Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan timnya hanya fokus untuk mengalahkan Filipina pada laga kali. (sumber gambar PSSI)

Begini Strategi Shin Tae-yong di Piala AFF 2022, Indonesia vs Filipina

02 January 2023   |   12:45 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Filipina di laga pamungkas fase Grup A Piala AFF 2022 hari ini, Senin, (2/1/23). Adu ketangkasan itu akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila pada pukul 19.30 WIB malam nanti. Tentu saja duel ini sudah dinantikan oleh pencinta sepak Tanah Air.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan timnya hanya fokus untuk mengalahkan Filipina pada laga kali ini. Dia menegaskan dirinya tidak memilih-milih lawan di Piala AFF 2022. Sebab, menurutnya kekuatan tim di Asia Tenggara saat ini cukup merata.

Baca juga6 Fakta Penting Jelang Laga Indonesia vs Filipina di Piala AFF, Skuad Garuda Baru Kalah Sekali

"Lapangan di sini rumputnya berbeda sekali. Untuk itu pemain kami harus fokus dan lebih hati-hati masalah cedera. Ini harus ditegaskan ke pemain supaya bisa mendapatkan hasil yang baik," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.
 
 

Pelatih asal Negeri Gingseng itu juga memaparkan meski laga kali ini tidak akan menghadirkan Jordi Amat karena terkena dua akumulasi kartu kuning, dia tetap optimis mendapat kemenangan terhadap The Azkals, julukan Timnas Filipina. Tapi, kemenangan hanya bisa diperoleh jika tim asuhannya tetap fokus dan tidak membuang-buang peluang di depan gawang.

"Yang pasti, kami akan bertemu siapapun nanti, tim yang kuat di semifinal. Jadi fokus lawan Filipina terlebih dahulu. Karena menurut saya, semua pertandingan di Piala AFF ini seperti final. Kami tidak mau menghindari tim yang akan jadi lawan Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, gelandang Timnas Indonesia Ricky Kambuaya mengatakan dia bersama rekan-rekannya juga sudah mengantisipasi berbagai kendala di lapangan sintetis. Pemain asal klub Persib Bandung itu pun optimis dewi fortuna akan menghampiri Indonesia di laga pertemuan menghadapi Filipina.

"Poin dalam laga ini penting, jumlah gol juga penting. Yang pasti, kami siap dan bisa meraih hasil baik, besok," tuturnya.

Statistik mencatat, di klasemen Grup A, Indonesia untuk sementara berada di posisi kedua dengan poin 7. Jumlah poin itu sama dengan yang dimiliki oleh Thailand, tapi mereka untuk sementara berhak memuncaki grup karena unggul selisih gol dari Indonesia. Thailand punya selisih gol +9, sedangkan Indonesia +8.

Oleh karena itu, Skuad Garuda harus menang saat melawan Filipina untuk memastikan diri lolos ke babak selanjutnya. Dengan kemenangan, tim nasional Indonesia tidak akan terganggu dengan hasil pertandingan lainnya antara Thailand melawan Kamboja yang juga berlangsung hari ini.

Pasalnya, Tim Gajah perang -julukan untuk Timnas Thailand- bakal menjalani laga hidup dan mati saat melawan Kamboja. Pasukan Angkor yang untuk sementara menempati posisi ketiga dengan 6 poin masih punya peluang besar untuk lolos seandainya bisa mengalahkan Thailand.

Jika Kamboja berhasil menggulung Thailand, dan Indonesia bisa mengalahkan Filipina, maka Tim Merah-Putih akan keluar sebagai juara Grup A. Tapi jika Thailand dan Indonesia yang menang dalam duel laga berbeda itu, maka penentuan juara grup akan dilihat dari jumlah gol yang didapatkan kedua tim saat menghadapi Kamboja dan Filipina.

Baca jugaRekor Head to Head Indonesia vs Filipina di Piala AFF, Skuad Garuda Dominasi Kemenangan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tren Pakaian Seken Populer, Bisnis Thrift Shop Masih Menjanjikan

BERIKUTNYA

Cegah Kondisi Seperti Indra Bekti, Cek 5 Cara Turunkan Hipertensi Secara Alami

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: