikova, pakar keamanan di Kaspersky mengatakan dalam satu manuver, penipu memikat pengguna dengan kesempatan membeli iPhone 15 sebelum peluncuran resminya. Skema ini memanfaatkan keinginan pengguna untuk menjadi orang pertama yang memiliki perangkat terbaru Apple. 

Dia menjelaskan, umumnya penipu mengklaim bahwa mereka dapat menyediakan iPhone pra-rilis dan menjanjikan kesempatan kepada pengguna untuk mendapatkannya. Seringkali penawaran ini diikuti dengan harga premium. 

Baca juga: Intip Bocoran Harga & Spesifikasi Seri iPhone 15

Nah, untuk mengamankan pembelian eksklusif tersebut, korban diharuskan melakukan pembayaran di muka atau membocorkan informasi keuangan mereka. Selain itu, pengguna diminta untuk memberikan rincian identifikasi pribadi seperti nama, alamat, dan nomor telepon. 

Setelah pembayaran diserahkan, para penipu menghilang bagai ditelah bumi, meninggalkan korban tanpa iPhone yang dijanjikan hingga kehilangan dana. “Selain risiko finansial, penipuan ini juga menimbulkan masalah privasi yang signifikan, karena data yang dicuri berpotensi dijual di pasar gelap,” ungkap Tatyana, dikutip Hypeabis.id, Senin (11/9/2023). 

Bentuk penipuan lainnya yakni memberikan kesempatan kepada peserta untuk memenangkan iPhone 15 baru, asalkan mereka membayar sejumlah biaya di muka. Dia menuturkan, skema penipuan tentu memanfaatkan pengguna yang tertarik dengan iPhone 15 gratis. 

Dalam format mengikuti giveaway, peserta diinstruksikan untuk membayar sedikit biaya, sering kali disamarkan sebagai biaya pemrosesan atau registrasi. Setelah menyetorkan biaya, peserta pastinya tidak menerima imbalan apa pun, terutama iPhone yang dijanjikan.

Tatyana menyebut di era digital, penipu terus-menerus beradaptasi dan mengeksploitasi kegembiraan masyarakat terhadap tren teknologi terkini. Oleh karena itu, sangat penting bagi konsumen untuk tetap waspada, memverifikasi penawaran, dan menjaga informasi pribadi mereka. 

“Ingat, jika sesuatu tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, sering kali itu berujung sebagai penipuan,” tegasnya. 

Biar enggak jadi korban penipuan berhadiah iPhone 15, berikut kiat dari Tatyana. Tetap waspada ya, Genhype!

1. Verifikasi sumbernya. Pastikan kalian berurusan dengan penjual yang bereputasi dan resmi, terutama untuk pembelian pra-rilis.
2. Hindari pembayaran di muka. Berhati-hatilah dengan penawaran yang menuntut pembayaran di muka untuk hadiah atau produk pra-rilis.
3. Gunakan saluran resmi. Andalkan situs web resmi Apple atau pengecer resmi untuk pembelian asli.
4. Periksa ulasan. Sebelum melakukan pembelian online terutama smartphone, teliti penjualnya dan tinjau tanggapan pelanggan.
5. Aktifkan otentikasi dua faktor (2FA). Lindungi akun online kamu, terutama yang terhubung dengan metode pembayaran, dengan 2FA.
6. Gunakan solusi keamanan. Solusi keamanan otomatis akan melindungi kamu dari semua penipuan yang diketahui dan tidak diketahui.
7. Tetap terinformasi. Ikuti perkembangan penipuan umum dan praktik terbaik keamanan siber ya, Genhype.

Baca juga: Diprediksi Meluncur September 2023, Cek Perkiraan Harga iPhone 15

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

2 Skenario Timnas Indonesia U-23 Lolos Piala Asia U-23 2024

BERIKUTNYA

Pameran Seni BTS Exhibition: Proof in Jakarta Hadir November Mendatang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: